Header AD

[Tips BE] Berkendara Di Musim Hujan


Bulan-bulan sekarang dan mungkin juga di bulan-bulan selanjutnya emang lagi sering banget hujan, menurut yang Tebe tahu, musim hujan yang paling deras terjadi di antara bulan Januari dan Febuari. Alasannya tebe juga nggak tahu, mungkin bisa tanyain sama petugas BMKG atau tanya sama yang bikin hujan (Allah SWT), biar lebih jelas. Soalnya kalau dari Tebe nantinya takut malah ngawur dan menyesatkan.

Karena sering dan gedenya hujan kadang membuat kita kehujanan di perjalanan. Apalagi Tebe yang anak kampus ini, sering bolak-balik kampus (cie... anak kampus), otomatis kalau kebetulan berangkat atau pulangnya hujan deras, harus hujan-hujanan. Dengan sangat terpaksa harus melewati hujan untuk sampai kampus dan pulangnya juga gitu harus nerobos hujan juga.
 
source
Dan berkenaan dengan musim hujan yang sedang berlangsung, Tebe mau sedikit berbagi tips berkendara di musim hujan. Khususnya buat pengendar motor. Mungkin banyak dari kamu-kamu yang nggak tahu kalau berkendara di musim hujan itu nggak cuma pake helm, pake masker dan tentu aja pake motor, tapi juga harus membawa bawaan-bawaan tertentu. Beda halnya kalau kamu berkendara di musim panas.

Apa ajah Be tipsnya, dan kita harus bawa apaan?

Yang jelas kamu jangan bawa ‘rasa sakit di dalam dada’, soalnya nggak ngelindungin kamu dari hujan. Baiklah, daripada kelamaan takutnya kamu keburu kehujanan, simak nih..

Bawa jas hujan
Bawa jas hujan adalah kewajiban setiap pengendara motor di berbagai belahan dunia, terutama kalau lagi musim hujan kayak gini. David Beckham aja kalau bawa motor di bagasi joknya suka bawa jas hujan. Tanya ajah langsung kalau nggak percaya.


Be bisa nggak pakek jas almamater?

Boleh kalau jas almamater kampus kamu anti air. Dan menyerap bau ketek kamu. Sekali lagi Tebe ingetin, bawalah selalu jas hujan karena jas hujan adalah peralatan utama. Kalau kamu sih Tebe nggak yakin dijadiin yang ‘utama’.

Bawa kantong plastik/kresek
Berhubung warga dunia udah menyerukan go green, inilah saatnya kamu juga ikutan. Dengan mempraktekannya, yaitu dengan memakai plastik bekas belanja di super atau mini market. Asal jangan pakai plastik bekas oprasi plastik aja sih. Apalagi saat musim hujan kayak gini. Kantong kresek bisa sangat berarti untuk melindungi kertas-kertas penting di tas kamu.

Misalkan kamu mau pulang abis ngampus, terus di tas kamu banyak tugas yang harus dikumpulkan besok, daripada nantinya naik motor terus kebasahan mending dimasukin plastik. Selain buat bungkus kertas atau dokumen penting, plastik juga bisa buat bungkus hape kamu.

Biarlah hape kamu kayak gorengan, dimasukin kantong kresek kayak gitu. Daripada nantinya basah dan nggak berfungsi, kan, sayang.

Bawa sandal
Tebe sering bawa sandal kalau udah tahu musim hujan kayak sekarang, kebetulan bagasi motor Tebe lumayan luas. Saking luasnya, bisa bikin kontrakan. Sandal ceplek aja, jangan sandal-sandal yang mahal. Takutnya kalau sandal mahal kena hujan malah rusak. Eh ngomong-ngomong sandal mahal kok kalah sama air hujan. KW kali tuh, ya.

Sandal fungsinya untuk menggantikan sepatu. Kalau anak kuliah atau yang udah kerja, kan, rata-rata naik motor pakenya sepatu, nah, kalau hujan ganti aja pake sandal. Tapi usahakan sandalnya bukan dapet dari jum’atan yah.

Bawa celana cadangan dan pakek sweater anti air
Bukan cuma pemain bola aja yang punya cadangan, celana juga harus punya cadangan. Musim hujan emang gitu. Harus punya persiapan yang lebih, termasukn nyiapin celana cadangan. Kalau bisa kamu pake kolor ajah biar keren.

Selain celana cadangan, usahakan kamu juga harus pakai sweater yang bahannya anti air gitu. Biasanya dari bahan parasut. Kali aja sambil naik motor kamu bisa terbang.

Bawa duit
Mungkin kamu heran kenapa kok bawa duit? Perlu kalian tahu musim hujan itu bikin laper, malah kadang bikin sering buang air kecil. Nah, ketika dalam tengah perjalanan kamu laper kamu kan bisa beli gorengan dulu buat ganjel perut. Berkendara di musim hujan juga beresiko tinggi, kalau kamu laper bisa-bisa kamu nggak fokus ditambah kamu juga kedinginan.
 
source

Tebe khawatir nanti kamu malah nabrak. Untuk menghindari kejadian tersebut makanya bawa duit.

Lihat-lihat situasi/ cuaca
Sebelum berangkat alangkah baiknya selama musim hujan kamu jadi peramal cuaca dulu. Soalnya kalau kamu nggak memperhitungkan situasi dan kondisi di saat musim hujan kayak gini, bisa jadi rencana yang udah kamu susun akan jadi sia-sia.

Contohnya, kamu udah mau siap-siap nih ke rumah pacar, mau ngapel. Udah manasin motor, udah ganteng, udah bawa martabak isi coklat keju, eh tahunya malah hujan. Kan, nggak asyik banget. Mending pas kamunya di rumah terus hujan, lah kalau pas di tengah perjalanan ke rumah si doi, tiba-tiba hujan? Nyampe sana bukannya mau pacaran, malah basah kuyup. Udah gitu martabak yang kamu bawa ada kuahnya lagi. 
-----

Musim hujan emang bikin ribet, harus bawa ini lah, itu lah, ini-itu lah. Sebenernya ‘ini’ sama ‘itu’ apaan sih? Tebe juga bingung. Ya, intinya kalau musim hujan emang harus bawa sesuatu yang membuat kamu terlindung dari butiran-butriran air yang turun dari langit sampai membasahi hati yang kering eh tanah yang kering. Tebe juga ngerasa ribet kalau musim hujan datang, tapi harus kita syukuri lah bahwa musim hujan ini juga anugerah dari yang maha kuasa.

source

Btw, mungkin masih banyak banget yang harus kamu bawa. Mungkin juga kamu harus bawa pacar kamu (kalau yang punya pacar), iya dibonceng. Biar kamu nggak kedinginan, soalnya ada yang meluk kamu dari belakang.

Buat kamu yang mau nambahin, komen dong. Jangan diem ajah. Sharing is caring, gyerz.
[Tips BE] Berkendara Di Musim Hujan [Tips BE] Berkendara Di Musim Hujan Reviewed by Blogger Energy on 16:45 Rating: 5

17 comments

  1. Kalo gue nambahin bawa kenyataan aja be. Soalnyakan kadang kenyataan jomblo sering lupa kalo hujan. Pas basah kuyub baru sadar. :D

    ReplyDelete
  2. Solusi terakhir pas banget. Bawa pacar kalo bisa. Selain bisa menghilangkan rasa bosen saat neduh. Ternyata bisa juga dijadikan lahan modus ya, Be. :p

    ReplyDelete
  3. Bawa payung be, yang banyak. siapa tahu pas lagi neduh, banyak orang butuh payung. jadi bisa di sewain payungnya. lumayan tuh jadi ojek payung, nambah penghasilan :D

    ReplyDelete
  4. Tapi kan libur, be, kuliah :p
    Tapi tapi, besok nilam udah masuk, deng mhehe
    Ng, anu, geli banget deh lihat yang terakhir bergerak-gerak gitu, hiiy ._.

    Kalau boleh nambahin, jangan lupa berdoa, soalnya hujan itu waktu yang insyaallah istimewa, peluang didengar dan dikabulnya lebih besar ^^

    ReplyDelete
  5. Kl pas hujan, gue ga suka pake jas hujan sih
    Takut kl dipake nanti jas hujannya basah

    ReplyDelete
  6. Perlatan yang dibawa simple sih, tapi kadang banyak orang yang ngentengin peralatan di atas be. Padagal itu kan, berguna banget. Toh kalo kna air hujan biasanya badan kita bisa langsung drop. -__-

    ReplyDelete
  7. paling males th kaya gini daerah sini ujan gede n pake jas ujan dan segalanya, sampenya di rumah kering (ga ujan sama sekalai),
    hahaha
    pengalaman

    ReplyDelete
  8. Be. Aku mau nambahin. Bawa perahu juga, be. Bukan apa-apa, sih. Kapan lagi kita bisa punya alasan bawa keluar perahu, kan? Kapan lagi, be? Kita mesti bersyukur. Hahahaha...

    Btw kan enak banget, tuh, Be. Kalo misalkan ada tamu mau main, kita ga bisa nolak, padahal sebenernya lagi ga pengin ditemuin. Eh, tiba-tiba hujan. Kan seru, be... makanan di rumah bisa diabisin sendiri.

    ReplyDelete
  9. Saran buat yang mau bawa jas hujan, lebih baik pake jas hujan yang ada celananya gitu, bukan yang tipe ponco buat kemping, soalnya suka ngagugupay *bahasa apa ini*

    Buat sendal, gue gak merekomendasikan sih. Soalnya gue pernah pake sendal, pas lewat genangan, sendal gue malah hanyut hahaha

    ReplyDelete
  10. Setuju sama komentar diatas.. kalo pakek jas hujan yang model jubah kalau kena angin suka terbang kemana-mana bisa aja nutupin helm terus nggak keliatan. Bahaya kan..

    ReplyDelete
  11. kalau berkendara pas hujan enaknya bawa mobil, dan bawa pacar. sip !! hehehe

    ReplyDelete
  12. Mau nambahin nih BE~

    Tips berkendara di musin hujan: Mending jangan berkendara dulu selama musin hujan. Naik angkutan umum aja. :))

    ReplyDelete
  13. kalau aku nggak punya pacar aku harus bawa apa dong Tebeeeee??????
    yah uang jadi fungsinya buat beli gorengan?? aku sih udah sedia mantel dan juga sendal jepit tentuny..kalo pake flatshoes ntar dia keujanan terus mlepes khan aku bisa nangiiiiisssss...

    ReplyDelete
  14. untungnya kalau kehujanan nggak bakalan hujan. Kan ini libur kuliah be akunya. Oiya sedia mastin biar kalau kena hujan nggak bakalan sakit. Goood :D

    ReplyDelete
  15. sebenernya sih bahaya kalau berkendara pas hujan, tips yang aman sih mending pake angkutan umum aja selama hujan jadi kan gak perlu repot ini itu :p

    ReplyDelete
  16. kalau hujan itu harus sngat hati2 apa lagi jalanan indonesia
    yang sangat bagus sekali
    genangan air bisa jadi petaka hhaa

    ReplyDelete
  17. Iya, kantong kresek dan jas ujan wajib bawa. Kalo sendal sih ngga perlu. Soalnya kalo ngampus pas lagi musim hujan gini biasanya pake sepatu plastik *bisa bayangin kan?

    Kalo udah dua bulanan hujan terus menerus gini kayaknya kita bakal bisa jadi peramal cuaca yang sok tau, tapi kadang prediksinya juga bener. Kalo disini musti siap2 aja mulai siang atau sore hari pasti hujan. Maka dari itu, kalo pulang ngampus lebih baik agak maleman atau agak pagian gitu pulangnya. Biar nyampe rumah, tinggal nikmatin hujan aja di kamar :D

    ReplyDelete