Header AD

[Tips BE] Biar Nggak Kecopetan di Angkutan Umum


Belakangan ini banyak terjadi aksi pencopetan. Banyak yang kehilangan handphone, uang, perhiasan dan hati. Oke, yang terakhir lupakan. Lagian siapa juga yang mau nyopet hati yang kosong. Hih.. yang paling sering terjadinya aksi pencopetan adalah di angkutan umum.  Modusnya bermacam-macam: mulai dari mepet-mepet sang korban, pura-pura mengambil uang pada saat ditagih ongkos kemudian tangannya masuk ke dalam tas atau dompet, sampai dengan melakukan hipnotis. Ngeri yah...

Berawal dari banyaknya kasus pencopetan yang menimpa mahasiswa di angkutan umum, Tebe sebagai mahasiswa yang ganteng dan bersahaja merasa prihatin... dengan modus yang bermacam-macam mereka mengambil uang atau handphone mahasiswa. Mereka memang tidak ber-peri-kemahasiswa-an. Sebagai mahasiswa sekali lagi, Tebe prihatin karena tahu kalau dompet mahasiswa itu nggak setebal dompet bapaknya. Tebe tahu karena dompet Tebe tipis persis kayak kertas HVS.

Akhirnya dengan mengalami sendiri bagaimana situasi dan kondisi di angkutan umum. Tebe punya tips supaya nggak kecopetan di dalam angkutan umum. Simak baik-baik, kalau perlu baca ayat kursi dulu..

Cekidot..

  • Perhatikan posisi duduk

Posisi duduk akan menentukan keberhasilan para pencopet. Makanya hati-hati kalau kamu mau duduk. Usahakan duduk di depan atau di tengah, dan jangan berdampingan dengan orang yang mencurigakan. Duduk di depan pak supir itu sangat aman, karena jarang copet yang duduk di depan, kalaupun ada mungkin aja copetnya si mamang supirnya.

  • Jangan duduk di belakang

Kejahatan terjadi karena ada kesempatan, dan posisi duduk di belakang adalah posisi paling strategis bagi para copet untuk melakukan niat busuknya. Jangan duduk di belakang, apalagi duduk di belakang mobilnya. Duduk di belakang resiko kecopetannya 90%, karena jarang ada orang yang ngeliat ke belakang. Apalagi kalau ternyata di belakang ada mantan kita. Duh, ngomongin mantan lagi.

  • Simpan barang berharga di dalam tas

Simpan barang berharga seperti uang, ATM, KTP, SIM, KTM, kartu AlfaMart, kartu Timezone, struk belanjaan dan sebagainya, termasuk handphone. Jangan suka pamer kalau di mobil, kecuali mobilnya punya sendiri (yaiayalah). Dengan kalian pamer barang berharaga yang kalian punya, berarti kalian udah ngasih tau kalau kalianlah korban yang selanjutnya. Makanya jangan pamer, kalau ilang baru tahu rasa!

  • Perhatikan penumpang yang mencurigakan

Ketika kita udah berada di dalam angkutan umum, biasnya kita nggak aware siapa dan berjenis kelamin apa penumpang yang masuk. Padahal dengan memperhatikan penumpang lainnya kita bisa sedikit tahu apakah mereka copet atau bukan. Mukanya keliatan kok kalau copet biasanya matanya beringas, ada juga yang bermuka mengenaskan. Mungkin itu copetnya jomblo.

  • Cari mobil langganan

Cara ini adalah cara yang menurut Tebe paling bagus. Kenapa? Dengan sudah tahu kalau mobil yang kita tumpangi itu aman sudah pasti kita sendiri bisa terhindar dari makhluk mengerikan bernama copet. Usahakan mobil yang menjadi langganan itu udah terbebas dari copet. Kan percuma juga kalau mobil yang jadi langganan ternyata langganannya si copet juga. Itu sama aja kayak udah tahu cabe pedes pake dicolokin ke mata. Kan, blunder.

  • Jangan pacaran di angkutan umum

Yang terakhir usahakan kalian jangan pacaran di angkutan umum. Kenapa? Kalau copetnya jomblo kan bahaya juga. Selain mencederai hati sang copet kalian juga telah mencederai hati yang buat artikel ini. Sebenarnya alasannya bukan itu aja. Karena ketika kalian berduaan dengan pacar, ngobrol dengan mesra-mesraan, kalian nggak sempet merhatiin gerak-gerik mencurigakan para copet yang ada di mobil itu. So, mending jomblo aja biar aman, #Tetep #JombloNyariTemen.

----

Oke, segitu dulu tips dari mahasiswa yang tahun depan bakal ngerjain skripsi dan lulus dengan nilai memuaskan. Amin. Semoga dengan membaca tips di atas kalian jadi aware, lebih waspada, lebih ganteng/cantik dari biasanya dan bertoleransi dalam berasmara.  Iya, dengan membaca tips no 6, kalian akan tahu bagaimana rasanya menghargai orang kurang asupan kasih sayang dan perhatian.

Inget aja kata-kata Bang Napi dulu di acara Silet… ehh bukan. Di acara berita kriminal gitu, di tipi sebelah. Dia selalu berpesan.

“Kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan” –Bang Napi

Kemudian, bang Maman tukang somay keliling antar provinsi ikut-ikutan nyumbang quote.


“Kejahatan bisa terjadi dimana saja, di mall, di halte, di pasar dan di angkutan umum dan bisa juga di hati ku” –Bang Maman (tukang somay)

Wasalam….
[Tips BE] Biar Nggak Kecopetan di Angkutan Umum [Tips BE] Biar Nggak Kecopetan di Angkutan Umum Reviewed by Blogger Energy on 00:22 Rating: 5

23 comments

  1. Haha ada ada aja nih Tips nya tapi keren bangat kaka membantu dah agar semua untuk berhati hati jika menaiki angkot .

    ReplyDelete
  2. Bener banget, posisi yang aman biar gak dicopet itu bisa duduk di depan supir, kalo mau lebih aman lagi minta pangku aja sama supirnya.

    Cieee yang bentar lagi punya hubungan baru, meskipun sama skripsi tahun depan. Moga aja lancar,dan masih sempet ngurusin blog, maupun blog BE.

    ReplyDelete
  3. Waspadalah! tapi jujur selama saya di Malang, naek angkot selalu aman sentosa kok.

    Makasi banyak tipsnya Blog Energy

    ReplyDelete
  4. Ini kayaknya yang nulis Kapik deh. Ngomonginnya #JombloNyariTemen mulu hahaha.

    Eh tapi makasih Be tipsnya. Iya ini bermanfaat banget buat aku terutama yang suka keluyuran sendirian kalo pacar lagi kerja. *jangan protes kalo curhat*

    Aku paling setuju sama tips duduk di depan dan simpan barang berharga di tas. Lebih aman lagi duduk di depan supirnya. Iya, di luar mobil. paling sebel liat orang di angkot tapi sibuk telinga dicocokin headset. Tangan anteng sama iphone. Ternyata headset itu dicolokin sama tab-nya. Aih.. Itu kan ngundang kejahatan banget ya Be-_-

    ReplyDelete
  5. Sebenernya sih ini pinter2nya kita jaga diri dan melihat situasi dan kondisi. Gue sebagai pecinta pojok aman2 aja selama duduk di pojok, karena gue copetnya wkekw. Ga deng. Intinya sih jangan peduli sama penumpang lain, tetep sadar sama barang bawaan, dan jangan make earphone apalagi make speaker angkot buat dangdutan. Aduh, aku jayus.

    ReplyDelete
  6. Ini tipsnya berguna banget buat para jomblo yang enggak punya pasangan yg di bonceng kalo lagi naek motor sendirian, jadinya naik angkot. Sungguh tidak elegan.

    Tapi terlepas dari itu semua, kadang kejahatan muncul bukan karna ada kesempatan tapi karna kita sendirinya yang "mancing" mereka untuk bertindak kejahatan. Biasanya sih cabe - cabean suka pamerin gadget, terus kalo diambil orang malah teriak - teriak sambil nyumpahin yang ngambil. Dalam hal ini yang salah bukan yang ngambil tapi yang "mancing"
    Jadi ini pelajaran buat kita semua biar gak terlihat terlalu mencolok kalo mau mau pergi kemana - mana. Cukup pakek kancut sama bawa ransel udah dijamin bebas dari pencopetan dan penjambretan hahahaha

    ReplyDelete
  7. Tips paling ampuh biar ga kecopetan di angkutan umum adalah dengan ga naik angkutan umum. :D

    berarti orang pacaran lebih rentan kecopetan ya? baru tau
    berarti kecopetan bisa jadi salah satu #efekpacaran

    ReplyDelete
  8. kalo gue malah sopir angkotnya...
    jadi ini tips udah gak berlaku buat gue, ya gue cuma berharap ada cewek yang naik ke pangkuan gue setelah baca tulisan ini.

    ReplyDelete
  9. Tips biar ga kecopetan di motor misalnya: taruh tas/ dompet di kresek item yang gede biar ga di jambret orang jahat. Kan ga ketauan tuh kalo isinya barang berharga Wkwkwk bagus kan ide gue ?? Ya iyaalaaah ~



    Eh tebee follow gue dooong jangan jahat maunya di follow doang hih !

    ReplyDelete
  10. Coba pacarin copetnya biar gak jadi korban.
    Atau kalo dari posisi duduk, coba duduk diatas angkot.

    ReplyDelete
  11. kalo yang nyopet ganteng, mungkin lain lagi ceritanya. bisa-bisa antara si pencopet dan korban yang akan dicopet bakal jadian di dalem angkot :D *ngaco*

    ReplyDelete
  12. iya, kejahatan lagi merajalela nih. ditempat gue yang gak ada kendaraan umum aja sering terjadi perampokan. jadi takut mau kemana-mana. bener banget tipsnya. apalagi masalah pamer. duh kalau udah kayak toko emas berjalan udah pasti peluang buat kecopetannya semakin tinggi. Tapi kejahatan hati itu lebih berbahaya kali ya. karna bisa meluluh lantahkan hati dan jiwa sekaligus. :D

    tapi ngomong-ngomong nama tukang siomaynya kok ngingetin sama masa lalu sihh? -_-

    ReplyDelete
  13. kalau dilihat dari tampang, pasti saya yang jadi tersangkanya muluh... ciri2 muka saya yang bermata ganas dan memelas ... tapi saya bukan copet loh.... sumpah...

    ReplyDelete
  14. paling aman emang duduk di depan samping supir.
    masalahnya adalah kalo tempat duduk itu sudah penuh.
    kalo duduk di atas angkot lebih aman lg kayaknya...

    ReplyDelete
  15. dompet gw tebel be, tapi nominalnya yang kecil :D
    tebelnya sama kertas pelet

    point terakhir gw setuju banget, ga tau kenapa, yang jelas kalo berurusan sama yang begituan gw setuju! haha *maksa

    ReplyDelete
  16. Cieee tau banget. Bukan mantan copet kan? *Dikeplak*

    ReplyDelete
  17. Awalnya sih tipsnya kece banget, tapi kenapa begitu kebawah malah jadi mendadak absurd ya? tapi bener juga sih ya kalau asik pacaran di angkot malah bikin mudah copetnya buat nyopet, tapi kalo pacarannya sama supirnya tetep aman kali ya, iya in aja deh.

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Tipsnya keren. Kecuali no 6, ketahuan banget yang nulis jomblo. Hahaha

    Kejahatan memang terjadi dimana mana. Supaya aman, memang barang berharga tidak dikeluarkan saat di angkot, atau sebelum naik angkot. Karena biasanya ada juga copet yang sudah ngincer kita dari sebelum naik angkot. Percaya deh. Hati hati dengan orang di sekitar kita waktu nyari angkot juga.

    Eh, sepertinya yang nulis Bang Maman ya? Quote nya keren banget? :p

    ReplyDelete
  20. ahh ketahuan banget nih kalo si Tebe lagi jomblo. jomblo yaa jomblo aja be gausa nyari temen. gue aja juga jomblo tapi juga gapunya temen. kasihan banget yaa gue udah jomblo gapunya temen juga *nangis dalam hati*.

    oke fokus, tips-tips diatas sangat bermanfaat banget buat orang-orang yang suka naik angkot. jangan sampe kita memberi kesempatan terhadap copet buat ngambil barang kita. kalo bisa barang berharga kita dikasih alarm saja. jadi apabila ada pencopet yang ngambil dompet kita, maka dompet tersebut otomatis langsung berbunyi wkwk.

    itu yang tips terakhir pacaran diangkot kalo menurut gue bisa juga dibikin senjata untuk para pencopet yang jomblo. kita perlihatkan kemesraan kita ke pencopet jomblo tersebut, dan otomatis si pencopet itu iri, galau, sakit hati, trus ga kuat melihat kita bermesra-mesraan, dan langsung pergi deh dari tuh angkot. ga jadi kecopetan kan wkwk. ini cuman berlaku kalo pencopetnya menderita jomblo stadium akhir.

    ReplyDelete
  21. boleh banget ni apalagi buat para angkot yang berkeliaran di kota kota gede karena pasti orang orangnya jga gede gede. -.-

    yaiayaaa ditaroh di dalam tas la mau ditaruh dimana lagi?? hahaha tapi bener sih jangan sok famerrr, kalo misal HPnya segede tipi juga jangan diusap usap mulu di dalam bis, jinnya keluar kagak malah pas turun udah raib tuh barang usap usap..khan sedih...

    nah, apalagi pacaran..itu khan famer banget. ntar yang dicopet pacarnya baruuuu tau rasa.

    gitu aja sih, salam para angkoters se Indonesia

    ReplyDelete