Header AD

Tipe Orang Komentar Di Blog


Tebe udah lumayan lama bertapa di dunia per-blog-an, jadi bisa dibilang Tebe adalah orang yang sangat relegius, meskipun gak ada korelasinya sama sekali antara lama di dunia per-blog-an sama orang yang relegius. Tapi demi kemaslahatan kinerja otak kalian, makanya masalah itu kita skip aja. Anggap aja gak ada apa-apa.

Gara-gara lama di dunia per-blog-an Tebe jadi paham banget orang-orang yang emang niat ngeblog atau cuma pengen main-main aja. Bagi yang pengennya main-main aja, ingat!!! Blog itu bukanlah wahana bermain, bukan Timezone, Amazone, apalagi Friendzone. Bukan cuma itu, Tebe juga jadi tahu beberapa tipe orang yang komentar di blog.

Listen to me, Gyerz!!

Si Pelit

Dari namanya aja udah ketahuan banget. Setiap kali dia ngasih komentar di blog orang pasti karakter hurufnya bisa dihitung pake kelopak bunga Rafflesia Arnoldi, komentarnya cuma seimprit doang. Dia salah satu orang yang memegang teguh kalimat, 'Singkat, padat, tapi gak berisi'.

Kalo ngasih komentar jangan pelit-pelit kenapa? Gak susah kok ngelakuinnya, tapi kalo emang niat cetek, ya susah. Tebe gak bisa maksain juga, semua kembali lagi ke personalnya masing-masing.  

Si Curhat

Misalnya tulisan yang ada di blog orang lagi ngebahas tentang diselingkuhin. Terus ada yang komen, “aku juga pernah diselingkuhin, asli, nyesek banget. Udah itu yang jadi selingkuhannya ibu aku sendiri lagi. Double nyesek jadinya”. Itu udah dapat dipastikan kalo orang itu masuk dalam tipe ini.

Pada hakekatnya kalo orang bikin tulisan itu mau dikomentari, baik itu pujian ataupun kritikan sekali pun, biar ke depannya tulisannya bakalan tambah keren, bukan buat mendengarkan curhatan orang. Bener gak? Tebe emang suka ngomong kayak gitu kalo habis nyium kolor kotor.

Sok Keren

Ada blogger yang ngasih komentarnya pelit, suka curhat, ada pula blogger yang kalo ngasih komentar itu sok keren. Maksudnya gini, dia pengen terlihat keren sama orang lain, makanya dia ngasih komentarnya panjang banget, saking panjangnya jadi gak kehitung panjang komentarnya berapa, tapi sayangnya komentarnya itu gak sesuai sama tema tulisannya. Tema tulisannya ngebahas tentang kegalauan, dia komentarnya malah ngebahas kalo Mardani mendadak jadi orang kaya. Jauh bingit, cuy!! Yang awalnya biar dicap orang sebagai blogger keren karena ngasih komentar panjang, jadi malah dicap orang pake stempel Lurah karena komennya gak sesuai tema. Hidup orang emang gak bisa ditebak.

Si Kepo

Tebe juga sering nemuin orang yang ngasih komentar di blog bertipe ini. Kalo ngasih komentar bukannya ngasih komentar malah nanya-nanya gak jelas, sok care, padahal semua pertanyaan yang ditanyain semua jawabannya udah ada ditulisan. Makanya kalo jadi orang baca dulu lah sampai selesai baru komen, paling cuma ngabisin beberapa menit doang. Niat sedikitlah, blogwalkingnya~

Si Peminta-minta

Ini tipe orang yang kalo ngasih komentar itu gak ikhlas, tiap kali ngasih komentar endingnya pasti selalu ada penampakan kalimat persuasif, "Komen balik ya, bro!". Padahal kalo yang punya blog emang ngakunya blogger sejati, kalo ada orang yang komen pasti bakalan dikomentari balik tanpa harus meminta-minta begituan. Bener gak?
***
Udahan, ah capek juga. Kayaknya segitu dulu deh, padahal masih banyak tipe-tipe orang yang komentar di blog yang Tebe temui, tapi entar aja, Tebe bakalan bahas di postingan selanjutnya aja. Tebe mau ke salon dulu, mau rebonding bulu mata.

Makasih banget buat kalian yang bacanya sampai sini dan gak cuma baca yang bagian boldnya doang. Kalian emang tahu gimana cara simple menghargai orang. Kalian emang keren! 

Kalo kalian nemui tipe orang komentar di blog selain di atas, tambahin aja di komentar biar makin tambah banyak tipe orang yang komentar di blognya.

Ditunggu, gyerz!!
Tipe Orang Komentar Di Blog Tipe Orang Komentar Di Blog Reviewed by Blogger Energy on 16:31 Rating: 5

34 comments

  1. gue paling najis sama si pelit... yah pokoknya kalo dia pelit sama gue, gue juga bakalan pelit sama dia... bukannya gue perhitungan, tapi semacam memberikan pelajaran. kalo sama komentator yang lainnya gue sih oke-oke aja... :D

    eh tapi sok keren juga kampret juga sih... udah belagu eh salah. seharusnya dia tengsin.

    ReplyDelete
  2. semuanya pnya ciri khasnya msing2.... :) hhhmmm...sy trkdang msuk dlam kategori pelit...pelit ksi komen kbnyakan klo bingung mau komen ap...

    pling sebel sma si Kepo.

    ReplyDelete
  3. Sebenernya mah udah ketahuan dari setiap komen-komen orang pelit. Ada dua kemungkinan, sih: 1. Males baca. 2. Cuman pengen berharap feedback doang. Gue, sih, gapapa ada yang ngasih komen pelit, mungkin aja artikel gue emang dasarnya kurang berbobot. Hehe. Jadi gue akan tetep ngasih komentar yang baik-baik aja. Hehe. Urusan niat dia komen atau nggak, kamu sama Tuhan aja yang tahu. :3

    Komentar sesuai subyek itu emang penting banget. Apalagi ditambahin oleh kritik maupun saran. Udah cakep pokoknya. Dan semoga dengan adanya tulisan ini membuat gue semakin tersadarkan bahwa komen berbobot itu juga penting untuk menambah daya semangat sesama blogger.

    ReplyDelete
  4. aku masih dibilang baru di dunia per-blog an. tapi aku juga pernah nemuin tipe-tipe orang yang kayak gitu, udah pada disebutin semua, jadi ngga bisa nambahin :D

    yah namanya juga manusia pasti mereka juga akan belajar dari kesalahannya. semoga dari postingan ini mereka bisa jadi lebih baik buat komentar yang berbobot dan yang pasti ngga pelit :D

    ReplyDelete
  5. dari 4 komentar diatas malah endingnya semoga ,, gue sih paling anti sama yg pelit komen terlepas dari panjang n pendek postingan si blogger yg dikomen, balik lagi sih sama sifat dan niat si blogger itu sendiri. dan kita juga gk bisa sama ratain smua blogger buat bisa komen puaaannjaaangg gk berisi or kementar dikit tp jelas. kalo semua komentator sama cara ngomentarinnya gk seru dong makanya ada tipe2 diatas. btw apapun itu niatin nge-blognya kalo mau dapet komentator yg berkualitas gk kayak tipe2 diatas. nice post ,,,, :)

    ReplyDelete
  6. ya kan tergantung jenis postingannya min, masa ada postingan yang di buat ala kadarnya harus di komentarin cetar membahana badai, ya bersikap proporsional aja *ayoo intropeksi dari duaa sisi* :D

    ReplyDelete
  7. haha, bisa jadi bisa jadi !!!

    (ini kateori mana min?)

    ReplyDelete
  8. Semoga aku bisa konsisten ngeblog dan BW ke BE. Ini postingan yang harus aku camkan agar konsisten. Masih bingung tentang konsep. Oke, bagiku sekarang adalah: GO AWAY! I HAVE A DEADLINE. Merasa gimana gitu setelah baca ini. Selamat untuk Dwi Sartikasari, Nurul Huda, dan Nurfadli Mursyid. Semoga konsisten. Dan emak bisa menyusul, hehe.

    ReplyDelete
  9. Itu komen salah ruang, tadi jaringan error. Aku tutup lalu buka lagi, lupa yang kebuka adalah bagian ini. Hehe, maaf. Oke, bicara soal komen. Sering kali aku bingung mo komen apa setelah bacanya. Kadang ada tulisan bagus yang sesuai minat dan bikin aku hepi untuk komen banyak. Kadang juga ada tulisan jebleh yang meski bagus isinya tapi kurang rapi EYD atau susunan kalimatnya sampai bikin pusing.
    Karena aku pendatang baru dalam dunia persilatan eh, perblogan, jadi gak biasa komen apalagi dikomenin. Blogku sepi komen jadi gak ada contoh. Dulu kalau BW ke mana saja, paling aku bagikan di FB. Tapi seiring waktu, sebagai pembelajar blog, aku berusaha agar bisa menjadikan komen kala BW sebagai kebiasaan. Gak silent reader. Lebih bocor komen di FB atau group FB.

    ReplyDelete
  10. Tipe orang komen di blog emang beda-beda, tapi yang beda itu yg bikin jadi rame, tapi jangan sampai komentarnya kesannya "asal komen aja" kasian juga yang bikin tulisan, lama, nguras otak, ditanggalinnya cuma segitu aja.

    Alhamdulillah udah pernah nemuin tipe orang yg komentar yang kayak begituan.

    ReplyDelete
  11. Si Peminta-minta itu yang gue gak suka.
    Kalo Si Pelit lumayan nyebelin juga sih, kadang yang kita perlukan itu kritik atau saran dia malah cuma ngasi dikit kata-kata, padahal gak bikin dompet boros kok.

    Mungkin ada satu kategori komentator lagi, komentator ala Chef Juna, singkat padat bikin nyesek :))

    ReplyDelete
  12. Satu lagi: orang yang komennya sama kayak komentar orang sebelumnya. Parahnya lagi, komen itu padahal udah dibales sama pemilik blog, eh masih aja ditanya. Mungkin namanya bisa dipanggil "Si Copas"

    ReplyDelete
  13. Itu namanya variety of comment kali ya. Kita juga harus lihat dari sisi lainnya. Ada yang blogwalking dengan ninggalin komen juga perlu diapresiasi. Kalau komennya pas menurut kita yo syukur. Kalau masuk tipe-tipe diatas yooo setidaknya dia mau meluangkan waktunya buat 'nulis' komen, plus kalau masih sesuai dengan isi postingannya.

    Gitu sih kalau menurut saya. Hahhak. Happy blogging everyone!

    ReplyDelete
  14. aduh, aku jadi was was, aku kira kira yang maneee..kok ga ada yang baguuusss gyersss??? mana yang misal komentator berhati mulia, atau komentator penuh cita kasih terhadap sesama, komentator cinta lingkungan..yaaa..yg kayak begituuu @.@

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga ya.. tipe orang yang berkomentar bagus kok nggak ada -_-

      Ada satu lagi, kalo komentar yang dibaca bukan postingan, tapi berdasarkan komentar-komentar yang udah ada.

      Delete
  15. Iya, sama tuh pertanyaan gue kayak Meykke, kok nggak ada yang tipe komentar bagusnya, be??? <- Bukan kepo :))

    Tapi bener juga, sih. Apalagi yang tipe pelit, seakan-akan dia buka blog kita itu bukan sengaja, tapi karena nggak sengaja kepencet. Jadi komennya ya seadanya aja, bahkan mungkin postingan kita nggak dibaca...

    ReplyDelete
  16. hahaha... gue ketawa dengan mulut ketutup nah loh :D

    Wuihh... kayaknya semua tipe orang yang di jelasin di atas udah pernah nibrung semua ke blog gue... ya gue juga kena sih :D

    Kalo gue terserah sih buat kalian mau komen pake tipe mana, yang penting komentarnya nyambung ama isi tulisan. Tapi kembali lagi, orang yang punya blog bakalan bahagia banget kalo komentar lo berbobot dan membangun. Jadi tinggal kita yg milih mau yg biasa atau yang bermanfaat.

    Tapi kalo ada blogger udah pernah nerapin semua tipe di atas, pasti namanya tipe multitalent

    ReplyDelete
  17. kalau ane , tipe sok keren. uupsss

    ReplyDelete
  18. Yang intinya sih, kalo komentar jangan ngasal. Dengan begitu aja penulisnya pasti udah seneng.

    ReplyDelete
  19. Memberi komentar sama dengan menberi perhatian. kalo kita nih ya, sebagai seorang blogger personal, kalo tulisan kita di beri komentar yang bagus, masukan untuk lebih baik dari hari ke hari, dll, pasi si blogger jadi tambah semangat ngeblognya.
    tapi kalo udah di komen asal-asalan, pelit, dsb, kelihatan bener ngomen cuma sebagai tuntutan komunitas. bisa dibilang nggak ikhlas. cuma nongolin wajah doang, udah.

    Semoga Blogger Energy makin solid buat kedepannya...

    ReplyDelete
  20. Jadi bingung mau ngoment gimana -_-
    Semua tipe orang komentar di blog yang udah dijelasi di atas udah pernah gua temuin. Gua biasanya masuk dalem tipe si curhat, tujuannya biar saling sharing antara pengalaman si penulis sama gua.

    ReplyDelete
  21. Aku termasuk yang mana yaaa?
    Pelit? gak juga, jarang aku komen dikit
    Apakah sok keren? sok curhat? atau sok kepo? kalian sendirilah yang nantinya menilai saya.
    tapi nmg2 soal komentar, berbagai macam tipe tersebut memang ada, tapi pada dasarnya sebuah komentar itu penting bagi kelangsungan hidup blog seseorang "halah"
    supaya makin aktif lagi nulis hahahaha bisa kan yaaa?

    ReplyDelete
  22. Wah gue biasa paling kesel sama yang tipe Peminta-mita.
    apa lagi yang komennya " Nice Post... Komen balik ya bro" atau "Follback ya" *lu kira Twitter ? :3

    kalau boleh tau saya termasuk tipe yang mana ya ?

    ReplyDelete
  23. gue masuk ke dalam kategori si ganteng dari gua hatu be.. keren kan gue.
    wajar ajah sih semua orang emang punya kebiasaannya masing2, dan semoga setelah membaca post yg satu ini mereka jadi sadar..

    ReplyDelete
  24. Waduuuhhh saya termasuk kategori mana yahh... *biarlah pembaca yg menilai heheh... intinya saya agak setuju sama pendapatnya bang Edotz...rasanya kayak gak adil aja sih... kita koment di blog mereka panjang eh... mereka komentnya di blog kite cuma satu kata.... kalau sekali dua kali gak terlalu masalah.. klu trussn2... komentnya.. singkat padat gak berbobot... yah... bagusnya kita bales biar dia agak nyadat... saya juga sependapat ama palli.. pada dasarnya pasti kite semua berharap dapat komentar yang nyambung... berbobot dan gak asal-asalan.. oh ie... tebe itu kok tipenya yang di singgung gak ada yang ideal... bgusan di bahas jg tipe komentar yang ideal itu kayak gimana...

    ReplyDelete
  25. Mungkin gw sama aja deh ama yg lain,gimna niat si komenter aja :D
    Kok dikit ya komen gw -_- ntar di sangka pelit lagi,
    Tapi kalo kepanjangan trus gak nyambung ntar malah di sangka so keren *padahal iya
    Kalo gw nnya juga ntar dibilang kepo,... hahaha
    Kesindir gw sama point no 1,gw kadang suka komen dikit,bukan karena males,tp karena otak gw 12 inci lebih rendah daripada spongebob jadinya suka agak2 eror gitu kalo baca tulisan yg bagus dan panjang *alibi seorang komenter
    2 Jempol deh buat postingan ini :D

    ReplyDelete
  26. Nice min ! (contoh singkat, padat dan ga berguna -_-)

    entar gua komen di sini masuk nya bagian yang mana ya wkwk gua kadang ga terlalu ngurusin dia ngomen apa sih.. kalo tanggepan nya postive, makasih ! kalo di komen negative juga makasih ! kalo dia minta2 folbek juga gua folbek haha kalo ada yang tiba2 curhat gua langsung sewain bahu..

    intinya si makasih banyak yang uda rela mau ngomen

    ReplyDelete
  27. Wah" saya termasuk dimana
    Udah hapal semua sifat pengunjung blog gak nyangka
    Kunjungi gan lanazalia.blogspot.com
    Full diary comedy and jeketi48

    ReplyDelete
  28. Wah" saya termasuk dimana
    Udah hapal semua sifat pengunjung blog gak nyangka
    Kunjungi gan lanazalia.blogspot.com
    Full diary comedy and jeketi48

    ReplyDelete
  29. kalo emang orangnya dasarnya ga banyak omong masa dikira pelit. daripada maksa panjang dan ujungnya ga jelas mending pendek bermutu lah wkwk

    ReplyDelete
  30. Hmm, kalau aku masuk tipe yg mana ya? Pelit sih engga, cuman kadang suka bingung aja gitu setiap mau komen, padahal postingannya udah aku baca sampai beres -___- Kayaknya aku termasuk spesies 'si curhat' :v

    Sepertinya aku harus bertapa biar bisa komen bermutu.

    ReplyDelete
  31. Numpang promosi yaah buat kalian yg ingin menghasilkan uang sendiri atau menambah uang saku dengan cara yg sangat mudah hanya duduk, update status, wall2wall, comment di facebook cukup seperti itu aja sudah menghasilkan uang, apalagi yg addict banget sm facebook.. More info untuk yang berminat -- http://goo.gl/JfKWVE

    ReplyDelete
  32. Numpang promosi yaah buat kalian yg ingin menghasilkan uang sendiri atau menambah uang saku dengan cara yg sangat mudah hanya duduk, update status, wall2wall, comment di facebook cukup seperti itu aja sudah menghasilkan uang, apalagi yg addict banget sm facebook.. More info untuk yang berminat >> http://goo.gl/JfKWVE

    ReplyDelete
  33. bener juga min..
    tapi tiap org punya gayany msing2 dlm ngomen..
    oia, trgantung juga sm topik postingan kita..
    yg pnting sih, nyambung sm postingannya...

    ReplyDelete