Header AD

7 Hal yang Bisa Dilakukan Hape Jadul


Zaman selalu berubah. Dinamis. Dari tahun ke tahun teknologi pun semakin berkembang. Begitu juga dengan handphone. Sekarang smartphone sangat marak dan terkenal di kalangan masyarakat bawah sampai atas dan atasnya lagi. Dulu banget, waktu zaman mesozoikum Tebe masih SMA kelas 1, muka Tebe masih ganteng banget gitu.. Hape jadul yang terkenal banget. Belum ada tuh hape pintar. Yang paling terkenal banget itu hape jadul merek Nokia. Nggak papa deh Tebe nyebut merek, lagian merek Nokia udah nggak ada.

Semenjak Microsoft membeli semua saham Nokia. Dan kini hape-hape yang nggak Qwerty alias polifonik udah nggak diproduksi lagi atau lebih tepatnya nggak pernah akan diproduksi lagi, selamanya. Apalagi hape-hape jadul. Hape monokrom. Hape yang bunyi smsnya unik, bentuknya unik, dan layarnya yang kuning dan putih-hitam itu udah mulai tersisihkan. Bahkan   dilupakan dan juga terasingkan. Tapi nggak buat Tebe, soalnya Tebe nulis artikel ini.

Hape jadul itu hape yang kayak gimana sih, Be?

Ok. Sebelum Tebe nyebut-nyebut hape jadul kamu harus tahu dulu seperti apa sih hape jadul itu. Nih tebe kasih gambarnya..


source

Ya, hape yang keluaran zaman dulu aja gitu. Nggak harus merek tertentu aja sih, tapi kan dulu yang ngerajain hape itu, ya, Nokia, jadi kebanyakan hape Nokia. Pokoknya hape yang monochrom aja, atau yang polifonik tapi produksi tahun 45an.

Emang ada, Be, hape polifonik produksi tahun 45?

Nggak sih..

Bukan itu intinya, Tebe mau ngingetin kamu sama hape jadul yang mungkin dulu kamu punya atau sekarang pun masih punya tapi kamu malu buat ngeluarinnya. Dikeluarin hanya pada saat-saat tertentu aja, saat pacar kamu selingkuh misalnya. Bisa dilempar pake hape jadul. Tapi ada fungsi lain loh dari hape jadul selain buat nelepon, sms dan lempar pacar kamu yang lagi selingkuh. Apa aja sih? Berikut 7 hal yang bisa dilakukan hape jadul..

1. Buat Nelepon Selama yang Kamu Mau

Bukan cuma pulsa atau gratisan seumur hidup aja yang bikin kamu bisa nelepon sepuasnya (dasar pecinta gratisan), tapi juga hape kamu. Hape sangat berpengaruh, coba aja kamu bayangin, misalnya kamu dapet gratisan seumur hidup tapi hapenya cepet banget mati, atau hapenya nggak kuat denger suara kamu yang naudzubilah jeleknya. Ngomong ajahnggak enak didenger apalagi nyanyi.

Maka dari itu, kamu bisa nelepon sepuasanya pake hape jadul. Karena menurut penilitian yang Tebe lakukan selama kurang lebih tiga hari tiga malam, hape jadul itu konsumsi dayanya kecil banget, wong cuma sms aja sama nelepon, kalau misalkan bête, buat ngusirnya palingan mainan sodoku atau ular-ularan. Makanya jadi awet.

2. Jualan Pulsa

Fakta yang ada sekarang kebanyakan konter di seluruh jagat raya Indonesia tercinta ini menggunakan hape jadul. Alasannya selain awet kayak yang Tebe bilang tadi, hape jadul itu bikin fokus jualan pulsa. Kalau misalnya kamu jualan pulsa pake smartphone super canggih yang banyak aplikasi dan compatible sama media sosial yang lagi booming, otomatis kamu bakalan fokusnya sama aplikasi dan medsos itu.

“Bang beli pulsa lima ribu, buruan bang” pinta Udin yang kebelet teleponan sama kasir mini market.

“Bentar..bentar yah, lagi nanggung nih”

“Lagi ngapain sih?”

“Biasa.. Get Rich”

“Jadi kamu lebih milih Get Rich daripada aku! Oke! Fine! Aku nyari abang pulsa yang lain, bye..” Udin pergi sambil membenarkan behanya yang kedodoran.

“…..”

Lagi jualan pulsa malah mainan Get Rich. Gimana mau ‘Rich’, bukannya jualan malah mainan.

3. Pemain Pengganti

Tebe pernah lihat cewek maupun cowok, hapenya jadul. Tebe kira mereka-mereka ini emang nggak terpengaruh sama perkembangan teknologi eh ternyata dugaan Tebe salah. Mereka pake hape jadul itu cuman buat pengganti hape canggih yang lagi dicharge di dalam tas.  Emang zaman sekarang hape itu per orang nggak cuma satu, tapi bisa dua-tiga bahkan empat sekaligus. Entah Tebe juga bingung, ngapain hape banyak-banyak.

Mending kasiin kek satu ke orang yang hapenya jelek. Tebe misalnya.

4. Buat Ganjel Pintu

Di daerah pesisir atau di daerah yang emang anginnya kenceng banget biasanya dari mulai pintu sampai jendela suka kebuka sendiri. Bukan karena ada hantunya tapi emang karena terkena terpaan angin aja, seandainya itu hantu pun mungkin itu kunitlanak lagi kentut terus anginnya ngebuka pintu dan jendela. Hipotesa Tebe emang keren banget.



Nah, disitulah peran hape jadul. Buat ngeganjel pintu yang suka ngebuka sendiri atau bisa juga buat ngeganjel pintu yang mau dibuka dan suka nutup sendiri, kebalikannya. Tapi Tebe saranin sih hape jadulnya yang udah rusak aja yah. Kan, sayang kalau masih useful buat ganjel pintu. Bukan cuma itu aja, kalau masih jalan terus buat ganjel pintu itu berarti kamu sombong. Masih banyak diluar sana yang nggak punya hape, mending kasiin.

5. Lempar Pacar Kamu yang Selingkuh

Buat yang jomblo mungkin hal ini akan sia-sia, paling buat lempar orang pacaran. Tapi kalau buat orang pacaran kemudian diselingkuhin hape jadul akan sangat berguna untuk melampisakan kekesalan sama pacar kamu yang selingkuh. Tapi kalau kamu orangnya penyabar dan dermawan Tebe nggak bosen-bosennya buat ngingetin kamu buat kasiin hape jadul kamu ke orang yang membutuhkan, atau dijual ke tukang loak terus duitnya disumbangin.

Kan lebih bermanfaat, walaupun hati kamu hancur tapi jiwa sosial kamu jangan sampai hancur yah.

6. Ngelempar Maling

Sekarang ini banyak banget tindak kejahatan yang terjadi, mulai dari perampokan, pencopetan sampai yang terberat yaitu pencurian. Pencurian hati.. eaa. Nah yang sering terjadi adalah pencurian, kalau kamu keseringan hilang barang karena dicuri, tunggu sampai kamu tahu pelakunya, kemudian kamu lempar aja pakek hape hape jadul.

Penyebab banyaknya tindak kejahatan kayak pencurian, menurut Tebe adalah karena karena kurangnya lapangan pekerjaan, sementara kebutuhan semakin mendesak dan akhirnya memunculkan logika sederhana, maunya dapetin uang secara instan, yaitu dengan mencuri. Semoga pemerintahan yang baru ini menyediakan banyak lapangan pekerjaan, sehingga nggak adalagi pengangguran yang jadi maling.

Bukan apa-apa, Tebe bingung nanti maling ini kalau profesinya ditulis di KTP.

7. Tukeran Sama Mie Instan

Akhir bulan selalu jadi momok menakutkan buat anak kost, selalu jadi topik hangat dimana-mana; di Twitter, Facebook, dan gang sebelah. Akhir bulan buat anak kost juga identik banget sama mie instan, entah apakah udah ada yang neliti apa belum hubungan antara mie instan dan anak kost. Buat anak kost yang punya hape jadul dan udah nggak kepake, Tebe saranin sih mending dituker ajah hapenya sama mie instan, sekardus. Lumayan. Daripada buat persediaan akhir bulan.

Dengan begitu kamu nggak usah pusing kalu akhir bulan menjelang. Tinggal siap-siap ajah nanti usus kamu jadi kriting kayak mie.

-------

Itulah 7 hal yang bisa kamu lakukan sama hape jadul. Walaupun keberadaannya mulai terlupakan tapi masih ada sebagian orang termasuk Tebe yang masih inget sama hape jadul. Malah kadang Tebe pengen punya, soalnya buat teleponan sama teteh Raline Shah, kan, bisa lama neleponnya.

Semoga ke tujuh hal itu bisa jadi referesnsi buat kamu yang punya hape jadul tapi bingung mau diapain. Dimasak juga nggak papa deh, terserah kamu. Sekian dari Tebe nan baik hati ini, kalau menurut kamu ada lagi yang bisa dilakukan sama hape jadul, komen ajah di bawah. Ramein kolom komentar.
7 Hal yang Bisa Dilakukan Hape Jadul 7 Hal yang Bisa Dilakukan Hape Jadul Reviewed by Blogger Energy on 10:34 Rating: 5

19 comments

  1. Ngomongin hape kadul, jadi inget hape pertama gue pas kelas 1 SMP dulu. Waktu itu, gue dapet hape dari sodara, mereknya Nokia tipe 5110. Iya, itu hape terpanjang yg gue lihat pada saat itu, ada antenanya pula. Hahahah. Beneran tangguh, gak perlu sering ngecharge, karena tiap kali ngecharge bisa tahan sampai 3 hari. Udah gitu tahan banting biarpun jatuh dr ketinggian 1meter. Postingan ini bikin gue inget lagi sama hape keramat itu. Hahahhaa.

    ReplyDelete
  2. Wah, 7 hal ini berguna banget, apalagi nomor 7 tuh, buat sekardus bisa dijual lagi nanti, terus untungnya disisihkan, nah, beli lagi sekardus mi, begitu terus menerus sampai nanti jadi juragan mi instan :D

    ReplyDelete
  3. wkwkwk banyak gunanya juga ya ternyata Hp jadul haha, okelah gue cari Hp" jadul gue digudang lumayan buat ganjel atau nimpuk apa gitu yang bisa ditimpuk haha

    ReplyDelete
  4. Gue kalo untuk smsan dan telponan juga make hape jadul. Lebih mudah juga ngetiknya daripada smartphone dengan layar HD. Iya ya, gue baru sadar orang yang jualan pulsa jarang make smartphone canggih. :D

    ReplyDelete
  5. Setuju banget, satu lagi kegunaan hape jadul, yaitu buat ngelempar anjing galak hahaha

    Keuntungangan hape jadul itu menang di tahan banting dan awet batre, bentuknya juga unik2 haha

    ReplyDelete
  6. Bener tuh semuanya. Tapi, yang paling bisa dilakukan hape jadul adalah Jualan Pulsa. Hampir disetiap toko pulsa, pasti hp-nya jadul semua. Pasti. :D

    ReplyDelete
  7. anjas buat ganjelan pintu hahahaha-_- btw, hp pertama gue dulu itu adl nokia 6600, masa itu hp gue paling keren, kalo sekarang tuker sm voucher ceban juga mikir 2x hahaha. Gue juga pernah jualan pulsa dan selalu pake hape jadul, selain simple, batrenya bertahan 3 hari 2 malem hahaha :D

    ReplyDelete
  8. Karena banyak gunanya, gini. Gue mau buat ganjel pintu kek di foto itu ah..... :D

    ReplyDelete
  9. paling enak buat main game ular-ularan.. hehehe :D

    ReplyDelete
  10. selain ganjel pintu juga bisa ganjel kertas supaya ga ketiup angin, atau buat ganjel perut di akhir bulan hahaha *pujaaa hapeee jaduull.
    Tapi setuju banget, kalo pakai hape jadul itu, fungsi awal handphone, which is telepon dan sms aja, benar-benar terwujud hehehe.
    baterai yang tahan lama memang masih bikin hp jadul jadi idola penjual pulsa dan para penganut LDR hehehehe

    ReplyDelete
  11. Bisa jadi ganjel pintu, ganjel kertas, bisa juga jadi ganjel perut (?)

    Ayahku punya hp nokia gk tau seri apaan, bentuknya tebel, layarnya warna biru dulu pas aku masih kecil sering pinjem buat main space impact sama main snake. Lumayan lo awet 12 taun sampek sekarang cuma keyboardnya yg rusak

    ReplyDelete
  12. Haduh kok fungsi dari hp jadul yg dulu pernah di bangga-banggakan sekarang beralih jadi ganjel pintu dan sampe buat ajang lemPar2 gitu hahahaha maahan ada yg dituker sama mie sekardus hahaha

    ReplyDelete
  13. Dan sekarang baru sadar ternyata penjual pulsa kebanyakan menggunakan hape jadul, mungkin memang karena praktis dan batrenya tahan lama jadi mereka pake itu.

    Kalo keunggulan hape jadul itu emang awet banget batrenya, sampe-sampe bisa buat pertandingan game snake selama tiga hari tiga malem.

    ReplyDelete
  14. Biarpun jadul tetep kuat,semakin tua semakin kuat hahaha (daya baterainya)
    hp jadul bisa juga tuh buat mian engkleng,yang dulu pakenya genteng sekerang udah pake hp. biarpun permainan tradisional tapi tetep modern karena pake hp jadul :D

    ReplyDelete
  15. sedih ga sih kalo jadi hape jadul, dulu dibanggakan kemudian kini diduakan.huft

    ReplyDelete
  16. Hape jadul nada deringnya unik-unik.
    Trus keahlian menangkap sinyal lebih hebat dibanding hape zaman sekarang, batre tahan lama lagi... hehe

    ReplyDelete
  17. yang paling kerasa itu jarang ngisi baterai dan awet. ah jadi kangen maen game snake

    ReplyDelete
  18. buat main ularularan atau bounce biasanya ,, hahaha seneng banget di hp jadul main gituan .. saya dulu juga pakai nokia yang hitam putih terus suaranya polifonik ,, hahaha itu udah yang paling keren lho :D

    ReplyDelete
  19. hape jadul itu memang sekarang udah menjadi suatu barang yang bahkan mungkin udah gak ada dan punah, tapi sebenernya bener juga tuh kata kak tebe, fungsi fungsi dari hp jadul itu banyak banget, ya itu di antaranya, buat jualan pulsa, karena memang betul klo misalnya yg jualan pulsa pake hp smartphone itu mungkin bakalan gak bener.
    hp adul itu emang awet, awet banget batrenya aku aja yg masih punya hp jadul kuat buat 5 hari tuh hp nyala, ,
    ok kak, postingannya keren, jadi keinget jaman jaman dulu gitu, waktu pertama punya hp, :D

    ReplyDelete