Header AD

BEr5emangat Lagi!


Hari ini Blogger Energy ulang tahun kelima. Ibarat seorang anak, nggak terasa BE udah bisa didaftarin masuk ke taman kanak-kanak. Rasanya seneng aja, disaat komunitas blogger lain banyak yang udah nggak aktif sama sekali, Blogger Energy masih bisa bertahan buat ngerayain ulang tahun yang kelima.

Kelihatannya sih emang keren, tapi jujur aja gue ngerasa di ulang tahun yang kelima ini Blogger Energy bisa dibilang juga sedang dalam masa ‘sulit’. Blogger Energy udah enggak terlalu berenergi seperti dulu lagi. Bahkan untuk sekedar bikin giveaway ngeramein ultah juga nggak ada.

Perjalanan BE dari ulang tahun keempat sampai ulang tahun kelima bisa dibilang adalah masa-masa tersulit buat komunitas blogger ini. Ranger dan Tebe terlalu sering ngilang, Blogger Energy jadi mulai terabaikan.

Ngenes ngeliatnya, tapi mau gimana lagi. Setelah bertahan selama empat tahun lebih, mungkin ini adalah puncak gue ngerasain jenuh yang kebangetan. Jangankan ngurusin Blogger Energy, ngurusin blog sendiri aja gue enggak sanggup. Bahkan enam bulan lebih blog gue enggak keurus.

Blog BE lebih menyakitkan lagi. Sebelumnya, gue sempat telat perpanjang domain blog BE. Untung blog BE masih bisa diperpanjang setelah gue kirim email ke penyedia layanannya. Domain BE terselamatkan, tapi ternyata nggak jadi jaminan blog BE jadi meriah lagi. Hampir satu tahun nggak ada satu pun tulisan baru di blog BE. Blog BE bener-bener enggak keurus.

Perjalanan BE menuju tahun kelima emang bener-bener berat. Wall promo di grup jadi sering terlewatkan. Gue ataupun Tebe jadi sering lupa untuk menyempatkan diri buka wall. Beruntung anak-anak BE berinisiatif untuk buka wall promo sendiri. Jadi untuk rutinitas blogwalking masih bisa terus jalan. Meskipun antusiasnya enggak semeriah dulu.

Kadang sedih juga ngeliatnya, udah ada yang buka wall, yang promo cuma dua tiga orang. Kadang ada juga, udah ada yang promo, tapi nggak ada lagi lainnya yang promo. Bahkan yang paling parah, meskipun wall promo udah dibuka tapi nggak ada yang promo postingan blog sama sekali.

Dulu gue sama Ranger lain, membuat komunitas Blogger Energy salah satunya karena pengen ada grup blogger yang nggak sekedar jadi tempat buang link aja. Bukan grup yang nggak ada komunikasi sesama member, nggak saling kenal satu sama lain, dan yang terpenting bagi mereka bisa promo postingannya.

Gue dan Ranger lain pengen bikin komunitas blogger yang bikin nyaman. Ada interaksi sesama anggota nggak sekedar promo link abis itu ngilang. Blogger Energy bisa menjadi jawaban dari itu semua. Dulu kami saling bahu membahu menerapkan aturan biar BE bisa bikin enak buat semua anggotanya.

Sayangnya makin kesini, satu per satu dari kami enggak bisa meninggalkan kesibukan dunia nyata. Satu per satu dari kami mulai menghilang. Untuk membuat BE menjadi komunitas yang tetap seimbang, kami sepakat merekrut TEBE atau Team BE yang tugasnya ikut membuat sosial media BE tetap eksis.

Sayangnya, Tebe juga menyerah dengan kesibukan dunia nyata. Entah sudah berapa kali BE berganti Tebe. Pada akhirnya BE kembali menjadi sepi. Gue enggak bisa nyalahin itu karena gue ngerti banget yang paling utama buat kami itu kehidupan nyata.

Belakangan ini BE bahkan enggak sanggup buat menerima member baru yang mau gabung. Gue bener-bener minta maaf karena proses approve member BE memang butuh waktu dan ketelatenan yang tinggi. Mulai dari ngecek email, ngecek postingan, ngecek blognya dominan personal apa bukan, lalu mulai nyari nama FB-nya dll.

BE bener-bener udah enggak berenergi lagi. Keadaannya terlalu berbeda dengan yang dulu-dulu.

Ulang tahun yang kelima ini, gue berharap BE bisa kembali berenergi, bisa jadi komunitas yang hidup lagi enggak sekedar promo postingan tanpa ada interaksi selain itu. Berawal dari kiriman wall dari Rizky Arie Prima, gue juga punya keresahan yang sama dengan keadaan BE. Dan setelah gue tanya ada berapa anak yang bersedia untuk kembali membuat BE menjadi hidup. Gue mendapatkan orang yang mau direpotkan untuk mengurus BE.

Gue kenalin mereka ya...


DIPI DIFF
Twitter : @dipidiff | Instagram : @dipithebookblogger


RIFQI BANYOL
Twitter : @banyolanesia | Instagram : banyolanesia

Alhamdulillah lumayan banyak yang bersedia. Semoga dengan adanya dua Tebe baru, BE bisa kembali berenergi lagi. Tentu aja, Heru Arya dan Tofik Dwi juga masih ikut tetap membantu BE biar tetap eksis terus.

Jadi, di ultah kelima ini.. gue berharap ini adalah awal buat BE kembali BEr5emangat lagi. Bisa jadi grup blogger yang seperti dulu kita kenal.

Oh ya, kalau kalian ada masukan buat grup blogger energy, kalian bisa share di kotak komentar ya.

Salam


BEr5emangat Lagi! BEr5emangat Lagi! Reviewed by Blogger Energy on 19:45 Rating: 5

4 comments

  1. Udah lama vakum dari blog tercinta, sampe ga sadar kemarin hari jadi BE.
    Maaf ya kalo selama ini udah ga ada muncul-muncul lagi di grup.
    Salam hangat untuk semua member (terkhusus untuk dedek-dedek member disana):3
    Salam Ber5emangat !

    ReplyDelete
  2. Baarakallaah BE tetap jadi komunitas blogger yang berenergy dan ber5emangat walaupun kondisinya gak seramai dan seheboh tahun-tahun sebelumnya, termasuk saya juga yang gak bisa jadi gyerz yang setia .. blog saya sendiri aja udah lama terabaikan huhuhu, apalagi untuk bs aktif kembali di BE... i'm so sorry...

    Salam buat semua keluarga blogger energy😉

    ReplyDelete
  3. Semoga bisa recharge lg energi nya yaaa

    ReplyDelete
  4. Ye! Semangat. Semoga bisa buat BE lebih berenergy lagi. :)

    ReplyDelete