Header AD

Review: Asem Manis Cinta Blogger Energy

Judul: Asem Manis Cinta
Penulis: Blogger Energy
Penerbit: Grasindo
Tebal: 162 Halaman
Harga: Rp 40.000


Sinopsis:
Setiap orang pasti pernah ngerasain gimana rasanya jatuh cinta. Mulai dari cinta yang datang karena terbiasa, sampai cinta yang datang dengan terpaksa karena memang gak ada yang lain.
Anak-anak Blogger Energy sering ngabisin tisu toilet daripada sabun di kamar mandi gara-gara sering kepedesan berhadapan dengan yang namanya cinta.
Nah loh, cinta ngeri juga ya ternyata! Semua itu karna cinta banyak rasa.
---

Gue akan me-review sebuah buku dari hasil karya anak-anak Blogger Energy. Yap.. tentu kalian yang sudah menjadi anggota Blogger Energy sudah tidak asing lagi dengan buku yang satu ini. Asem Manis Cinta, adalah sebuah buku yang ditulis oleh anak-anak Blogger Energy yang di dalamnya terdapat 12 kisah cinta dengan berbagai rasa.
Ini merupakan buku pertama dari Blogger Energy, dan gue gak sempat ikutan proyek menulis buku ini atau yang disebut NBBE (Nulis Bareng Blogger Energy), karena waktu itu gue belum gabung dengan Blogger Energy. Semoga saja Ranger Blogger Energy mengadakan NBBE yang kedua sehingga gue bisa ikutan.
Langsung saja, inilah dari gue review tentang buku Asem Manis Cinta karya Blogger Energy.
---

Cerita Cinta Unyu 1:
Paket Cinta dari Linn - @sandalpedottt / www.sandalpedottt.blogspot.com

Cerita pertama di buka oleh cerita cinta dari Arie Suryawinata. Disana Arie menceritakan bagaimana dia menerima hadiah ulang tahun yang tidak biasa dari mantan pacar nya yaitu Linnda Maharani. Hadiah ulang tahun yang diterima Arie bukanlah barang kesukaan dia ataupun hadiah yang biasa diberikan seorang wanita kepada cowoknya yang sedang ulang tahun. Melainkan sebuah kata ‘PUTUS’ yang diterima Arie tepat pada tanggal kelahirannya tersebut. Disana juga diceritakan bagaimana proses penerimaan cinta Arie dari Linn yang juga tidak biasa. Penasaran kenapa Linn begitu tega memberikan sebuah hadiah kata ‘putus’ terhadap Arie tepat pada saat hari ulang tahunnya? Silahkan baca sendiri di buku Asem Manis Cinta...

“Dari cerita Arie gue pun bisa mengambil hikmah, bahwa cinta itu bisa menyatukan dua hati kapan saja, dan juga bisa memisahkan dua hati tersebut kapan saja. Pacaran juga bukan hanya tentang sayang-sayangan dan cipokan belaka, melainkan kita juga harus mampu melewati masa-masa tersulit dalam pacaran.”
---
Cerita Cinta Unyu 2:
Cintaku di Ujung Angka 13 - @meifariwis / www.meimeiwulandari.blogspot.com

Ini adalah cerita cinta dari kak Mei dengan seorang lelaki bernama Bintang. Rasa sayang yang tulus dari Lelaki itu lah yang membuat mereka bersatu, meskipun pada awalnya Mei tidak cinta kepada lelaki tersebut. Tapi, ‘witing trisno jalaran soko kulino’ (cinta ada karena terbiasa). Mereka berdua sering bersama sehingga cinta itu mulai tumbuh di hati kak Mei. Tetapi seiring mereka berdua pacaran, ada suatu masalah yang datang dalam hubungan mereka. Adat istiadat Jawa lah yang membuat masalah dalam hubungan mereka. Dan adat istiadat tersebut ada hubungannya dengan angka 13 yang sudah dianggap adalah angka sial. Apa hubungannya antara angka 13, adat istiadat Jawa, dengan hubungan mereka? Lalu bagaimana kah kelanjutan hubungan mereka berdua? Silahkan baca sendiri di buku Asem Manis Cinta...

“Hikmah yang bisa gue ambil dari cerita kak Mei ini adalah, cinta itu anugrah dari Tuhan dan bisa datang kepada siapa saja dan kapan saja. Jangan sampai kepercayaan atau adat istiadat bisa memisahkan cinta kita, karena gue yakin kok cinta yang kuat pasti bisa bertahan walaupun ada adat istiadat melarang cinta tersebut bersatu.”
---
Cerita Cinta Unyu 3:
Kisah Kasih Kasihan - @edotzherjunotz / www.edotzherjunotz.com

Di bab ini kita bisa membaca cerita cinta yang sangat asem dari ranger biru, Bang Edotz. Ceritanya bermula ketika Edotz memasuki SMA dan dia ingin sekali mempunyai pacar. Sampai di waktu pagi di sekolahnya, dia melihat sosok cewek bernama Tiara yang menarik perhatiannya. Edotz pun ingin mendekati cewek tersebut, tetapi dia tidak punya nyali yang cukup besar. Sehingga mau tidak mau Edotz meminta bantuan kepada Arif untuk mencomblangkan mereka berdua. Ending dari cerita Bang Edotz sangatlah asem dan sedikit agak pahit. Ternyata cinta Bang Edotz pun tidak sepadan dengan pulsa 25.000 rupiah. Lalu bagaimanakah kisah cinta mereka? Apakah Edotz dan Tiara menjalani sebuah hubungan atau tidak? Silahkan baca sendiri di buku Asem Manis Cinta...

“Hikmah yang bisa gue ambil dari cerita cinta Bang Edotz adalah; ketika kita ingin mencari pasangan, seharusnya dengan hati-hati dan memilih yang pas di hati, bukan malah mencari pasangan karena keinginan ‘untuk mempunyai pacar’. Sebenarnya melalui masa SMA tanpa pacar pun juga tak apa kok.”
---
Cerita Cinta Unyu 4:
Ketika Santri Gaul Jatuh Cinta - @fauezhiie / www.afauzii.blogspot.com

Di cerita kali ini kita akan membaca cerita cinta dari seorang santri yang mempunyai hobi melihat orang pacaran. Agak aneh memang. Dan selain dia mempunyai hobi ngeliatin orang pacaran, dia pun bangga dengan status jomblonya sejak lahir. Oke, ini cerita dari santri bernama Fauzi yang iri melihat temannya yang sudah mempunyai pacar, namun dia sendiri masih jomblo. Akhirnya Tuhan mempertemukan Fauzi dengan cewek lewat jejaring sosial facebook. Cewek tersebut sangat cantik (kalo diliat dari foto profil). Lalu mereka berdua pun bertukar nomor hp dan berhubungan lewat sms dan telfon. Kedekatan mereka berjalan selama 3 tahun, tetapi mereka belum pernah sama sekali bertemu, mereka hanya berhubungan lewat sms dan telfon doang. Lalu, apakah Fauzi berhasil melepas status jomblonya dan berhubungan dengan gadis yang dikenalnya lewat facebook tersebut? Silahkan baca sendiri di buku Asam Manis Cinta...

“Hikmah yang bisa gue dapet dari cerita Fauzi adalah; jangan lah kita tertipu dengan foto profil seseorang di jejaring sosial apapun. Dan satu yang paling penting dari cerita ini, jangan sampai kita melakukan kesalahan sepele yang bisa membuat hubungan kita dengan seseorang berakhir.”
---
Cerita Cinta Unyu 5:
Pe-Ha-Pe - @terlahir_cupu / www.tulisan-cupu.blogspot.com

Di cerita ke-5 ini ada sedikit kemiripan cerita cinta yang juga pernah gue alami persis. Cerita cinta Wayan ini berawal dari sms (alay) yang nyasar masuk ke nomor hpnya. Dan ternyata itu adalah sms dari adik kelasnya, Indri. Wayan pun nyaman sekali smsan dengan Indri dan selalu terbayang-bayang dengan sms dia. Akhirnya, Wayan pun memutuskan untuk putus dengan ceweknya. Di kala galau karena baru putus, Indri pun kembali datang dan menghibur Wayan. Kemudian, mereka berdua semakin dekat dan memutuskan untuk ketemuan. Sepertinya endingnya sudah bakal gampang di tebak kalo Wayan akan diphp oleh adik kelas nya, Indri. Tetapi, php seperti apakah yang akan dialami oleh wayan? Silahkan baca sendiri di buku Asem Manis Cinta...

“Hikmah yang bisa gue ambil dari cerita di bab ini adalah; jadi cowok jangan terlalu geer dan terlalu ngarep. Udah geer, ngarep pula, kasian banget ya. Gue ngomong gitu karena gue sendiri pernah ngalamin. Tapi ada baiknya juga, lebih baik di php kok daripada harus mencintai diam-diam karena orang yang mencintai diam-diam tidak pernah punya kesempatan untuk mengungkapkannya.”
---
Cerita Cinta Unyu 6:
Cinta Benar Salah - @yooghaS / www.yogasena.com

Di bab ini kita bisa mengetahui perjalanan cinta dari Ranger Merah, Bang Yoga. Disini Bang Yoga menceritakan kisah cintanya saat masa SMA. Tepatnya menceritakan kisah cinta dengan mantannya di waktu SMA dulu. Berawal dari jejaring sosial facebook, Yoga pun bertemu dengan seorang cewek bernama Vani. Hubungan mereka awalnya hanya sekedar lewat pesan di facebook karena Vani pada waktu itu masih mempunyai pacar. Hingga akhirnya Vani pun putus dengan pacarnya, dan inilah kesempatan Yoga untuk mendekati Vani. Hubungan mereka sudah terjalin selama 8 bulan dan Yoga dan Vani pun semakin dekat. Hingga akhirnya Yoga pun mengajak Vani ketemuan dan mereka berdua menuju pantai yang sangat indah. Disana Yoga menyatakan cintanya kepada Vani secara konyol. Lalu bagaimana kelanjutan kisah cinta mereka? Apa kah mereka berdua akan menjalani hubungan? Silahkan baca sendiri di buku Asem Manis Cinta...

“Hikmah yang bisa gue ambil dari cerita Bang Yoga adalah; ketika kita sudah mempunyai janji-janji manis  kepada pasangan kita, maka jangan sampai kita mengingkari semua janji tersebut esok hari. Karena di cerita ini gue merasakan sendiri bagaimana pahitnya orang yang janjinya diingkari. Tetap pegang janji tersebut sampai kapanpun, karena janji adalah hutang yang harus dibayar.”
---
Cerita Cinta Unyu 7:
Hal sepele apa apa aja sih yang bisa bikin orang pacaran berantem (P-U-T-U-S)? - @ichsanrmdhni / www.ayam-sakit.blogspot.com

Di bab ke-7 ini kita akan sedikit dibuat tertawa oleh tulisan Ichsan. Dia juga adalah si penulis buku Ayam Sakit. Pasti dari kalian pas ngebaca bab ini akan manggut-manggut sendiri, karena kemungkinan besar kalian pernah mengalami hal-hal sepele di bab ini yang menyebabkan kalian berantem dengan pasangan. Mau tau hal-hal sepele apa saja yang bisa bikin kita berantem dengan pacar? Baca sendiri di buku Asem Manis Cinta...

“Hikmah yang gue ambil dari bab ini adalah; jangan sepelekan hal-hal kecil atau sepele dalam suatu hubungan. Bisa saja hal-hal sepele tersebut bisa membuat kalian putus. Udah gitu aja...”
---
Cerita Cinta Unyu 8:
Cuplis Bikin Miris - @bayubuna_ / www.bayubuna.com
Kalian bisa membaca cerita cinta dari Ranger lagi di bab ini. Cerita cinta dari Ranger Hitam, Bang Bayu. Cerita ini berawal dari Bayu yang suka dengan kakak kelasnya. Awalnya Bayu hanya berani melihat cewek tersebut dari jauh dan selalu menghayal yang indah-indah dengan cewek tersebut. Bahkan Bayu rela datang pukul 6 pagi, padahal sekolah masuk pukul 7, demi melihat dia dari kejauhan. Dan akhirnya suatu hari, Bayu pun menyatakan cinta kepada cewek tersebut. Tapi disaat kata-kata ‘cinta’ itu akan keluar dari mulut Bayu, petaka pun datang. Teman Bayu yang bernama Cuplis memanggil cewek tersebut untuk foto-foto. Hilang sudah kesempatan Bayu untuk menyatakan cinta pada saat itu. Lalu, bagaimana kelanjutan ceritanya? Apakah Bayu akan menyatakan cinta lagi di lain hari? Silahkan baca sendiri di buku Asem Manis Cinta...

“Dari cerita di bab ini, gue bisa mengambil hikmah; ketika kita akan menyatakan cinta kepada cewek, janganlah terlalu banyak basa-basi, dan usahakan pada tempat yang terhindar dari gangguan apapun. Bisa saja gangguan sepele itu bisa membuat kita menyesal di kemudian hari. Satu lagi, terkadang teman pun bisa menjadi lawan dalam urusan cinta.”
---
Cerita Cinta Unyu 9:
Ten Minutes - @amii_potaboga / www.stellablueoceania.blogspot.com

Di bab kali ini kita akan melihat cerita cinta yang sangat unik dari Ima. Cinta yang tumbuh dengan sangat cepat. Berawal dari Ima yang mengikuti demo penolakan kenaikan harga BBM dengan teman-teman mahasiswanya. Hingga akhirnya hujan pun turun membasahi kepala mereka yang sedari tadi memanas. Akhirnya Ima pun memutuskan untuk kembali ke kampus. Ditengah-tengah perjalanan dengan di guyur hujan, Ima bertemu dengan cowok yang tidak di kenalnya tetapi memakai almamater yang sama dengan dia. Melihat Ima yang berjalan sendirian dan kehujanan, cowok tersebut pun memayungkan jas almamaternya untuk melindungi Ima dari hujan. Lalu bagaimana kelanjutan cerita cinta dari mereka? Silahkan baca sendiri di buku Asem Manis Cinta...

“Hikmah yang bisa gue ambil dari bab ini adalah; cinta bisa tumbuh kapan saja dan dimana saja, bahkan dari hal yang sangat sepele. Cinta juga terkadang tidak butuh waktu yang lama untuk tumbuh dan bersarang di hati seseorang. Jika cinta datang, maka siap tidak siap kita harus menerimanya, sekalipun itu datang dari orang yang tidak kita kenal dan hanya terjadi selama 10 menit. Seperti cerita di novel LONDON karya Windry Ramadhina yang pernah gue baca, terkadang seiring turunnya hujan, ada malaikat dari surga yang turun menyertai hujan tersebut. Dan dicerita ini, mungkin Ima sedang bertemu malaikatnya ketika hujan turun membasahi dirinya.”
---
Cerita Cinta Unyu 10:
Penembakkan Kelabu - @nurulprayoga / www.ogaindonesia.blogspot.com

Di bab ini kita akan disajikan cerita cinta dari Bang Yoga. Jauh dari cinta dan memiliki pengalaman buruk dengan hal yang berkaitan dengan cinta membuat Yoga bertekad untuk berhasil di dunia percintaan pada masa kuliah. Yoga bertemu dengan seorang cewek teman seangkatannya pada saat bakti sosial ke sebuah panti jompo. Kebetulan mereka berdua adalah panitia. Berhubung mereka berdua adalah panitia, akhirnya mereka pun bertukar nomor hp untuk sharing hasil dokumentasi, dan disinilah cinta itu mulai tumbuh. Mereka berdua pun saling berkomunikasi dan merasa nyaman satu sama lain. Akhirnya Yoga pun merasa kalo cewek itu juga menyukainya, dan akhirnya memutuskan untuk menembak cewek tersebut. Tapi ketika mendekati hari penembakan, ternyata Yoga dihadapkan kenyataan yang pahit kalo ternyata cewek tersebut masih belum bisa move on dari mantan pacarnya. Lalu apakah Yoga akan tetap menyatakan cinta kepada cewek tersebut? Baca sendiri di buku Asem Manis Cinta.

“Hikmah yang bisa gue ambil dari cerita cinta Bang Yoga adalah; sekali lagi gue tekankan jadi cowok jangan selalu memiliki sifat kegeeran yang berlebihan. Ketika kita menganggap semua perhatiannya adalah bentuk rasa suka dari dia, itu adalah salah. Jangan terlalu cepat menganggap seorang cewek yang memberikan perhatian lebih, cewek tersebut juga suka kepada kita. Ketika kita sudah memiliki sifat kegeeran yang berlebihan, maka suatu hari, kita pasti akan merasakan sakit hati yang disebabkan dari sifat kegeeran tersebut.”
---
Cerita Cinta Unyu 11:
My Pinky Boy - @eva_dino / www.dhynasaurus.blogspot.com

Cerita dari bab ini adalah cerita yang sangat unyu dari kak Eva. Berawal dari Eva yang menjadi anggota osis dan mengharuskan dia untuk menjadi panitia MOS. Ketika hari mos itu berlangsung, Eva menemukan seorang cowok yang mengikuti MOS tapi penampilannya sangat berbeda dengan yang lainnya. Cowok tersebut berpenampilan serba pink, sangat berbeda dengan cowok pada umumnya. Eva menyebutnya Si Pinky Boy. Pada MOS di hari yang terakhir, Eva pun pulang terlalu larut malam, ketika dia menunggu jemputan dari kakaknya datang, Si Pinky Boy pun datang untuk mengajak Eva pulang bareng. Dari situlah mereka berdua dekat. Selama satu bulan setelah kejadian itu mereka berdua semakin dekat dan akhirnya pun menjalin sebuah hubungan. Lalu bagaimana kelanjutan hubungan mereka? Ending di cerita ini sungguh tidak bisa ditebak, awal cerita memang sangat manis, tapi endingnya sangat asem, bahkan bisa dibilang pahit. Penasaran? Silahkan baca sendiri di buku Asem Manis Cinta...

“Hikmah yang bisa gue ambil dari cerita ke-11 ini adalah; jangan lah sekali-kali kita hanya menilai seseorang dari penampilan luar nya saja. Bisa saja sifat asli dari orang tersebut justru berbalik 360 derajat dari penampilannya. Jadi, sebaiknya jangan terlalu cepat untuk menilai orang. Apalagi dalam masalah cinta.”
---
Cerita Cinta Unyu 12:
DIA - @efnumu / www.bharockisme.com

Ini adalah bab cerita cinta terakhir. Buku Asem Manis Cinta ini ditutup dengan cerita cinta dari Efnu. Disini Efnu menceritakan sosok spesial di masa lalunya dan Efnu menyebut sosok ini adalah ‘Dia’. Semuanya berawal dari berkenalan di facebook layaknya remaja lainnya. Efnu yang awalnya tidak mau ketemuan dengan Dia, akhirnya memutuskan untuk ketemuan pada saat malam tahun baru. Dan setelah beberapa minggu  dari mereka ketemuan pada saat malam tahun baru itu, mereka berdua akhirnya jadian. Setelah mereka jadian, Efnu mengetahui kalo sebenarnya Dia itu beda dengan cewek lainnya. Yaa, Dia indigo, alias bisa melihat makhluk-makhluk halus. Lalu bagaimana kelanjutan cerita mereka? Silahkan baca sendiri di buku Asem Manis Cinta...

“Hikmah yang bisa gue ambil dari cerita ini adalah; setiap orang diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Terkadang kekurangan dari pasangan kita itu memang terlihat sangat aneh dan berbeda dengan orang pada umumnya. Tetapi, bagaimanapun kekurangan pasangan kita, kita harus bisa menerimanya.”

---

Hufft, akhirnya selesai juga. Itulah sedikit review buku Asem Manis Cinta dari gue dengan hikmah yang gue dapat dari setiap bab nya.
Jujur, gue sudah dua kali baca buku Asem Manis Cinta, dan tidak merasakan bosan sedikitpun. Jika dari kalian masih ada yang belum punya buku Asem Manis Cinta ini, kalian adalah orang yang merugi. Karena di buku ini bukan hanya sekedar menceritakan manis dan asem nya kisah cinta para remaja doang, tetapi di buku ini, kalian juga akan mendapatkan hikmah yang luar biasa dari cerita-cerita cinta unyu di dalamnya. Gue jamin kalian tidak akan menyesal telah mengeluarkan uang sebesar 40.000 rupiah untuk membeli buku ini.
Bagi yang belum punya buku ini, segera sisihkan uang 40.000 rupiah dan berangkat ke Gramedia untuk membeli buku ini, sekarang. Dan untuk para member Blogger Energy, kalian WAJIB punya buku ini, karena ini adalah buku kebanggaan kalian. Dengan hanya 40.000 rupiah kalian sudah mengapresiasi karya dari keluarga kalian di Blogger Energy.
Baiklah, sekian dari gue, salam zamzam!

Penulis: Maz Reyza Zamzamy
Twitter: @mazreyzaz

Review: Asem Manis Cinta Blogger Energy Review: Asem Manis Cinta Blogger Energy Reviewed by Blogger Energy on 23:03 Rating: 5

22 comments

  1. saya sudah punya bukunya..alhamdulillaaaaah.jadi nggak bakal di ledekin bukan orang blogger energy tulen..

    kalau menurutku sih...menurutku lho ya...cerita dari mas arie yang paling keren...
    yang lain juga keren sih...keren banget,,,kalau nggak keren mah buku ini nggak bakal laku keras seperti sekarang....

    semoga nanti menyusul buku dari anak-anak blogger energy yang selanjutnya...amiin

    ReplyDelete
  2. wah gue jadi pengen bingits baca ni buku.. trus buat reveiw kayak gini... tapi gue belum sempet ke gramed... sabar yo,,,

    ReplyDelete
  3. ehhh.,,, mupeng sama bukunyaa aaakkk :3 seriusan vina belum punya bukunya -_-

    kalau bahas soal percintaan rada berat memang.. semangat bang edott kejedot:D

    ReplyDelete
  4. Aku udah punya bukunya cuman memang baru baca sekali belum dua kali. Dari semua cerita menurutku kisah paling romantis yang Ten Minutes. Menurutku sebagai cowok, kalo cowok udah mayungin cewek pas hujan itu udah termasuk aksi gak keduga sih.

    ReplyDelete
  5. Jadi pengen beli nih.. Tapi, belum ada duit. Ada yg mau ngasih duit ke gue gak, buat beli buku itu? Hehe~

    ReplyDelete
  6. Review yang super..
    keren dibahas per bab sekaligus ngambil pesan moral di tiap bab... semoga semakin banyak yg tercerahkan kalo buku Asem Manis Cinta itu syahdu~

    ReplyDelete
  7. keren ya reyza sekarang tulisan-nya udah di muat disini :D
    Review-nya bagus banget, bikin penasaran buat yang pada belum baca. Hikmah yang di ambil dari setiap bab nya juga bagus, pasti bacanya sungguh-sunggu dan semangat :D semoga bisa ikutan NBBE yang kedua ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ayoo dong kamu juga kirimin tulisan kesini juga...
      oh iya, kamu udah punya buku Asem Manis Cinta belom? kalo belom, ndang beli gih.

      Delete
  8. akhirnya tulisan saya bisa terbit di blog BE, yaa meskipun sekedar review buku Asem Manis Cinta. semoga kalian semua makin suka sama buku Asem Manis Cinta yaa. ingat, buku Asem Manis Cinta isinya bukan hanya cerita-cerita cinta yang galau dan absurd doang, tetapi kalian juga bisa memetik banyak hikmah dan pelajaran dari setiap bab ceritanya.

    so, buat kalian yang belum punya buku ini. buruan beli!
    kalian belum kece kalo belum baca buku ini sampek habis :D

    ReplyDelete
  9. Salah sati cara simple bikin orang sumringah itu ya beli buku ini, apalagi kalo sampe ngereview segala, pasti baca gak bisa kalo cuma sekali. Kalo niatnya gak super pasti ogah-ogahan. Maz reyza emang keren.

    Apalagi reviewnya perbab, ada semacam pesan moral bagi diri sendirinya lagi. Behh, matep dah,,

    ReplyDelete
  10. Wah gue belom punya bukunya. -__-

    Eh gue saran nih, gimana dalam rangka promo buku ini, tiap minggu diadain #TwitTalk bareng penulisnya. Jadi 1 minggu satu penulis yang diwawancara di twitter ngomongin isi bukuny (sesuai bab tentunya). Jadi yg belum baca jadi dapet review langsung dari penulisnya. :D

    ReplyDelete
  11. Hal pertama yang selalu gue lakuin kalo lagi di gramedia... langsung ke komputer pencarian buku, ngecek masih berapa buku Asem Manis Cinta, dan perlahan-lahan habis dibeli pembeli, bangga pokoknya :D

    ReplyDelete
  12. Tadi aku abis muter-muter toko buku di Cepu, kak. Dari Bravo supermarket, Pustaka2000, sampe ke toko buku di pinggir jalan juga nggak ada buku Asem Manis Cinta. :(
    Gimana dong, kak? di kotaku nggak ada gramedia nih. Kalo mau order, harus hubungi siapaaa??? :(

    ReplyDelete
  13. Menulis review emang harus ada unsur yang bikin pembaca penasaran untuk ikut melahap bukunya. Selamat untuk Maz Reyza yang sudah berhasil melakukan itu, dengan gaya penulisan unik pula.
    BTW, sebagai cewek, gue pernah ngalamanin gak suka ditembak di saat tak tepat. Di depan orang lain. Gue gak suka itu, gak romantis, hehe.Jadi ingat masa remaja yang masih labil-labilnya.

    ReplyDelete
  14. review yang keren Za.. baca review ini bikin orang penasaran dan bikin orang segera pengen beli buku Asem Manis Cinta ^^

    bangga banget nih jadi anggota BE.. BE emang keren.. saking kerennya, tiap kali aku ke Gramed selaluuuu abiss kalo engga ya stok nya kosong.. apaan coba.. padahal kan aku juga pengen punya.. kalo belom punya ntar malah diledekin :D

    ReplyDelete
  15. macam mana biar bisa punya bukunya :D biar ikutan gaul.. kayaknya kuranggaul kalau belum punya bukunya :|

    ReplyDelete
  16. di gramed palembang gak ketemu rak nya dimana njer -_- padahal jumlahnya masih ada.
    haha

    ReplyDelete
  17. cerita yang gue banget dari beberapa cerpen yang ada di buku ini, dan yang udah gue baca adalah ceritanya bang Yoga. gue pernah ngalamin hal kaya gitu dulu bangeet duluuu sebelum dinosaurus bisa bertelur.

    ReplyDelete
  18. gue juga udah bacaaa. udah review juga. keren-keren pokoknya. bangga juga rasanya bisa baca dan turut mengapresiasi karya temen sendiri. beda deh pokoknya dari baca karya orang lain. :)
    kalo direview kayak gini mudah-mudahan bakalan bikin gyerz yang belum pada punya jadi buruan pengen beli. hehe. harus dari gyerznya duluan nih yang mulai. biar makin laris dipasarannya. trus kan ntar bisa dibuka lagi NBBE part 2nya.

    ReplyDelete
  19. reviewnya keren ,di jelasin satu persatu babnnya. jujur gue sendiri gak bisa biki kek gini :v btw akhirannya hina banget bikinn penasaran oranng-___________-... "Silahkan baca sendiri di buku Asem Manis Cinta..." -____________-

    ReplyDelete
  20. Gue udah beli tapi belum baca sampe abis :|
    Mungkin bisa dimanfaatin buat nemanin nunggu waktu buka puasa nanti :)))

    ReplyDelete
  21. Ohh jadi buku ini dari anak2 BE juga ya? bangga tuh pasti yang bisa dimuat disitu :D gue belum punya bukunya ni -_- ada yang tau gak gramedia daerah magelang jogja yang ngejual buk ini? :o

    ReplyDelete