Header AD

Tutorial Menjadi Maba yang Baik



Mahasiswa baru atau Maba adalah mereka yang baru masuk dan sangat awam akan dunia perkuliahan yang sesungguhnya, karena mereka masih dalam belenggu masa-masa SMA. Walaupun ada yang udah resign (berhenti dulu) kemudian baru kuliah lagi, juga sama, masih belum tau bagaimana situasi kampus yang (bisa dibilang) penuh liku-liku, kayak ular tangga. Maka dari itu mereka (Maba) butuh petunjuk atau bimbingan dari senior. Tapi kadang orang yang namanya Maba, ya, mayoritas belum terlalu kenal sama senior di kampus, apalagi Mabanya alim banget. 

Tentunya Maba butuh petunjuk, butuh tutorial, giman sih, jadi Maba yang baik dan benar? Jangan takut karena Tebe nggak cuman koar-koar nggak jelas tanpa memberikan solusi cerdas,tangkas,bambang pamungkas dan berkualitas..

Simak tutorial menjadi Maba berikut ini. Tapi sebelumnya kamu harus lulus dalam syarat sebagai berikut.

-Kamu udah masuk kuliah
-Kamu ada pada jam kuliah
-Kamu bukan mahasiswa semester tua
-Kamu harus ijin papah mamah
-Kamu udah baca do’a dan cuci kaki

Kalau udah memenuhi syarat itu kamu bisa lanjut baca dengan seksama. Kenapa ada syarat ‘kalian ada pada jam kuliah’? Karena tutorial ini nggak mungkin terlaksana kalau kamu lagi pada ‘jam buang air besar’, sangat besar. Baiklah, untuk mempersingkat tulisan ini. Ini dia tutorial menjadi maba yang baik dan benar.

Pakai pakain yang casual dan elegan
Pertama kali yang harus kamu lakukan adalah memberikan kesan pertama buat orang lain kalau kamu memang maba yang impresif. Walaupun kamu seorang Maba, tapi senior jangan sampai ngeremehin kamu gitu aja. Salah satu caranya adalah dengan berpakaian.

Berpakain seperti apa Be?

-pakailah pakaian
-pakaian yang casual
-nggak kaku
-nggak bikin masuk angin
-nggak kampungan
-nggak alay
-kalau kamu emang cowok, pakailah pakaian yang laki banget
-jangan pakai legging, apalagi warna pink

Dengan begitu kamu udah good looking banget. Enak dilihat, enak dipandang, dan elegan. Dengan begitu mahasiswa senior akan mengatakan dalam hatinya, atau berkata terang-terangan kepada rumput yang bercumbu.


source

“Wuidih, keren nih bocah, gue hampir susah bedain mana maba, mana mahasiswa yang udah senior”

Berjalanlah dengan percaya diri dan tegap
Setelah kamu memakai pakaian yang casual dan elegan, sampai-sampai si mahasiswa senior pun berdecak kagum. Tinggal cara berjalan kamu aja nih yang mesti diperbaikin. Terkadang Maba itu punya kebiasaan jalan yang agak canggung, mungkin karena pakaian yang belum terbiasa. Karena biasanya mereka memakai putih-abu atau mungkin juga karena dia cepirit, jadi dia agak canggung buat jalan.

Atau juga bisa karena gugup karena di depannya ada senior cewe cantik belahan dadanya keliatan, jadi selain gugup karena cepirit dia tiba-tiba horny di TKP. Double strike.

Makanya pastiin kalau kamu berangkat kuliah itu sarapan dulu, biar nggak masuk angin, biar nggak mencret. Kalo sarapan juga jangan yang pedes-pedes. Tebe soalnya pengalaman kalau sarapan pedes-pedes ujungnya pasti mules, untung nggak cepirit.


source

Berjalanlah dengan penuh percaya diri, yakinlah dengan tampilan kamu yang udah agak keliatan kayak mahasiswa senior. Jangan jalan bergerombol kayak bebek, kalaupun memang harus bergerombol tolong jangan terlalu berisik dan rapat. Kelihatan Maba banget kalau kayak gitu.

Jangan belagu
Nggak tau kenapa penyebabnya Maba itu ada yang pendiem banget, ada yang berisik banget, ada yang belagu. Nah, yang belagu biasanya yang kurang disukai sama mahasiswa senior. Bukan cuma mahasiswa senior yang kurang suka sama ke-belagua-an Maba, tapi mungkin juga Maba yang lain yang nggak belagu.


source

Disarankan untuk Maba, kalau mau jadi Maba yang baik itu nggak usah belagu. Sopan sama senior. Utamakan 3S; salam, senyum, dan sapa. Kalau senior nggak mau nyapa duluan karena emang nggak kenal, sapa aja mereka duluan, sekalian kenalan juga, apalagi ke senior cewe. Kan, lumayan kenalan sama senior cewe, bisa kakak-adek-an di kampus.

Ramah ke dosen
Setelah ramah sama senior, nah, sekarang ramah sama dosen. Karena siapa lagi yang akan memberi kamu nilai kalau bukan dosen dan dosen pulalah yang akan menentukan kamu lulus atau nggaknya nanti pada saatnya. Alasan lain kamu harus ramah sama dosen adalah supaya dosennya seneng sama kamu dan dia nggak segan ngasih nilai ‘A’ di mata kuliah yang diajarnya.

Cari muka ke setiap dosen perlu juga dilakukan untuk keberlangsungan nilai kamu. Soalnya dosen kalau udah nggak suka sama mahasiswa, ya, udah nggak suka. Nggak jarang juga mereka kalau ngasih nilai sama mahasiswa yang nggak dia sukai itu asal ajah, ‘D’ misalnya.


source

Makanya baik-baikin deh tuh dosen. Tapi jangan jadi penjilat juga yah. Kesannya kamu itu ngelakuin hal apapun demi nilai. Maksud Tebe tuh kasih dia senyum setiap ketemu, masuk terus mata kuliahnya, ngerjain dan ngumpulin tugas-tugas yang dosen kasih. Jangan asal-asalan juga kalau ngerjain tugas. Kalau nggak masuk hubungin dosennya langsung. Jangan SMS kalau bisa. Telepon.

Sosialisasi
Sosialisasi itu juga penting, kamu akan ngerasa nyaman di kampus sampai nggak mau pulang, pengennya nginep dan tidur di ruang kepala prodi, kalau udah akrab banget sama orang-orang di kampus. Karena sosialisasi itu tadi.

Siapa sih orang-orang di kampus?

-Dari mulai satpam
-Petugas TU
-Dosen yang Tebe bilang tadi
-Rektor
-Kepala Prodi
-Wakil Rektor dan para punggawanya
-Mahasiswa Senior
-Ibu-ibu kantin (biar bisa ngutang kalau tanggal tua) #KhususAnakKost
-Temen kelas lain
-Temen fakultas lain
-Tukang kebun
-And many more

Itulah orang-orang kampus. Kenapa disebut orang-orang kampus? Karena mereka semua yang Tebe sebutin itu orang. Kalau perlu makhluk halus yang ada di kampus, coba deh kamu deketin siapa tahu dia bisa nolong kamu waktu UTS-UAS. Kan, lumayan bisa ngasih jawaban atau biar suruh nyontek sama temen yang lebih pintar.

Banyakin temen (deketin yang megang absen)
Di antara orang-orang kampus yang Tebe sebutin ada temen yang harus kamu ajak bersosialisasi. Teman sekelas aja dulu deh, yang ruang lingkupnya kecil, akrabin mereka, kenalin diri kamu sama mereka, begitu juga sebaliknya. Terutama yang paling kamu harus deketin selain cewe yang cantik juga temen yang megang absen. Walaupun (misalnya) dia agak bencong deketin ajah. Karena di saat kamu nggak bisa masuk (mungkin) karena kesiangan.

KAMU BISA MINTA DIA BUAT IZININ KAMU..

Bukan cuman temen sekelas aja, kamu juga harus ke kelas-kelas lain buat sosialisasi. Atau kalau perlu ke fakultas lain.

Gimana Be caranya?

Gampang banget. Kamu tinggal ikutan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di kampus kamu. Disitulah kumpul mahasiswa-mahasiswa dari berbagai fakultas, kamu bisa  mengakrabkan diri dengan mereka. Kan siapa tahu kamu dapet gebetan dari setiap kamu bersosialisasi, siapa tau satpam kampus naksir kamu. Yakali…

Kayaknya segitu ajah deh, ya, dari Tebe. Untuk menjadi Maba yang baik. Menjadi seseorang Maba yang baik adalah hal yang harus kamu lakukan di kampus, jangan sebagai Maba aja kamu udah nggak disukain sana-sini. Tebe kasihan sama kamu kalau kamu dimusuhin sama mahasiswa lain, Tebe juga kasihan sama mamah-papah kalian, emang nggak nyambung sih tapi yaudahlah..

Disini Tebe hanya memberikan tutorial yang Tebe bisa dan tahu, karena eh karena bang Haji udah jarang nyanyi dangdut lagi  Tebe juga dulu ngerasain jadi Maba, dan sekarang Tebe termasuk mahasiswa senior. Walaupun kamu nggak nanya tebe ngasih tau ajah, biar kalian nambah wawasannya.

Kalau ada yang mau nambahin silahkan komen aja di bawah, siapa tahu kamu yang sebagai mahasiswa senior banyak pengalamannya.. 
Tutorial Menjadi Maba yang Baik Tutorial Menjadi Maba yang Baik Reviewed by Blogger Energy on 11:01 Rating: 5

18 comments

  1. Kayaknya ini Tebe pengalaman banget ya:p

    Meski membenarkan, ada beberapa poin juga yang kurang setuju. Belagu. Iya, di belagu. Belagu buat maba kadang perlu biar kakak kakak senior itu tahu, di kampus ini yang berkuasa rektor, bukan mereka. Hahaha. Coba tips dari saya aja. Belagu sama senior karena main perintah, waktu diancem mau diskors dari ospek, saya malah bilang mau aduin ke rektor. Batal deh mereka. haha *ajaran sesat :p

    ReplyDelete
  2. Tapi kadang yang banyak tingkah dan berani sama senior (karena benar) itu bakal di inget dan di kenang sampe kapan pun, terlebih lagi kadang malah temen2 si senior respek ke kita karena berani gituuu x)

    Tapi kalo ramah sama dosen sih emang wajib dong. Mau apa tugas nanti ga di acc. Hoho

    ReplyDelete
  3. Hahahhaa. Tips ini sebenarnya udah nggak berlaku lagi buat gue. Karena gue sekarang udah semester lima. Emang sih kita harus ramah dengan dosen, tapi jangan sampai keseringan cari muka. Gue nggak begitu suka dengan orang yang selalu cari muka sama dosen.

    ReplyDelete
  4. illustrasinya makin tjakep aja nih tebeeeeeee.

    Maba ? ohhhh gue troma dengan akronim itu

    ReplyDelete
  5. Satu lagi yang paling penting buat dideketin: Petugas administrasi. Cobalah jadi seramah mungkin sama mereka, jangan cuma ramah pas ada maunya aja. Bukan nggak mungkin kalau suatu hari ada kesalahan administrasi, misalnya absen yang bermasalah, apalagi pas dekat hari ujian. Makin lama kuliah, makin sering ketemu sama mereka. Kalau ramah sama mereka, mereka juga (mudah-mudahan) akan cepat menyelesaikan urusan kita.
    Btw selamat datang di dunia kampus, anak-anak BE yang jadi maba tahun ini :)

    ReplyDelete
  6. ahahaha, boleh juga tipsnya walo gue udah melewati masa masa itu. tapi dulu gue juga gitu, ramah sama dosen dan teman lainnya, nggak belagu, pake baju juga mikirnya sampe sejam dandan dulu biar nggak kelebihan atau malah kampungan. banyak ya yang harus dipikir sama maba tuh, maba aja udah banyak pikiran, gimana ntar matu??? sabar yak

    ReplyDelete
  7. Bhaahahahaha... parah lu Be, masa iya bisa sampe cepirit. Hih, najong abis :D Tapi kocak og. Gue mahasiswa baru loh, mungkin ada poin2 dari saran lo yang bakal gue pake. Meskipun gue nggak yakin, apalagi soal nyapa kakak senior yg gak kenal. Lah yang kenal aja kadang gak direspon, -___-

    ReplyDelete
  8. alhamdulillah tips TEBE kali ini agak sehat....
    banyak tips tutorial yang kadang nggak kepikiran sama sekali...
    dan TEBE membuka cakrawala serta sudut pandang yang sempit *cieee...

    sebagai mantan MABA yang nggak pernah naik jadi mahasiswa senior karena DO ...
    mahasiswa senior yang saya simpulkan dari berbagai tulisan ...apa ya, terkesan sombong gitu lah..atau mungkin jaga wibawa...mungkin sih

    ReplyDelete
  9. Makasih Be tipsnya. Tapi, gue kalo jadi MABA masih lama banget. Sekarang aja gue baru kelas 3 SMP. :D

    ReplyDelete
  10. ihhh tebe pengalam banget jadi maba.
    tapi ya be, menurut gue, sesekali jadi maba yang rada nyeleneh, tengil gitu asik kali ye. terutama sama senior. kalo jadi maba baek baek yang nurut sama senior itu kan udah terlalu mainstream. tapi ya, harus kuat nyali sih kalo kalo nanti di apa apain sama senior, :D

    ReplyDelete
  11. analisis yang matang,,gaya bahasanya lucu..tapi pas untuk jadi tutorial serius...
    pasti ini yang nulis bukan penulis abal-abal.

    mahasiswa harus baca ini agar tau apa yang harus dilakukan sebagai langkah interaksi

    ReplyDelete
  12. Sayangnya sekarang bukan lagi maba.... mahasiswa jg bukan jd sy cuma bisa baca tipsnya ini sambil mengenang cupu-cupunya saya waktu msh jd maba... :D

    ReplyDelete
  13. Gue udah pernah jadi maba, sayang gue gak populer sama sekali... bahkan saking gak populernya, senior enggan mengusik gue.. entah gue harus bahagia atau sedih, waktu dulu...

    ReplyDelete
  14. Waaahh masuk tuh, bisa bisa... pas banget saya maba nih :D

    ReplyDelete
  15. WAAAAH, kenapa dulu waktu gue Maba belum ada artikel ginian?? Kalau ada kan, pasti sekarang gue udah bisa ngerasain pacaran di kampus, haha! :D

    ReplyDelete
  16. Okeeeeeeh!! karna gue mau menjadi maba untuk yang kedua kalinya gue bungkus tips ini beeee, *ambilkantongkresek

    ReplyDelete
  17. Gue malah belagu pas udah jadi senior. sekarang udah semester 5, jadi kalo jalan didepan maba suka sok cool, dan dagu diangkat. Pokoknya sok keren, tapi tetap aja gak ada yang mau ngajak kenalan. kesiaan.

    ReplyDelete
  18. Haha.. dulu udah pernah baca nih, be. Cuma enggak komen. Pas banget sama aku sekarang, aku lagi maba :P Tipsnya keren, aku paling ngerasa sama yang kemana-mana suka gerombolan. Itu maba banget, hehe! Kan kita masih canggung-canggung gimana gitu di kampus, jadi kalo enggak arengan, enggak afdol

    ReplyDelete