Header AD

[InfoBE] Aplikasi-Aplikasi yang Memudahkan Hidupmu Tahun 2015 – Menulis


Sebagai manusia yang merasa modern seperti sekarang, smartphone udah kayak kebutuhan pokok manusia. Mau foto di smartphone, mau pasang alarm juga di smartphone, sampai mau makan aja harus difoto dulu pakai smartphone. Smartphone memang selalu ada di kehidupan masa kini. Makanya, di 3 bulan pertama tahun 2015 ini, Tebe mau merekomendasikan aplikasi aplikasi yang bikin hidup kamu di tahun 2015 ini lebih mudah.

Karena Tebe yakin kalau kamu semua adalah seorang blogger sejati, di posting ini Tebe mau kasih tau kamu aplikasi-aplikasi smartphone yang berguna buat dipakai menulis. Mudah mudahan kamu suka dan bermanfaat. Mudah mudahan juga kamu belum tau karena kebanyakan aplikasinya sudah terkenal dan sudah ada di play store / app store. Kalau kamu sudah tau kan nggak seru lagi.

WPS Office


Kadang mood nulis nggak bisa ditebak kapan datangnya. Sudah nongkrong di cafe mewah yang lagi hits tapi mood buat nulis nggak datang juga gara-gara terlalu banyak pesan makanan dan bingung gimana cara bayarnya. Ada juga waktu ketika kamu lagi di jalan terus didepan ada ibu ibu paruh baya naik motor pelan tapi ditengah jalan, kalau di klakson marah. Kejadian itu malah bikin mood buat nulis kamu meledak, kamu pengen banget nulis. Tapi karena lagi di jalan, nggak mungkin kalau kamu stop ditengah jalan trus buka laptop. Itulah masalah klasik blogger moody.

Untungnya sekarang sudah ada aplikasi WPS Office di smartphone kamu. Kamu bisa nulis dimana aja. Pengaturannya juga rinci banget, kamu bisa atur ukuran font, warna font, sampai buat table. Sudah nggak kalah dengan nulis di komputer. Selain itu aplikasi ini juga bisa langsung sync di akun cloud service kamu kayak Dropbox, Google Drive atau OneDrive. Artinya, kalau impian kamu mau edit tulisan yang sudah ada di laptop lewat smartphone, impian kamu akan tercapai.

Kamu bisa download di Play Store & App Store

Google Keep

Tebe ngerti, nggak semua orang suka ngetik tulisan yang cukup panjang di keyboard virtual dengan layar yang kecil. Makanya Tebe rekomendasikan aplikasi ini. Gunanya sederhana, untuk menggantikan buku catatan. Kayak yang Tebe bilang tadi, kita memang nggak bisa ngatur kapan dapat inspirasi buat dibikin tulisan. Buat kamu yang bisa menahan semangat nulis sampai rumah, aplikasi ini bagus banget. Catat aja dulu poin poin pentingnya biar nggak lupa dan hilang begitu aja, kalau sudah sampai rumah kamu bisa menulis rincian ceritanya.

Begitu kita tulis, Google Keep otomatis backup cacatannya ke akun Google kita. Jadi nggak perlu takut kalau ide bernilai milyaran rupiah kamu hilang gara gara smartphone kamu dirampok swiper di kartun Dora the explorer. Buat yang pakai Android, biasanya aplikasi ini sudah ada kalau kita baru beli HP. Nggak perlu lagi deh install aplikasi catatan yang lain. Asik banget kan.

Kamu bisa download di Play Store
 Serupa: Evernote, One Note

Todoist

Supaya produktif nulis, kita juga butuh deadline. Kadang kita suka bingung nyari mood buat ngeblog. Menurut Tebe, kesalahannya adalah karena kita nggak punya deadline yang jelas. Biasanya otak Tebe (mungkin kamu juga) sering baru mood ngerjakan tugas kalau tugasnya sudah mau dikumpulkan. Kalau punya deadline otak kamu dibohongin gitu supaya lebih produktif. Anggap aja Todoist mewaliki jutaan pembaca kamu yang menunggu tulisan baru kamu setiap minggunya. Biar mereka nggak kecewa, makanya perlu konsisten buat tulisan.

Nanti Todoist akan ngasih tau tulisan kamu sudah deadline dan harus diselesaikan. Konsepnya sama sih seperti baru ngerjakan di saat besoknya dikumpul. Makanya aplikasi ini berguna buat nentuin kapan tulisan kita harus di publish. Caranya, setiap tulisan kita bikin project. Dalam project itu masing masing punya deadline kapan tulisannya perlu diselesaikan. Kita bisa edit Todoist di web, laptop atau tablet kita. Real time banget.

Kamu bisa download di Play Store & App Store
Serupa: Wunderlist, Clear
Nah, itu tadi aplikasi untuk nulis yang sering Tebe pakai di smartphone. Sebenarnya buat nulis nggak perlu canggih canggih banget sih. Orang zaman dulu aja bisa kok nulis tanpa gadget atau kertas. Apalagi dengan teknologi maha canggih kayak sekarang, tinggal niat buat merealisasikan kita aja yang menentukan. Sekian InfoBE bulan ini. Bulan depan, Tebe janji akan rekomendasikan aplikasi smartphone yang berguna untuk blogwalking. Jauh lebih canggih dari ini pokoknya. Tungguin aja. 
[InfoBE] Aplikasi-Aplikasi yang Memudahkan Hidupmu Tahun 2015 – Menulis [InfoBE] Aplikasi-Aplikasi yang Memudahkan Hidupmu Tahun 2015 – Menulis Reviewed by Blogger Energy on 15:51 Rating: 5

22 comments

  1. yang wps pernah nyoba ...aplikasi seterusnya belum kenal sama sekali...emang dasar gaptek sih yak...


    sekarang sih belum perlu download aplikasinya,,,mungkin lain kali...

    yang todoist cocok buat orang indonesia tuh,,,biar inget deadline ,,,


    kalau udah punya hp :P

    ReplyDelete
  2. Sanking kerennya aplikasi di atas. Gue gak pernah menjamah satupun. "Ini akibat gue gak make smarphone." :D

    ReplyDelete
  3. Aplikasi yang pernah aku pakai juga wps, yang lain belum.Mungkin perlu dicoba satu per satu nih.

    ReplyDelete
  4. Sudah make semua aplikasi diatas. Tapi yang pali seru banget buat aku ya itu Google Keep. Powerfull banget buat nyusun list rencana sama note kecil-kecilan. Plus tambahan bisa diwarna-warnain, berasa tambah seru aja jadi.

    ReplyDelete
  5. Gue belum pernah nyoba satupun apilkasi di atas. Hahahahha, maklum android gue lelet gila. Jadi belum berani nyoba app yang aneh-aneh.

    ReplyDelete
  6. Intinya buat nulis kan ? kalo buat nulis sih mending pake cara konvensional pake buku terus nulisnya pake tangan gitu hehehe

    ReplyDelete
  7. Gue udah coba google keep sebelum gue jadi blogger, sebagai buku catatan hal yang penting aja

    ReplyDelete
  8. Gue belum coba semuanya,Mungkin karena kurang tau tentang app tersebut -_-

    ReplyDelete
  9. Anjir. Ternyata ada banyak banget aplikasi yang dipake buat smartphone. Selama ini, gue tahunya wps office. Mungkin karena terkenal lebih fleksibel kali ya. Hehe.

    ReplyDelete
  10. Barutau aplikasinya haha kudet beud gue ya

    ReplyDelete
  11. Di hpku udah ada kingsoft office sama evernote, tapi jarang dipakai. Kalau lagi mood langsung buka aplikasi blogger

    ReplyDelete
  12. aaaaakkkk aku gaptek, gak gaul, gak jago android, ga ngerti beginian tebe huhuhuhhu
    Semoga dg adanya aplikasi2 trsb kita semua makin produktif menulisnya ya amin

    ReplyDelete
  13. Oh udah pernah nyobain tapi bukan aplikasi ini sih. Sepertinya fungsinya mirip-mirip. Malah yang aku pake udah mencakup semuanya deh. Buat nulis iya, bikin konsep, bahkan kalo udah lama ngga nulis ada remaindernya gitu nagih kapan kamu nulis lagi? Gitu. Hehehe.
    Nice info gan!

    ReplyDelete
  14. Ah, asik nih. Mau coba install ah :D

    ReplyDelete
  15. baru tau nih, gak punya smartphone sih jadi kudet :D

    ReplyDelete
  16. lagi searching aplikasi mencari teman hidup ini haha

    ReplyDelete
  17. tiga-tiganya belum install. gak enak nulis pake semarphone soalnya. hehe

    ReplyDelete
  18. wkwk sama kaya teman-teman, ane jga barutau nih, thanks banget ya ma uda ngasitau, punya kalo gak digunain buat yg berguna buat apa yaa wkwk

    ReplyDelete
  19. btw, karena saya bukan tipe orang yang suka bekerja dengan smartphone, saya selalu pakai laptop heheheh :p tapi ada satu yg paling atas tuh aplikasi yang saya pasang di smartphone hihi

    ReplyDelete
  20. aku punya WPS! bisa edit2-edit hihii...
    Google Keep kayanya patut dicoba deh. Jadi sperti dsimpan gt ya? eh tapi sama aja kaya back up tulisan di email. hape ilang, bisa buka email.

    ReplyDelete