Header AD

Hal-Hal yang Biasa Dilakukan untuk Menyambut Kemerdekaan


Masih pada inget kan guys sama hari kemerdekaannya Indonesia raya tercinta kita ini? Dulu para pejuang kita mati-matian membela Indonesia. Jangan sampai kamu lupa sama mereka apalagi sama hari kemerdekaan yang mereka perjuangkan dengan susah payahnya mereka perjuangkan penuh darah dan air mata. Kalau kamu lupa sama hari kemerdekaan sungguh terlalu. Sama aja kayak kamu nggak inget sama tanggal jadian kamu sama si doi (buat yang punya pacar). Padahal tanggal jadian kan salah satu tanggal kemerdekaan kamu dari kejomloan.

Makanya Tebe ingetin, bentar lagi mau tanggl 17 Agustus. Artinya 70 tahun kita merdeka. Udah nyiapin apa aja? Udah masak opor belum? Eh kok? Masih kebawa suasana lebaran jadi gini nih. Biasanya di hari kemerdekaan Republik Indonesia masayarakat kita suka menyambutnya dengan berbagai cara. Nah, apa aja sih hal-hal yang biasa dilakukan untuk menyambut hari kemerdekaan? Cek berikut..

Mengibarkan  bendera Indonesia di depan rumah
Biasanya sih kita ngibarin bendera MERAH PUTIH di depan rumah supaya apa? Karena bendera Merah Putih adalah lambang negara kita, sepatutnya kita memasangnya di depan rumah ketika hari kemerdekaan tiba. Respect dong sama bendera kita. Pernah nggak kalian nggak ngibarin bendera pas HUT Republik Indonesia? Alhamdulillah Tebe nggak pernah. Benderanya yang bagus yah. Di cuci dulu kalau mau dikibarin. Kan malu, masa dikibarin di depan rumah malah benderanya kotor, sobek lagi.

Banyak yang jualan bendera biasanya di pinggir jalan. Tebe pernah berfikir mau jualan bendera juga. Tapi niat itu Tebe urungkan karena udah ada bapaknya Tebe yang jualan takut saingan.

Ngadain lomba-lomba
17 Agustus di berbagai daerah banyak banget yang ngadain lomba-lomba untuk menyambut HUT RI. Yang sering sih biasanya lomba panjat pinang. Paling sering Tebe ikutin kalau tujuh belasan adalah lomba makan kelereng. Terus lomba yang menurut Tebe paling keren sepanjang sejarah perlombaan-di-tujubuh-belasan adalah lomba balap karung. Karena balap karung itu mengandung nilai-nilai yang sangat tinggi dan luhur: ketika kita lari pake karung (sebenernya loncat sih nggak lari) kita bisa tahu betapa susahnya para pahlawan kita loncat dari satu tempat ke tempat yang lainnya untuk menghindari tembakan dari penjajah.
Intinya setiap HUT RI pasti ada lomba. Blogger Energy aja ngadain lomba untuk HUT-nya yang ke-3. Ya.. semoga member yang ikut lomba bisa memeriahkan suasana yang double happy ini. Double karena udah ulang tahun Blogger Energy, ulang tahun kemerdekaan Indonesia juga.  

Naik gunung
Kegiatan lain selain lomba-lomba di hari 17 Agustus adalah naik gunung. Kebanyakan yang ngelakuin ini adalah para pecinta alam, atau para traveler sejati yang sukanya naik-naik gunung dan mengunjungi tempat-tempat keren. Kayak film 5cm gitu. Pas sampai di puncak mereka udah ada di hari kemeredekaan. Keren banget bisa tujuh belasan di atas puncak gunung. Nggak di atas penderitaan kamu sebagai jomlo.

source

Jalan-jalan
Untuk sebagian orang yang doyan jalan-jalan. Di hari kemerdekaan pun mereka tetap jalan-jalan, kebetulan hari libur juga sih. Mengunjungi tempat-tempat keren yang ada di Indonesia tentunya udah jadi agenda wajib. Biasanya mereka compare antara daerah satu yang pernah dia kunjungi dengan daerah lainny, seseru apakah kemeriahan tujuh belasan. Di daerah Tebe sendiri rencananya mau ngadain lomba lari menuju kebahagiaan. Eh apasih..

Buat rekomendasi, kayaknya kalian bisa tuh jalan-jalan kesini. Raja Ampat.

source

Upacara
Upacara Kemerdekaan adalah upacara yang sakral yang diadakan setiap setahun sekali. Presiden aja ikutan upacara masa kamu nggak. Yang anak SMA nih jangan pada kabur kalau disuruh upacara di hari kemerdekaan. Lagian upacaranya sebentar doang, nggak bakal satu hari full upacara.  Pegwai pemerintah juga wajib tuh, jangan pada di mall mulu. 
Hormatin juga dong pahlawan kita yang mengantarkan kita pada gerbang kemerdekaan. Kalau para pejuang kita nggak merdekain kita nih. Mungkin ngemall nggak bakal jadi seindah sekarang. Makanya upacara aja. Di sananya selain upacara, kan bisa nyari gebetan juga. Siapa tahu dapetin anaknya bupati. Halah..

Mungkin itu aja yang Tebe inget yang biasa dilakukan orang untuk memperingati hari kemerdekaan. Kalau Tebe biasanya lebih condong ke ngadain lomba gitu. Bukan ngadain sih, ikutan aja. Memeriahkan sebagai peserta. Kalau kamu memperingati hari kemerdekaan dengan cara apa? Dimana? Dengan siapa? Dan berbuat apa? Komen dong! 

Note: maaf bila ada kesalahan dalam penulisan, ini murni karena kesalahan penulis bukan karena kesalahan presiden kita. Terus perlu kalian tahu Jomlo itu bukan typo emang yang bener itu 'JOMLO' bukan 'JOMBLO'. 
Hal-Hal yang Biasa Dilakukan untuk Menyambut Kemerdekaan Hal-Hal yang Biasa Dilakukan untuk Menyambut Kemerdekaan Reviewed by tofik dwi pandu on 13:34 Rating: 5

18 comments

  1. ditempatku udah jarang ngadain lomba, dah gak ada tanah lapang lagi di sekitar rumah.
    dan karena udah gede jadinya males banget buat ikutan lomba kalau ada yang ngadain..

    dulu sih paling seru nonton perang bantal di sungai.. banyak banget yang jatuh

    btw itu Tebe ikutan makan kelereng
    what? beneran tuh be?

    ReplyDelete
  2. Iyatuh masa makan kelereng sih?? Hebat banget kalo bisa makan kelereng mah.. Apalagi kalo makan kelerengnya selusin.. Pulang2 bkannya dpt hadiah malah diamputasi perutnya wkwk (emang ada perut diamputasi?-__-)

    Oya drmhku jg blm pasang bendera nihh... Lg dicari benderanya dimana..

    Paling enaksih lomba makan kerupuk tuh.. Agak susah tp seru. Haha. Prnah ditempatku dulu ada lomba makan mie pake sumpit tp sumpitnya cuma 1 doang.. Enak bgt nih ikut lomba ini. Apalagi kalo lagi laper.......

    Yg paling seru mah pas dlu wktu SD.. Kalo taun kmrn aku gaikutan.. Udh gede jg kan.. Jd paling nntonin doanh, sama numpang jajan deh, banyak jajanan biasanya klo lg 17an :D

    ReplyDelete
  3. Lomba-lomba... Hiks.. tradisi ini ada saat aku masih kecil. TK-SD. Semenjak SMP udah gak pernah ada. Aku jadi rindu masa ikutan lomba. Huhuhuhu.. meski hadiahnya buku tulis. Aku seneng banget. Ngerasain menang dari perlombaan. Nambah percaya diri.

    ReplyDelete
  4. Kalau BE nggak mau jualan karena takut nyaingin bapaknya, kenapa kok gak bantuin bapaknya. Kan bisa daet pahala tuh..

    Yang lomba-lomba seru tuh, aku pernah menang waktu juara 2 pas lomba masukin pensil dalam botol. Gak ada yang nanya. Upacara juga tuh, cuma setahun sekali masa gak ikut lagian upacara cuma satu jam habis itu langsung pulang. Nah habis upacara bisa jalan-jalan deh

    ReplyDelete
  5. Entah kenapa, gue selalu merindukan bisa ikut meramaikan acara kemerdekaan seperti itu. Tapi, selalunya gue malah disuruh jadi panitia. "Kan gue pengen main juga..."

    IKutnya pas gue kelas 5 SD kalo gak salah, waktu itu, gue ikuti semua lomba yang ada. Selain ada kemungkinan gue menangnya besar, gue bisa selalu tampil di semua kegiatan.

    Kalo upacara, gue paling seneng tuh. Tapi, malesnya pas penurunan. Suka panas-panasan soalnya. Bukan karena gak tahan panas, tapi karena gue mudah lelah melihat cahaya yang terlalu terang dibanding hidup gue dulu. hahaha

    Semoga tradisi merayakan HUT RI ini terus ada, supaya pejuang baru bangsa ini terus maju dan bangkit untuk Indonesia.

    ReplyDelete
  6. Rindu acara lomba 17an... Huhu di komplek sini yang ikutan lomba hanya anak kecil. Lah yang udah remaja lapuk seperti saya ini bagaimana -,-

    Tanggal 17 Agustus berarti banget saat saya masih sekolah. Itu hari libur yang sangat ditunggu, sebab saat sebelum Agustusan banyak event yang menyebabkan sekolah mengalami status class meeting :D

    Yang paling capek tentu saja upacara bendera, hehe namun sekarang saya lebih menghormati upacara ketimbang dahulu. Karena sekarang skrng saya sudah peka dengan perjuangan pahlawan2 kita di masa penjajah....

    Mari kita rayakan HUT RI dengan semangat kemerdekaan... MERDEKAA!!!

    ReplyDelete
  7. Wih udah 70 tahun kita merdeka ya! dan Logo untuk kemerdekaan tahun keren abis .

    Kayaknya tahun ini cuman ngerasain Hari Kemerdekaan di tempat magang , beda waktu masih kecil dulu , kalau 17'an udah siap2 mau lomba , sekarang mah udah ga ada lomba lagi di lingkungan . dan dulu sempat ikut paskibraka di SMP untuk Upacara 17'an hehe

    ReplyDelete
  8. semenjak akil balig, ngga pernah lagi ikutan lomba, tapi bukan berarti yang ikutan lomba itu orang2 yang belum akil balig,,haha
    skrg gue lebih aktif jadi panitia ajah, ngga mau cape2 ikutan, padahal gue tau, acaranya seru2.. apalagi panjat pinang, untuk ukuran orang yang takut ketinggian kayak gue, panjat pinang itu seruuu...

    ReplyDelete
  9. Tahun kemaren aja ane ikutan acara sepeda di hiasa ala kapal tempur .. jirr susah bangett jalaninnay :v

    ReplyDelete
  10. Wah yg naik gunung masih belom terealisasikan tuh. Gue sebagai pecinta alam masih berasa belom 100% kalo belom pernah ngerasain upacara di puncak gunung. Btw tiap 17 ritual yg suka gue lakuin adalah nontonin pengibaran bendera sangsaka merah putih yg suka ada live live di banyak channel. Itu hipster tapi tetep hikmat abis..

    ReplyDelete
  11. di tempatku lagi rame lomba2 nih ....
    jadi inget dulu pas masih SD rame banget sampe selapangan desa penuh orang...
    ramenya beda sama sekarang, gak seindah dulu, mungkin dulu masih unyu kali yee..

    ReplyDelete
  12. Kalo aku apa ya? Paling ikut ngibarin bendera aja, Be. Di rumah. Soalnya nih ya, dulu aku sempet berharap bisa ngibarin bendera di kotaku tapi ternyata masuk ke paskibraka aja nggak bisa. Aku pendek, Be. Sedih kan ya. Makanya karena tetep cinta Indonesia, meskipun nggak bisa ngibarin di alun-alun kota, aku tetep mau ngibarin bendera merah putih di rumah. Sama Mama. Btw kenapa aku malah jadi curhat ya Be?

    Tapi aku suka miris deh, gak tau kenapa ya Be kok makin sini perayaan kemerdekaan itu makin sepi. Atau mungkin ini cuma perasaan? Ah kalo lagi gini aku emang jadi gampang baper. Huft...

    ReplyDelete
  13. Hal sederhana yang bisa kita lakuin buat nyambut hari kemerdekaan yaitu dengan memerdekakan diri sendiri dari kebodohan, kesembongan, keangkuhan, dan sifat-sifat negatif lainnya....sungguh klo kita masih begitu sama saja ita telah menodai kemerdekaan......

    Sekian dan mana amplopnya....wkwkkwkwk

    ReplyDelete
  14. Beee.. Typonya banyak banget hahaha ini bukan si ayam sakit kan yg nulis? :D

    Kalo cara rayain hari kemerdekaan yg kekinian sih naik gunung terus ngobatin bendera, sambil selfie dan NYAMPAH. Ckck

    Selamat hari kemerdekaan.. :)

    ReplyDelete
  15. jadi inget di RT sebelah rumah. sepanjang gang udah dipasang atribut menyambut hari kemerdekaan. bendera segitiga merah putih yang terpasang zigzag menghiasi sepanjang jalan gang.
    Di RT saya sih belum ada tampilan sesemarak itu. tapi saya pribadi ikut merasakan kebahagiaannya kok. karena menghitung hari liburnya. hehehe
    ada yang sengaja beli bendera merah putih di pinggir jalan kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di gue bukan hanya jalan depannya aja rumah pun sampe ikut di hias, apalgi rumah temen gue jir dalemnya aja serba merah putih

      Delete
  16. Paling seru emang ke gunung. tapi kalo moment pas agustusan mah gunung-gunung makin rame dan macet pula.

    Udah gitu sekarang mah udah gede jadi gak bisa ikutan lomba-lomba kayak dulu. udah beda judul lombanya. Paling sekarang mah kalo ngga lomba duluan move on atau lomba lari ke pelaminan, eh mahal pelaminan orang... -_-

    Mau upacara juga ga ada temennya, kan aneh kalo upacara sendirian. yaudah deh 17an kali ini ditemenin bantal guling... lomba bikin peta.. :D

    ReplyDelete
  17. whaha iya bener banget tuh. tp meaningnya apa ya upacara dia ats gunung gitu haha

    gue sih males upacara, paling suka ngeliatin paskibraka yang upacara di istana, pasti deh ada yang cantiknya

    ReplyDelete