Header AD

[InfoBE] Tools online penyimpan masa lalu


Hari ini tepat satu minggu setalah lebaran, Tebe mau mengucapkan mohon maaf lahir dan batin karena  sebagai manusia biasa, pasti kita nggak akan pernah lepas dari namanya kesalahan. Mulai dari typo yang bisa bikin mata iritasi, becandaan garing yang cuman bisa bikin buang nafas lebih bertenaga sampai judul artikel bombastis dari portal berita di sidebar Facebook yang ternyata waktu di klik malah mengecewakan.

Selain maaf maafan, lebaran juga momen yang pas banget untuk ngumpul dan foto foto bareng keluarga karena momen momen lebaran ini nggak bisa dirasakan setiap saat. Makanya menurut Tebe, data yang bersejarah itu harus kamu jaga baik baik. Di postingan ini, Tebe mau kasih tau 3 tools online yang bisa kamu manfaatin dengan gratis dan membuat data pribadi kamu jadi lebih aman. 

Cloud services
Layanan penyimpanan online ini dari beberapa tahun terakhir memang sudah sering banget dibahas di internet, cuman sayangnya masih banyak aja orang yang nggak sadar kalau ada keuntungan besar seandainya kita bisa pintar memanfaatkannya. Baru baru ini aja, Tebe dapat broadcast di BBM tentang orang yang kehilangan laptopnya, padahal didalam laptop itu ada file skripsi yang sudah mau selesai. Bayangin aja gimana nyeseknya. Di broadcast itu tertulis kalau korban sudah ikhlas kalau laptop itu hilang, tapi enggak dengan datanya.

Karena nggak semua dokumen bisa dibeli, makanya sebisa mungkin harus disimpan baik baik. Salah satu cara simplenya manfaatin aja cloud service semacam Google Drive, Dropbox, OneDrive atau yang semacamnya yang ngasih storage gratis sampai 50GB. Minimal dengan menyimpan data kamu di internet kalau misalnya laptop kamu hilang, datanya nggak ikutan hilang. Ukuran 1 file .docs biasanya juga cuman 100kb, nggak rugi rugi banget kuotanya.

Beberapa cloud service yang Tebe rekomendasikan: GoogleDrive (free storage 15 GB), Microsoft One Drive (free storage 15 GB), Dropbox (free storage 2 GB), Mega (free storage 50GB).

Online photo backup.
Konsepnya sama dengan cloud service, tapi bedanya layanan ini khusus untuk menyimpan foto dan video pribadi. Bedanya dengan cloud service biasa, online photo backup ini akan otomatis menyimpan file foto dan video dari smartphone kamu kalau connect ke jaringan WiFi. Itu berarti nggak perlu repot lagi untuk upload manual.

Selain bisa backup foto pribadi kamu yang nggak perlu diketahui orang secara aman, kamu juga bisa ubah pengaturan privasinya dari only me ke friends atau ke public supaya teman kamu bisa liat foto yang pengen kamu pamerkan. Layanan kayak begini penting banget untuk kamu yang di tahun 2015 ini masih tetap nggak bisa move on juga, kalau seandainya laptop atau smartphone kamu hilang, foto mantan masih bisa kamu liat dan nggak perlu gengsi lagi untuk minta kirim ulang.

Beberapa Online photo backup yang Tebe rekomendasikan: Google Photos (unlimited storage), Flickr by Yahoo (1.000 GB), Carousel byDropbox (2GB)

Blog
Blogger Energy adalah komunitas blogger personal, rasanya nggak afdol aja kalau nggak masukkan nama blogger kesini, karena secanggih apapun foto yang kita ambil tetap aja tulisan lebih mewakilkan semuanya. Dengan tulisan kamu bisa cerita tentang apa aja yang terjadi didalam foto itu, bisa cerita tetang apa yang terjadi di saat kamu nggak bisa mengambil gambar. Bahkan dengan tulisan kamu bisa menulis apa yang sebenarnya ada di hati kamu. Kalau rekaman video, mana bisa.

Tebe sendiri salut banget dengan blognya salah satu gyerz Blogger Energy, Mei Wulandari. Tebe udah follow blognya dari mulai Mei lagi merantau, sempat down karena laptop kesayangan hilang, rencana mau menikah, jadi guru, menikah sampai sekarang sudah punya anak. Wah, selamat ya. Mei sekarang sudah jadi mamah, tapi masih setia aja untuk ngisi blognya. Menurut Tebe itu keren banget. Kalau seandainya Mei nggak pernah jadi blogger, mungkin Tebe nggak pernah tau gimana cerita ceritanya. Asik ya.

Beberapa layanan blog yang Tebe rekomendasikan: Blogger, Wordpress.


Itu dia beberapa tools gratis yang bisa menyimpan kenangan kamu dengan lebih aman. Ya memang nggak menjamin datanya abadi selamanya sih. Tapi paling nggak, lebih aman daripada data cuman disimpan di laptop. Buat kamu yang lebih suka cara tradisional, kamu bisa baca postingan Tebe bulan lalu tentang 4 benda penyimpan masa lalu. 
[InfoBE] Tools online penyimpan masa lalu [InfoBE] Tools online penyimpan masa lalu Reviewed by Kukuh Kurniawan on 10:14 Rating: 5

11 comments

  1. Mohon maaf lahir btin juga tebe.


    Kayaknya yang paling dikenal itu google drive sama dropbox
    saya punya yang one drive di notebook tapi masih bingung cara makenya.

    selain itu sih saya tahunya ya kayak tusfile, solidfile dll
    itupun tahunya karena sering download aja

    yang mega agak berat loadingnya kalau saya buka di notebook

    ReplyDelete
    Replies
    1. dongtam
      game mu
      http://nhatroso.net/
      http://nhatroso.com/
      nhạc sàn
      tư vấn luật
      dịch vụ thành lập công ty trọn gói
      công ty luật
      tổng đài tư vấn pháp luật
      thành lập công ty
      http://we-cooking.com/
      chém gió
      trung tâm ngoại ngữtiếp khiêu quá một lần Niết Bàn chi kiếp, độ lần thứ hai Niết Bàn chi cướp sao? Thế nào khả năng a?"

      Kia Dược Trần nghe nói như thế, lập tức trên mặt cũng là lộ ra một mạt lo lắng thần sắc, không chỉ như vậy, ở đây mọi người, tiểu y tiên, địch Thiên Hỏa, tử nghiên, u tuyền đám người cũng đều là sốt ruột không ngớt, nhưng có đều là bất lực, chỉ phải ở trong lòng cầu khẩn Tiêu Tiêu có thể thiên làm vượt qua lúc này đây Niết Bàn chi kiếp!

      Ngay Tiêu Tiêu cho là Kiếp Vân hội tụ sẽ hoàn thành, tự mình sắp sửa độ này hóa tiên Thiên Kiếp thời gian, bầu trời Kiếp Vân dĩ nhiên lần thứ hai nổi lên biến hóa, một mạt minh hoàng sắc lần thứ hai xuất hiện tại nơi hai sắc Kiếp Vân nội, tịnh cấp tốc khuếch tán ra, không lâu sau biến hình thành ba chân thế chân vạc chi thế.

      Thấy Kiếp Vân nội phát sinh này biến hóa, Tiêu Tiêu hơn mười nữa xuẩn cũng là biết tự mình

      Delete
  2. Minal aidzin wal faidzin Be, maafin aku juga ya kalo sering bully bully Tebe.

    Btw kok postingannya bikin susah move on ya? Iya, membekukan kenangan lewat tools tools yang Tebe rekomendasiin itu. Tapi beneran canggih deh Be. Soalnya emang tools itu penting banget untuk back up data kalo-kalo ada masalah. Dulu laptopku sempet ilang juga Be dan draft naskah terbaru ikutan ludes juga. Akhirnya setelah tau Gdrive langsung naro di sana deh takut ada apa-apa lagi.

    Sayangnya harus upload manual, ya-___- *males hehe*

    ReplyDelete
  3. Mohon maaf lahir dan batin juga be, ane banyak salah dan baru nongol lagi di BE.

    Yupz tools online penyimpan data sangat penting banget, yang paling dikenal dan memang mudah dalam segi penggunaanya yaitu google drive dan dropbox. Tapi yang jadi favorite ane yaitu google drive, karena ane penggemar setia produknya google. Oh iya tambahan dari ane, masih soal back-up memback-up, kalian yang menggunakan android biasanya kan di wajibkan login dengan akun gmail, nah jangan lupa setiap kontak yang ada di memory telepon kalian synchronize kan dengan akun gmail kalian, supaya kalo misalkan kalian ganti HP atau kontak orang kesangan kalian hilang, nanti pas kita login lagi di device yg berbeda nomor-nomor itu bisa otomatis di load oleh smartphone kita.

    ReplyDelete
  4. Peluk Tebe :* :)
    Baca dari awal sampe akhir tiba2 jlebb banget pas baca paragraf akhir cerita. Iyuuuuh itu ada namaku disitu ;) terharuuuuuu

    Tapi emang bener sih kalo kita ga pnya cadangan tempat utk menyimpan file2 penting yg ada kita bakal rugi. Bisa jd suatu saat kita kehilangan ssuatu, klo ada tool canggih kyk gt kan stidaknya data kita aman.
    Terlebih blog. Kita bisa nulis dan menuangkan sejarah didalamnya. Itu kereeen!!!

    ReplyDelete
  5. Mohon maaf lahir dan batin Tebe (sorry telat ya)

    Dari semua tools penyimanan masa lalu cuman satu yang tau yaitu Blog . terus habis baca artikel ini jadi tau saya teb . apalagi yang paling menarik Cloud services . biar jaga-jaga kalau datang skripsi ilang. dari pada nanti kelamaan di kampus dikira sama orang Alien Mapala hehe

    ReplyDelete
  6. Wah setelah baca ini gue jadi lebih tertarik ke megashare, gede juga ya free storage nya 50GB. Kebanting banget itu si DB. Tapi semoga mega bisa settingannya se simple DB, soalnya mega rada ribet

    ReplyDelete
  7. Ciye.. Kak Mey masuk dicerita post kali ini... Selamet ya kak mey...

    Tools penyimpan masa lalu emang penting banget, apalagi ngomongin kenangan, soalnya sering manusia zaman dulu kehilangan masa lalunya, karena tidak ada yg ingin diabadikan maupun penyedia penyimpan masa lalunya.

    Untuk sekarang, gue udah nyimpen file skripsi scara online, tapi kalo file foto2. Ya, masih di memory laptop. Belum berani upload, takut ada yg kepo...

    Yg jomblo penting bgt ni, buat nyimpen foto mantan. "Ups..

    ReplyDelete
  8. untuk cloudstorage kumpul bagi sama mediafire bagu juga tu.
    tapi kalo di mediafire hati-hati kalo bukan milik sendiri alias melanggar hak cipta bisa dihapus secara sepihak oleh mediafire.:v

    ReplyDelete
  9. Hm, emang sih. Di zaman digital kek gini, penyimpanan itu penting banget, dan dengan berkembangnya teknologi, kita harus cerdas memilih tempat penyimpanan agar kenangan kita gak hilang.

    Dan menurutku, internet itu tempat penyimpanan paling aman dan beresiko dibanding hardisk, paling aman karena sangat kecil kemungkinan menghilang tanpa jejak, tapi paling beresiko karena bisa saja data pribadi terbuka tak terkendali. Semuanya tergantung kita mengaturnya ;)

    ReplyDelete
  10. Iyaaaa, gue setujuuu..kalo yang medsos lain ato storage foto lain kan cuman buat nyimpen foto tanpa caption dan kata kata..kalo blog bisa dua duanya dengan kapasitas unlimited juga! Kita bisa baca kejadian 20 taun yg lalu di blo pas kita udah mencapai masa separuh baya lusa. Itu kan cool...cuz time indeed goes by but memories will stay always...hehehe

    ReplyDelete