Header AD

[Tips BE] Biar Puasa Nggak Lemes


Puasa di bulan Ramadan memang wajib hukumnya untuk para umat muslim di muka bumi ini. Rukun islam yang keempat ini kita lakukan sebulan penuh, dalam satu tahun. Menurut Tebe sendiri satu bulan itu waktu yang lama, tapi coba deh kita bayangin ada orang-orang yang bahkan tiap minggu di dalam satu bulan mereka harus berpuasa dan itu bukan bulan puasa. Iya, mereka-mereka yang kurang beruntung, ngedapetin makanan baik berupa nasi atau sekedar makanan pengganjal perut. Maka dari itu kita juga harus ngerasain penderitaan mereka.

Kita cuma satu bulan doang, lah, mereka tiap bulan kudu puasa, bahkan kadang puasanya nyampe besoknya lagi. Iya, mereka nggak buka dan sahur. Kasihan. Kita patut bersyukur.

Tebe kok jadi kayak ustad gini yah? Bukan, Tebe bukan mau nyeramahin kalian, Tebe cuma mau ngingetin aja. Kan, orang kadang suka lupa kalau nggak diingetin, Tebe juga suka lupa kalau Tebe ganteng, makanya orang ada aja yang ngingetin “Be kamu sebenernya ganteng, tapi……” udah jangan diterusin, ujung-ujungnya pahit..  Makanya sesama umat kita harus saling mengingatkan.

Puasa di bulan Ramadan emang nggak bisa kita tinggalin kecuali cewe-cewe yang lagi mens, mereka boleh nggak puasa. Asalkan nantinya diganti hari lain buat puasa. Di sela-sela kita berpuasa pasti nggak asing lagi sama yang namanya ‘lemes’, karena kita siangnya nggak makan dan minum makanya jadi lemes. Tapi lemes adalah tanda bahwa kalian puasa, nah, yang patut kita curigai kalau seger bugar, yang bisa angkat tabung gas 3 kilo muter-muter kecamatan nggak lemes-lemes itu patut kita curigai, jangan-jangan dia…… Tukang jualan gas. Iya, kita nggak boleh suudzon sama orang siapa tau dia lagi jualan gas.

Lemes identik sama orang yang lagi puasa, walaupun orang yang baru putus cinta juga sama lemesnya, tapi kita nggak boleh nyalahin puasa karena bikin kita lemes. Makanya Tebe bakal ngasih tips biar puasa kalian nggak lemes-lemes amat. Simak…

Makan dan minum yang begizi
Sebelum mulai berpuasa kita dianjurkan untuk makan malam, yah sekitar jam dua atau jam tigaan lah. Yap, kita harus sahur. Karena dengan kita sahur otomatis kita punya tenaga buat beraktivitas. Nah, alangkah baiknya kalau sahur kita memakan makanan yang sehat dan bergizi.

Biar apa sih Be?

Ya itu, biar nggak lemes banget. Kalau makan-makan apa aja yang bergizi Tebe rasa kalian udah pada tahu yah, kalaupun nggak tahu, mbok ya cari di Google to. Minum susu kek di waktu sahur biar kuat, kan, susu ada tuh di makanan 4 sehat 5 sempurna. Coba aja minum. Tapi, Tebe saranin jangan minum-minuman suplemen yang gitu-gitu, kenapa?

Biasanya kan kalau minuman itu bikin kita kuat karena memicu nafsu makan kita secara berlebih, otomatis kalau kita minum-minuman suplemen bukannya kuat malah pengen makan terus. Pantes kuat yah, wong makan melulu. Jadi, hindari minuman suplemen.

Niatin
Niat adalah langkah awal kita untuk memulai sesuatu. Tebe pun dalam menulis sesuatu kayak menulis tips ini awalnya karena niat, kalau nggak niat nggak bakal jadi dan dibaca sama kalian. Pun dengan puasa, kalau kita udah niat kan puasa bisa kita lalui dengan asoy geboy. Maksudnya kita juga jadi enjoy buat ngejalanin puasa, nggak menganggap kalau puasa itu halangan buat beraktifitas.

Walaupun kita lemes, kan, kita dianjurkan untuk tetap beraktifitas seperti biasanya. Ngejalanin kewajiban, kayak mas-mas kantoran, mba-mba teller bank, atau mahasiswa kayak Tebe yang harus belajar di bulan puasa, dan yang lainnya harus senantiasa ngejalanin aktivitas seperti biasa.

Makanya kan, kalau tarawih biasanya ada do’a puasa bersama tuh. Biar puasanya nggak lemes dan tetep seger, niatin dulu.  

Pake tenaga secukupnya
Sama aja kayak hape dan gadget lain kalau kita pakai tenaganya secara berlebih batrenya bakalan cepet abis. Kayak nyetel musik sambil chatingan, sambil browsing-ngan juga, udah gitu sambil download juga. Pantes aja cepet abis. Puasa juga gitu, kalau kita menggunakan tenaga kita secara berlebihan maka efeknya kita jadi kehabisan tenaga dan.. lemes.

Kayak yang dijelasin sebelumnya kita dianjurkan untuk melakukan aktivitas seperti biasanya. Cuma kita juga mesti hemat tenaga kita, contohnya Tebe nih. Tebe mahasiswa harus belajar, apalagi kalau UAS harus belajar banget. Entah itu belajar nyontek atau belajar tabah kalau Tebe nggak bisa ngerjain soalnya. Nah, tenaga Tebe udah dipakai buat mikirin tugas, UAS, dan cara nyontek terjitu. Kalau bisa, ya, jangan mikirin yang lain.

Contohnya;
Mikirin mantan yang selingkuh sama kambing tetangga..
Mikirin kenapa Saiful Jamil dikit-dikit nyanyi..
Mikirin kenapa Tebe genteng..

Dan kenapa-kenapa yang lainnya, yang bikin otak kita berfikir dengan maksimal sampe akhirnya mengeluarkan tenaga yang berlebih. Berfikir juga butuh tenaga loh, kadang Tebe kalau kebanyakan mikir tiba-tiba jadi laper padahal cuman mikirin kenapa mantan Tebe selingkuh sama kambing. Makanya pake tenaga secukupnya.

Follow member JKT48
Bagi penggemar JKT48 mungkin udah nggak asing dengan para personilnya yang unyu dan susah diapalin satu-satu itu, mereka selalu ngasih semangat buat para followersnya di Twitter.






Twit-twit semacam itulah yang bikin kita semangat. Walaupun para member JKT48 itu ngasih semangat ke semua orang anggap ajah mereka mempersonalisasikan twit yang mereka buat untuk kita. Yah, agak hina dan menonjolkan sisi kejombloan kita memang. Tapi daripada kita lemes terus kan, lebih baik tetep semangat. Tebe juga sering ngelakuin hal kayak gitu, dengan membalas twit mereka. Walaupun mereka nggak pernah bales. Pait..

Punya pacar
Kalau sebelumnya buat para jomblo. Nah, kalau yang ini buat orang yang udah punya pasangan. Makanya paragraf ini tidak untuk para jomblo. Kalau kalian ngerasa jomblo bisa kalian lewatin baca yang bagian ini.. Pacar adalah semangat kita dalam menjalani kehidupan, kalau Tebe yang mahasiswa unyu-unyu gini sih, nyebutnya pacar, nggak tau yang udah bapak-bapak baca tulisan ini, kayaknya “bapak butuh istri”.

Kalau kita lagi lemes tiba-tiba ada pacar yang nyemangatin, kan enak.

“Sayang semangat yah puasanya :) :* ”

Yang tadinya lemes tiba-tiba jadi semangat dan nggak lemes lagi walaupun satu jam sekali kemudian kita lemes lagi. Tapi kan bisa suruh pacar kita buat semangatin kita lagi. Duh.. kayaknya enak banget yah punya pacar. Udah gitu kalau buka puasa, tarawih dan sahur selalu ada yang ngingetin, walaupun kita sebenarnya inget tapi kan, perhatian kecil itu yang bikin kita, gimana gitu.

Tebe bilang juga apa jangan baca bagian paragraf ini. Nyakitin buat kalian kan. Susah sih, dibilangin. Jadi galau kan, udah gitu  pake dibayangin lagi. Kayak punya pacar aja. Tebe ajah nulisnya nggak tega ini…

Inget idul fitri
Ngebayangin sesuatu yang indah akan membuat kita jadi lebih semangat dalam menjalani aktivitas. Kayak misalnya ngebayangin toga dan jubah wisudaan, disaat kita lagi bergulat dengan skripsi. Walaupun kenyataanya skripsi nggak selesai-selesai. Tapi minimal kita udah berusaha untuk bangkit dari rasa keterpurukan dengan cara ngebayangin yang indahnya...

Sama halnya dengan puasa. Coba deh kalian bayangin idul fitri dengan penuh hikmat dan khusyu. Setiap kalian ngeluh karena puasa bikin lemes, coba inget lebaran. Biarin aja masih lama juga, yang jelas idul fitri itu nyata dan bakal terjadi, tinggal nunggu waktu aja. jadi kalau kalian tetep inget sama idul fitri, si fitri juga inget kalian kok.- Ini apa sih?



So, tetep semangat puasa. Terhitung dari postingan ini terbit, lebaran sebentar lagi. 26 hari lagi..  

Bayangin es campur..
Syaratnya bayangin es campurnya di waktu sore yah.. Kalau siang-siang bayangin es campur? Boleh sih cuman nanti puasa kalian makruh :p


source

----

Oke, itu ajah dulu tips edisi bulan Ramadan dari Tebe. Untuk melaksanakan ibadah jangan ngeluh aja yah. Lemes mah wajar kok, tapi kan Tebe udah bagi-bagi tips biar kalian nggak lemes lagi, atau kalau dari kalian ada yang mau nambahin silahkan komen di bawah. Masalah ampuh atau nggaknya tips yang Tebe kasih. Tergantung. Tebenya ganteng apa nggak. –lah?


The last say, selamat menunaikan ibadah puasa untuk umat muslim di seluruh dunia. Selaku remaja yang belakangan sering ke masjid karena kesibukan yang teramat sibuk. Yah, nyari takjil gratis, Tebe pamit! 
[Tips BE] Biar Puasa Nggak Lemes [Tips BE] Biar Puasa Nggak Lemes Reviewed by Blogger Energy on 13:45 Rating: 5

21 comments

  1. Wah si Tebe niat banget ya bikin tipsnya. Sampe follow member JKT48 juga dimasukin-_- tapi emang bener sih tipsnya.

    Punya pacar itu emang enak banget Be. Ada yang ngingetin buka, terawih, sahur, belum lagi kalo bisa buka puasa bareng. Aduh aku lupa, Tebe juga jomblo ya? *eh

    Tebe sesat nih. Kan kalo lagi puasa nggak boleh ngebayangin makanan nanti batal hayo puasanya. Nggak bisa nahan napsu-_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf komen di sini, jaringan lagi lola. Tebe tega pajang foto es menggiurkan yang kubaca pagi-pagi, hihi.
      Tips agar tak lemas di atas patut ditiru, soal makanan bergizi. Plus tambahan jangan makan yang pedas, nantinya perut mulas, dan mubazirin energi kalau harus melakukan pembua*^$%.
      Agar nambah semangat puasa, barangkali harus ikuti jejak Tebe, berburu takjil gratis dengan keliling masjid, hihi. Di kampungku gak ada bagi-bagi takjil, nih. Tapi nanti akana da bagi-bagi nasi bungkus pas hari tertentu ramadan.
      Baiklah, Tebe, mohon maaf jika selama perkenalan ini aku telah bikin khilaf.
      Selamat saum dan semoga bisa menyelesaikan skripsi dengan segera.
      Wassalam. *Agar komen panjang. :D

      Delete
  2. detai sedetail detailnya. Setuju banget sama tips-tips yang dikasih sama Tebe. Emang bener banget kalo puasa itu gak bergairah dan bisa bikin lemes juga. Niat sih kalo menurut gue yang paling dasar. Kalo niat setengah-setengah puasanya pun juga setengah-setengah semangatnya.

    Tapi setelah baca poin yang follow JKT48 itu, gue jadi prihatin sama Tebe. Emang segini tersiksanya kah jadi kaum jomblo?

    ReplyDelete
  3. Hehehe... tipsnya bagus-bagus,,,, selamat berpuasa ya bagi yang menjalankannya

    ReplyDelete
  4. weeeeww,, vina nggak setuju kalau puasa ingat es campur -_-
    yang ada puasa jadi nggak khusyuk malah kepikiran manisnya es campur *lah
    apalagi mikirinnya pas terik matahari tibatiba berasa ada fatamorgana gitu :3
    huahahaha
    tapi yang penting dari semua itu emang niat :)

    ReplyDelete
  5. Tips nya mah absurd banget, pertama tama makan brgizi, niat, eh sampe follow JKT48, apalg ada es campurnyaaa.. ngileerrr whahaa..

    Eh gua tmbahin la ya Be tips nya :p jgn trlalu sering main intrnetan, biasanya sih web" skrg bnyk iklan yg por***no nya, jd gmana gitu ntar malah lemes :D
    1 lagi, kalo abis sahur hindari boker, karena boker setelah sahur itu hal mubazir, akan mempercepat terjadinya kelaparan wkwkkwkk....

    ReplyDelete
  6. Gambar yang terakhir agak kampret gimana gitu ya..

    Masa puasa gak kuat, jomblo lama aja kuat...

    Tips biar puasanya gak lemes coba sering-sering kumur-kumur pake es buah.
    Atau sahurnya di aceh buka puasanya di papua biar gak sempat lemes.

    ReplyDelete
  7. wah, tebe baik banget sampe ngingetin tips biar nggak lemes. kalau bukan tebe, siapa lagi coba yang mau ngingatin supaya follow member JKT48?
    gilak, tulisanmu rinci dan detail banget fik. awal bulan udah posting aja. kamu keren banget.

    ReplyDelete
  8. Makasih tip-nya Tebe. Bakalan dijalanin deh..*meskipun gak semua :)

    ReplyDelete
  9. ini benar benar tips Ramdhan yang paling ngemiyuwww yang pernah gue baca. Ada yang bikin manggut manggut, ada yangbikin geleng geleng, ada yang bikin makan sendal sambil goyang Morena...misalnya soal NIAT> gue setuju banget kalo semua hal yang akan kita lakukan akan benar benar kita lakukan saat sudah ada NIAT. tapi, begitu ada tips "PUNYA PACAR", gue jadi males bacanya. Soalnya kaga punya *kejerdibawahpancuran

    bagus dah, selamat menunaikan ibadah puasa untuk semua kawan kawan blogku yang unyunya tidak terkira..semoga Alloh melipatgandakan pahala dan meleburkan segala dosa. Aamiin...

    ReplyDelete
  10. Waiya... Follow Jeketi poti eit asik juga tuh.. :3
    Kalo follow semua membernya bisa dapet ucapan setiap menit dong.. :3
    Kalo gue mah puasa biar gak lemes minum air secukupnya di tengah hari, biar tubuh kita gak kekurangan cairan tubuh. #eh

    ReplyDelete
  11. akakakakaka...kalau diturutin idenya mah bisa jadi nggak puasa....
    tips BE keren keren.,,tpi kenapa jomblo selalu menjadi bagian yang di deskreditkan..
    oh..apa salah jomblo..
    ia juga punya hak untuk dijaga perasaannya...
    dijaga hatinya.

    apalagi udah kena twit jeketi 48...haduuuh,,,berada ada sebuah kejanggalan dalam diri seorang jomblo...

    tapi sabar yah, para jomblo..
    ada seorang istri atau suami yang menanti kehadiran cintamu dengan sebuah kemurnian kasih sayang :P #menghiburdiri

    ReplyDelete
  12. yaaah, si tebe bahas juga JKT48. tapi lumayan lah. semua anggotanya kan unyu-unyu tuh, bikin mata jadi seger...

    Yang bikin nyesek itu, kenapa ada juga tips yang nyuruh punya pacar? -_-
    tebe nggak mikirin perasaan para jomblo yang terlalu ngarep jadi merasa tersakiti oleh post ini?
    kasian kan jomblo yang nggak punya pacar =_=

    ReplyDelete
  13. yah si tebe panas panas pamer es campur bikin ngiler.
    ini tips rada jahat gitu ya, semacam deskriminasi sama para jomblo. jahat ih tebe

    ReplyDelete
  14. Oh ya, kalau ingin hemat tenaga barangkali kita meski bisa ciptain robot untuk jadi alas kaki kita agar ke mana-mana gak usah capai jika harus jalan kaki. Kan robotnya yang bergerak dengan kita yang di atasnya. Robot sepatu atau sandal, hehe
    Minum teh manis juga bagus apalagi kurma. Sekarang di kampung harga se-sachet teh sari wangi 1500. Penghematan! Cari teh lain yang enak namun murah. Teh manis kayakjnya penting untuk efek menenangkan. Murah lagi. Met dicoba.

    ReplyDelete
  15. Itu apa pula ada jekate segala be? -_- Tapi aku maklumlah, Tebe kan tipe orang yang butuh kasih sayang, iya, kasih sayang. Aku ulangi, Tebe adalah tipe orang yang butuh kasih sayang, mangkanya tweet no mentionnya jekate dianggep buat dirinya sendiri *tsaah* hahahahha

    Ohya Be, di bulan puasa juga ada lemes yang lebih bahaya dan lebih butuh fokus perhatian loh, yakni lemah syahwat. Sekian

    ReplyDelete
  16. Kampret -_- dari awal-awal udah bagus-bagus ngaasih tips biar gak lemes, endingnya foto es campur -_______-

    Terus jkt48 itu tipsnya anti mainstream banget, besokk-besok aku bikin twit serupa deh biar bisa masuk di postingan ginian.. dan aku ngakak banget sama si tukang jualan gas keliling :# hahahahaha

    eh ini yang nulis tebe yang mana, si Kukuh, apa bang Topik? Kok gaya bahasanya tak terdeteksi ya

    ReplyDelete
  17. Be, gak perlu punya pacar buat diucapin "Sayang semangat ya puasanya", banyakin gebetan aja udah sama kayak pacar :D

    satu lagi, Be yang menurut gue penting. inget kalo puasa itu pahalanya gede, jadi kudu semangat ngejalaninnya :')

    ReplyDelete
  18. wwkwk.. yang follow jkt itu ketauan jomblonya :D

    ReplyDelete
  19. thanks sob untuk postingannya...
    article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
    maju terus dan sukses selalu...
    salam kenal yach...
    kunjungi blog saya ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
    http://chaniaj.blogspot.com/ dan situs kesayangan kami http://oliviaclub.com
    serta sites.google kebanggaan kami https://sites.google.com/site/pokeronlineterpopuler/

    ReplyDelete
  20. Yang pasti untuk memulai usaha di bidang makanan, Sebaiknya Anda menggunakan Box Makanan. Jika Anda membutuhkannya silahkan hubungi saya Irham dari Greenpack.

    ReplyDelete