Header AD

5 Tips Untuk Melupakan Seseorang


Melupakan seseorang itu percuma!

Loh? Jadi untuk apa tips ini?

Tenang. Baca sampai habis dulu.

Tebe mau sharing.

----
Melupakan orang yang kita sayang atau orang yang kita benci sangatlah sulit karena keduanya memliki sifat emosional yang membuat ingatan kita menjadi lebih peka terhadap orang tersebut. Contoh: ketika kita benci terhadap teman sekelas yang terus mengejek kita dulu, lima atau sepuluh tahun kemudian (atau bahkan lebih) kita pasti masih dan akan mengingat dia dengan baik. 



Kenapa? Karena intensitas bertemu atau muatan emosianalnya kuat. Sama halnya dengan pacar pertama kita waktu sekolah dulu atau seseorang yang sepesial – walaupun bukan pacar pertama tapi dia memiliki ikatan emosional yang kuat – dia akan terus ada di ingatan kita.

Ingatan itu terbatas, orang-orang yang tidak memiliki ikatan emosional dengan kita, gampang sekali untuk kita lupa hal apapun tentang seseorang tersebut. Kita akan ingat orang itu tapi dengan usaha yang sangat gigih dengan terus menerus mengingatnya dengan bantuan teman atau bahkan orang yang sedang berusaha kita ingat. Misalnya teman sekelas yang duduk di bangku tengah atau di belakang yang jarang berbicara dan tidak menonjol di kelas, tidak seperti teman kita yang suka mengejek tadi. 

Masih mending kita bisa mengingat karena ruang lingkupnya masih bisa kita ingat dengan kata kunci tertentu misalkan, ‘temen sekelas’, ‘jarang berbicara’, ‘nilai pas-pasan’ dll.  Walaupun dengan usaha mati-matian.

“muatan emosional mempengaruhi kuat atau lemahnya ingatan tentang kejadian atau tentang seseorang ataupun tentang hal-hal lainnya”

Jadi, bisakah kita melupakan seseorang?

Tergantung, seberapa penting orang tersebut dalam hidup kita? Kemudian apakah alasan kita untuk melupkannya?

Kalau alasannya karena kamu pernah disakiti oleh orang tersebut, atau kamu benci dengan orang tersebut maka kamu melakukan hal yang sia-sia. Dari awal kamu sudah mendesain dia untuk kamu ingat yaitu dengan memberi alasan yang emosional. Ingat, muatan emosional akan mempengaruhi ingatan tentang seseorang it means susah untuk bisa melupakannya.

Terus gimana? 

1. Memaafkan kesalahan orang tersebut kalau dia memang punya kesalahan terhadap kamu.

Memaafkan adalah hal yang sulit? Tergantung. Kalau kamu memang ingin hidup kamu berjalan dengan baik dan tanpa beban memaafkan orang yang berbuat salah terhadap kamu menurut Tebe itu adalah jalan terbaik. Tapi bagaimana kalau kita yang berbuat salah? Sama. 

Minta maaf pada orang yang pernah kita sakiti dan maafkan diri sendiri dan juga berjanjilah untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Yah, memaafkan diri atas kesalahan yang pernah kamu buat membuat kamu tidak selalu merasa bersalah ketika kita bertemu dengan orang yang pernah kita sakiti. 

Minta maaf sudah, kalau pun nggak mendapat maaf ya nggak apa-apa. Yang penting kita sudah meminta maaf. Memangnya harus apa lagi? Masalahnya sekarang bukan lagi pada kamu tapi ada pada orang yang kamu mintai maaf – kalau dia tidak memberikan maaf.


2. Timpa ingatan (buruk) itu dengan ingatan yang membuat kita happy dan lakukan kegiatan positif.

Kenapa sih kamu pengen ngelupain orang itu? pasti karena kenangan buruk bukan? Atau karena terlalu banyak kenangan manis yang kamu ingat lalu kemudian kamu dibuat kecewa which is sebenarnya alasannya tetap karena kenangan buruk itu?

Kalau memang banyak kenangan manis kenapa harus mengingat kenangan buruknya? Buang-buang energy. Ingat saja kenangan manisnya dan maafkan segala kesalahannya lalu terus jalani hidup seperti biasa tanpa dia lagi. Timpa dengan hal-hal positif. Lakukan hal yang membuat kamu sibuk, kalau bisa sampai tidak sempat memikirkan hal-hal negatif tentang orang yang kamu benci – yang ingin kamu lupakan.


3. Olahraga
Olahraga adalah kegiatan positif yang memiliki dua fungsi: kesehatan badan dan kesehatan pikiran. Menurut penelitian tentang neurosains, olahraga membantu meningkatkan performa otak kita. Otak adalah pusat kendali seluruh tubuh. Pikiran  juga berasal dari otak kita dan olahraga membuat otak/pikiran kita tidak mudah stress. Kunci hidup sehat selain dari makanan dan berolahraga juga dari pikiran. 

Sebenarnya itu kayak segi tiga yang saling berhubungan; makanan sehat – olahraga – pikiran sehat.

Tebe juga baru tahu kalau Yoga adalah olahraga yang bisa meningkatkan kemampuan otak kita. hmm.. Menarik bukan? Daripada mikirin orang untuk kita lupain mending olahraga. Sehat.


4. Baca buku
source
Kegiatan positif lainnya adalah membaca buku. Membaca buku membuka pengetahuan kita terhadap sesuatu yang baru yang belum pernah kita tahu sebelumnya. Kamu pikir Tebe bisa nulis ini-itu atau kasih kamu tips ini, sebelumnya Tebe nggak baca dulu? 

Tebe baca dong. Biar wawasannya nambah, kan enak kalau ngobrol sama temen nggak monton ngomongin itu-itu ajah. Seperti yang  kita ketahui bahwa membaca juga bisa menambah perbendaharaan kata, jadi banyak kosa kata yang kita serap. 

Baca buku yah. Bacain persaan orang lain mah susah. Baca buku ajah yang gampang.


5. Fokus pada cita-cita
source

Daripada sibuk (berusaha) ngelupain orang mending kita fokus pada cita-cita. Lebih realistis dan efeknya tentu selain tidak ada waktu untuk mengingat orang yang kita benci – atau sekarang kamu sudah mulai tidak lagi membencinya – juga apa yang kita cita-citakan bisa dicapai. 

Yah, fokus itu penting. Iklan air mineral ajah bilang suruh minum air biar fokus. Karena fokus itu penting. Yang paling penting fokuskan pikirn kita pada hal-hal yang positif dan membangun untuk diri sendiri dan orang lain. 

------

Terus bisa nggak kita melupakan seseorang dengan tidak melakukan hal-hal tersebut atau adakah cara lain. Dan bagaimana dengan hipnotis untuk melupakan seseorang?

Sebenarnya dari awal juga udah kita tahu bahwa ketika kita ingin melupakan seseorang otomatis orang yang ingin dilupakan ini adalah orang yang paling sering kamu ingat dan tentu muatan emosinalnya sanga kuat sampai-sampai kamu ingin sekali melupakan dia. Kalau kamu memang biasa saja dengan orang tersebut dan tidak punya masalah apapun dan juga tidak punya ikatan emosional apapun sangat mudah untuk kita lupa akan orang itu. 

Hipnotis adalah cara yang konyol untuk melupakan seseorang. Kamu pikir hipnotis itu bisa menghilangkan memori di otak? TIDAK. Menurut artikel dan buku kesehatan yang Tebe baca, memori atau ingatan bisa hilang karena penuaan (usia) dan secara medis: penyakit (amnesia dll) dan kecelakaan pada otak yang menybabakan lost memory.
 
Semoga bisa membantu. 

Jangan buang-buang waktu untuk melupakan orang yang menyakiti kita atau siapa pun mereka karena ketika kita berusaha melupakannya kita juga sedang berusaha mengingatnya. Gunakan waktu kamu untuk melakukan hal yang bermanfaat untuk diri sendiri dan untuk orang lain. Berkarya, berlibur, fokus kerja, belajar, baca buku, olah raga dan lain lain. So, udah lah jangan berusaha pengen ngelupain seseorang. Percuma. Do things that make you health for your body and your mind. Don’t forget to be happy even in worst condition.  



Menurut kalian gimana tentang melupakan orang ini? Komen di bawah yah. Share kalau bermanfaat. Cium Tebe kalau kalian kangen. Babay...
5 Tips Untuk Melupakan Seseorang 5 Tips Untuk Melupakan Seseorang Reviewed by tofik dwi pandu on 07:00 Rating: 5

6 comments

  1. Tampilan template baru blog ini sungguh luar biasa, aku suka banget!

    Ngomongin melupakan, ternyata dari penuturan diatas ada benernya juga, justru orang yang sulit kita lupakan itu orang yang punya ikatan emosional yang kuat, bukan hanya sekedar berteman biasa aja. pantesan ngelupain mantan sulit banget haha.

    Beberapa poin diatas emang sangat membantu banget buat kita melupakan seseorang. intinya sih menyibukkan diri saja dan fokus dengan masa depan. tapi menyibukkan dirinya juga harus dengan hal-hal yang positif tentunya. nanti pasti bisa dengan perlahan bayangan orang tersebut yang pengen kita lupakan akan lupa dengan sendirinya.

    ReplyDelete
  2. Wah.... Tampilan Blog BE baru ya?? Keren banget, nih. Asoy bangetlah. :) Jadi makin betah.

    Ngomongin melupakan. Duh.... Menurut gue be, melupakan itu pekerjaan paling sulit di dunia. Soalnya melupakan, artinya kita berusaha untuk gak inget lagi. Padahal, semua kenangan bersamanya dulu masih begitu membekas di hati. Hahahaha.

    Tapi, gue sih syukurnya perihal melupakan ini ngerasa gampang aja. Kalo udah 2 atau 3x gak ketemu, udah deh. Gue lupa. Tapi, kalo sebentar-sebentar ketemu. Pait be. Susah!!

    Btw, makasih buat tipsnya. Semoga pas Olahraga gue gak ketemu orang yang gue lupakan. Intinya melupakan terbaik adalah jangan mengingatnya.

    ReplyDelete
  3. ciye, tampilannya baru nih, kereeeeen beudts!

    melupakan yah, dari semua tips, yang paling ngaruh buat saya itu olahraga dan fokus pada cita-cita. sama mantan yg dulu, yang paling berkesan, bisa ilang kenangannya (walau g sepenuhnya) ya karena olahraga setahun buat fokus masuk kuliah. jadi buat kawan-kawan yang lagi berusaha melupakan, olahragalah.. beneran deh manjur banget, trust me!

    ReplyDelete
  4. Tampilan barunya keren :D

    ngomongin soal melupakan itu emang gak ada selesai2nya..
    kalo menurut gue pribadi sih, yang gue lakuin ketika berusaha melupakan sesuatu cuma menikmati setiap apa yang menjadi hal membuat kita benci sama mereka, dengan itu, sugesti positif akan masuk secara tidak langsung.. daaan yang paling penting, selalu berani melihat kenyataan.

    Baca buku menurut gue cuma untuk ngebunuh waktu aja, bukan untuk ngebunuh kenangan :) hehehe.. tapi gak ada salanya nyoba, kali aja ngaruh..

    ReplyDelete
  5. bagus gan padahal gua baru datang ke blog ini.. betah banget bacanya.. mampir juga ya ke blog ane https://abdiclass.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  6. Pagi-pagi gini jalan2 dulu di BE. Sejutu banget untuk tips ini. Aku juga percaya ketika kita bisa memaafkan kesalahan seseorang, maka akan mudah untuk melupakan seseorang. Sebaliknya jika kita tidak bisa melupakannya, bakal ingat terus malah susah untuk dilupakan.

    Tapi kembali lagi, semuanya butuh waktu. Tidak semudah membalikan telapak tangan. Apalagi melupakan alumni hati.. Duh,, Duh,, hehe

    ReplyDelete