Header AD

[Ngobrol Unyu] Palli Cakar: Ngeblog Itu Harus Punya Karakter


Di grup Blogger Energy, ada macem-macem karakter para blogger. Mulai dari blogger yang sukanya galau, blogger yang sukanya ikutan giveaway, sampai blogger yang sukanya typo juga ada. Enggak ketinggalan juga ada blogger yang sukanya bikin komik keren. Seonggok (iya, seonggok karena memang namanya ada tahi-tahinya) laki-laki berwajah kotak yang menurut Tebe cukup kreatif, yang selain jago bikin komik juga jago bernafas. Keren kan, bisa bikin komik, bisa bernafas juga. Tapi dilihat dari segi lainnya, masih kerenan Tebe kemana-mana sih.. walaupun enggak bisa bikin komik tapi Tebe bisa bikin kamu, iya kamu, bikin kamu suka sama Tebe.

Jujur aja, banyak hal yang bikin Tebe penasaran sama sosok berwajah kotak ini, mulai dari cerita bagaimana dia gabung sama Blogger Energy, cerita tentang inspirasi ngeblognya juga cerita tentang ibu kita kartini, putri sejati.

Nah karena kebetulan bulan Maret lalu, cowok berwajah kotak ini baru menangin award, kayaknya pas banget nih momennya buat ngobrol-ngobrol sama itu cowok. Kayak gimana aja obrolannya? Yuk simak aja..



 Nama : Nurfadli Mursyid
Twitter : @tahilalats


Hai, brooh.. Gimana kabarnya nih? Lagi sibuk apaan akhir-akhir ini?

Huaaeew... baik-baik bro, ya sekarang masih sibuk kuliah sambil kerjain tugas akhir, selain kuliah, gue juga kerja di media. Oh iya, gue juga sibuk kasih perhatian ke pacar gue tiap hari (resiko pasca jomblo).

Wah anak media, jadi orang-orang yang kesurupan itu ya? Eh.. Itu mediator dink. Jadi tugasnya apa aja tuh di media? Oh... Oh... Oh...  belagu dikit ya pasca jomblo. Bebas deh, bebassss...

Btw, Ranger ada sedikit pertanyaan yang sering mengusik hati nurani nih, lo kan biasa pakai nama Palli Cakar? Sebenernya itu apaan sih maksudnya?

Hahaha.... Oh iya di media surat kabar lebih tepatnya. Nah gue lebih ke bagian Ilustrasi sama desain lay out-nya. Oh itu.... Palli itu emang nama panggilan gue, kalau Cakar sih, ummm... itu singkatan dari "Cap Karung", dan itu istilah untuk pakaian bermerek tapi BEKAS. Nah di PAREPARE tempat kelahiran gue terkenal banget dengan penjual Cakar-nya sampai ke mana-mana. Jadi di Makassar gue sering di panggil cakar ama temen-temen... -____-

Ciyeeh... kapan-kapan boleh donk, bikinin sesuatu buat BE atau ya bikinin art Ranger berempat gitu, hahaha. Bermerek tapi... (((BEKAS))) entah itu elit apa enggak, Ranger nggak sampai hati denger jawabannya. Nah.. Terus twitternya kan usernamenya @Tahilalats tuh, inspirasinya darimana sih? Apa gara-gara muka lo yang mirip tahi gitu kah?

Umm... gue emang ada niat bikin art untuk BE sama Ranger. Tunggu aja ya bang, Hahaha... Oh iya Tahilalats, kalo itu yah inspirasinya dapet dari wajah gue sih, hihi..

Iya dari lahir gue emang udah bertahilalat di bagian dagu. Jadi sebelum gue nemuin nama itu, gue mikir apasih yang paling menonjol dari diri gue. Jelas banget tahilalat gue yang paling menonjol ngehehe.. Langsung aja tuh gue jadiin trademark alias branding/mereknya gue, hihihi..

Ah.. Jadi gak sabar nunggunya, baru kali ini tahi lalat jadi personal branding ya. Ajib dah... Btw.. Kenapa elo hobi ngeblog? Blog elo isinya apaan aja sih?

Oke deh.. bang, Umm... gue ngeblog sejak kelas 2 SMK, awalnya karena tertarik ama fitur tampilannya yang bisa di re-desain sesuai keinginan kita. Tapi langsung vakum karena tujuan gue ngeblog nggak jelas. Nah awal tahun 2012, gue udah mulai suka nulis karena kebetulan gue gabung di organisasi jurnalistik. Selain gue juga suka ngegambar. Jadi gue bikin blog baru, buat arsip online tulisan ama karya-karya gue.

Jadi, blog gue isinya kolaborasi antara tulisan dan gambar gue. Yang paling sering ada artikel, pengalaman-pengalaman lucu gue, dan komik yang gue update tiap hari Sabtu, hihihi...

Gaul yak, gak banyak loh blogger yang bisa mengkolaborasikan antara tulisan dan gambar. Blog lo sendiri alamatnya di mana sih? Sapa tau ada yang kepengen intip-intip gitu.. Terus inspirasi ngeblog elo sendiri dari mana?

Oh iya buat teman blogger yang mau ngintip langsung aja ketik (www.tahilalats.blogspot.com) kalau inspirasi ngeblog gue dari Raditya Dika sama Bena Kribo. Gue juga terinspirasi dari blog Si Juki milik Fazameonk. Dan karya-karya dari Wahyu Aditya. Jadi Inspirasi ngeblog gue gabungan dari semua ciri khas mereka. Tapi tetep harus beda dong hehe

Bener, inspirasi siapa aja boleh, tapi harus punya karakter sendiri. Eh, terus ini nih.. kayaknya elo sengaja bikin karakter muka kotak mirip danbo gitu, ada maknanya-kah? Atau emang aslinya muka lo juga kotak gitu?

Hahaha iya bang, waktu bikin blog.. gue emang udah punya niat untuk bikin avatar atau karakter blog gue. Nggak.. nggak! Muka gue ngga kotak-kotak, tapi jajargenjang. Ya.. intinya sebelum punya blog gue harus nyiptain karakter sendiri. Nah dari karakter itu gue bisa kembangin. Contohnya sekarang blog gue ada Pallimoticon kalau ada yang ngasih komentar.

Gue juga sempat bikin yang asli biar bisa dipakai kayak helm. Gue juga rencana mau bikin boneka, stiker ama gantungan kuncinya, sekalian kaosnya. Untuk maknanya sih, nggak ada. Itu cuma buah hasil dari imajinasi gue, supaya suatu saat selain karakter itu bisa dikenal dan jadi hiburan buat orang-orang. Jadi yang kepala kotak itu trademark blog gue yang bisa gue kembangin dan nggak monoton.

Oke, ngomongin Pallimoticon, kayaknya Ranger sempat coba pakai di kotak komentar, tapi gak nongol deh emoticonnya, udah dicek lagi? Btw, kemarin kan Palli baru menangin Male Award BE nih.. Gimana perasaannya tuh? Menurut Palli sendiri apa sih makna award BE itu?

Oh iya udah dicek, muncul kok, emang sih.. Pallimoticonnya muncul agak lama sekitaran 10 detik. Apalagi kalo jaringan lagi jelek pasti agak lama munculnya hehe..

Wahh seneng banget.. seneeeeng banget... Zat endorpin gue meledak-ledak waktu itu ngehehe.. Makna award BE menurut gue pribadi adalah, penghargaan buat blogger yang punya niat dan semangat buat bikin blognya nggak mati. Penghargaan buat blogger yang ngga berhenti nuangin idenya untuk dijadikan postingan. Ya.. walau itu hanya sebuah banner berformat (.PNG) tapi udah kayak sesuatu yang luar biasa. Pas dapet berasa dapetin panasonic award di RCTI bisa bikin tambah semangat ngeblognya hihi

Sebagai lelaki, ketawa lo unyu juga 'hihi', Aseeek nih.. Semoga award dari BE bisa bikin semangat ngeblognya makin juara ya. Eh iya, penasaran nih... Lo kenal BE dari mana sih? Masih inget gak? Dan gimana kesannya jadi anak BE selama ini?

Aminn.... Oh iya pertama kali liat nama BE lewat twitter. Ada teman twitter gue yang suka mention akun @BloggerEnergy, sebut saja nama Shry David. Nah karena gue penasaran gue kepoin deh akun twitter BE, dari twitter gue pindah ke websitenya. Wah keren deh, ternyata ini komunitas Blogger. Gue jadi tertarik untuk bergabung dan ngikutin persyaratannya.

Kesannya jadi Anak BE super sekali. Blog gue yang dulunya sepi kayak padang pasir sekarang rame banget apalagi komentar teman-teman BE. Dari BE juga gue bisa tau banyak Blogger yang keren-keren, dan tentunya gue bisa banyak belajar dari teman-teman BE yang lain. Kritikan dari mereka sangat membangun. Keren dan Bermanfaat deh pokoknya hihi

Tjakep deh, dari sekedar kepo akhirnya jadi kepengin masuk BE, dapet award lagi, ihik banget~
Terakhir nih ada masukan atau kritikan gak buat BE biar ke depannya makin hakiki?

Untuk BE tetaplah menjadi komunitas Blogger yang Terbaik, tetaplah menjadi grup yang memberi manfaat untuk member-membernya. Untuk anggota BE, tetap jaga ke-solid-an masing2 jangan terlalu cepat menyinggung dan tersinggung kita pikir baik2 dulu sebelum memutuskan. Demi terjalinnya hubungan baik antara keluarga BE. Saran untuk ranger tetap semangat ngurusin gyerz-gyerznya. Karena kami ada karena kalian... #eaaa


Hahahaseeeek~ Tjakep deh... Oke thengkyu Palli Cakar buat waktunya ngobrol-ngobrol unyu bareng Ranger, semoga bisa selalu betah di Blogger Energy dan bisa selalu ngeramein grup. Kamsahamnida~

hanyohaseo aisiteruyo~

 
Nah, kelar juga ngobrol bareng Palli Cakar. Ranger jadi bisa tahu makna dari Tahi Lalats dan karakter di blognya yang identik dengan wajah kotak. Nilai plus buat Palli yang jago bikin komik dan bisa juga bikin tulisan-tulisan keren di blognya. Ini benar-benar perpaduan yang gaul.

Lalu, hikmah apa yang bisa diambil dari peristiwa ngobrol-ngobrol ini? Nunggu apalagi? Ada temen yang jago bikin gambar begituan, manfaatina aja! Jadi barangkali ada yang pengin order header atau bikin banner langsung hubungin aja si Palli. Sapa tau kalau sesama member BE Palli enggak masang tarif alias gratis. HAHAHA...

Udah ya, Bye...
[Ngobrol Unyu] Palli Cakar: Ngeblog Itu Harus Punya Karakter [Ngobrol Unyu] Palli Cakar: Ngeblog Itu Harus Punya Karakter Reviewed by Blogger Energy on 05:40 Rating: 5

27 comments

  1. abang Palli emang keren dah. ke-KHAS-an blog nya yang tiap minggu ngeluarin komik + tulisan2 nya yang bagus2 emang udah pantes dapet Award.

    terus berkarya ya, bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip deh.... gampang kan punya ciri khas.. aku tunggu yahh... :))

      Delete
  2. Emang dia salah satu omset BE yang gaul, tiap kali baca tulisan dia gue selalu ngikik, pas liat gambar2 dia juga selalu bilang "keren banget, gambarnya"

    Oh, beneran tuh tahu BE dari temen? Shry david? Beneran~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksh bro Bayu..

      ia bener.. dari Shry link BE-nya ia bener dari ttemen...ttmeen.. ia ttmeen :D'

      Delete
  3. wah..wah....di media ya.......
    andaikan jadi pengurus penulisan media...tulisan anak-anak BE bisa dimuat di media....
    siapa tahu gratis juga :P


    nah...ini bisa belajar layout nih......sama sama lay outer bro...sayangnya sini amatiran :P

    ReplyDelete
  4. aaah Palli... kirain emang mukanya mirip tahi ternyata enggak..

    selalu cemungudh untukk BE dan diri sendiri ya, terus jadi blogger yang konsisten! karena kita tidak tahu, mungkin saja di sudut sana ada orang yang selalu setia menunggu tulisan terbaru di blog kita..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga sih.... bang..
      semangat semangat hosh hossh hosshh...

      *pasangikatkepala*

      Delete
  5. tahi lalat emang berkarakter ya,,jadi inspirasi buanget deh obrolannya

    ReplyDelete
  6. boleh dong bikinin gue header.. blog gue gak ada headernya emang.. hihi..
    gue jg pernah BW ke blognya palli ini, untungnya muka gue gak ikutan kotak2 setelah berkomentar.. :D
    ditempat gue juga banyak tuh yang jualan CAKAR alias pakaian bermerk tetapi bekas..
    tapi disebutnya Peje bukan cakar. hehehe.

    BE emang super, gak cuma blog yang rame, tapi komentar dan masukannya juga super banget.
    semoga makin semangat ya Palli.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... oke dehh

      wah disana namannya PEJE yah... untung teman2 kaka ngga manggil kyk gitu.. kalo dipanggil gitu mungkin nama kaka di ganti jadi "Rita Peje"

      :3'

      Delete
    2. hah..hahhh??ciyusan ini??hheheh..

      iya peje.. tapi jangan bawa2 nama saya juga kali -__-
      ntar kalo nama aku jadi Rita Peje, sebelas dua belas dong kita.
      eh tapinya muka aku gak kotak kaya kamu ya.. hehehe

      Delete
  7. wah, ternyata elu spesialis ppenjual barang second yah bang ?? salut gue sama bnag pali cakar. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue bukan penjualnya -_- gue korban dari penjualan

      Delete
  8. Keren bang palli punya ciri khas sendiri yak. Bikin komik bisa, nulis bisa, desain bisa, kreatif iya, sayang... Ngegaet ceweknya belum bisa ya bang? *eh ampun._.v

    Tapi blog kamu emang bagus sih. Kontennya nggak ngebosenin dan ada si pallimoticon itu. Belom nyoba sih sebenernya hahaha.

    Wah bisa kali bang ajarin aku bikin header buat di blog. Nggak mau dibikinin, tapi diajarin biar bisa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kyaaaaa~
      Alhmadulillah udah bisa kok... dikit2..
      Bisa ... yg penting di laptopnya ada potosop
      Sip !!

      Delete
  9. Asik nih, abg banget, komikus yang menurut gue absurd. Blognya fresh from the oven, baru buka aja udah kerasa 'wih keren nih' dan baca komik2nya, konten kontennya menarik di awal terus pecah di akhirnya. Pecaahh !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. fresh from the oven? segar setelah dari oven.. mateng dong :D'

      Oke thanks bro... asalkan bukan hati kamu yg pecah.. melihatku bersamanya -__- halahh...

      Delete

  10. Wuih.. hebat benar anak BE.. serba komplit dengan keragaman jenis membernya. Ada yang hobi desain, fotography, menulis diary, curhat, curcol, ngibulin orang biar ketawa-ketiwi, wah... keren..

    Untuk mas palli... terus berjuang bro! Hebat ya sudah kerja di media...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... yaa.. bro....hasilnya bisa buat hidup di daerah yg keji ini... ngihihi

      Delete
  11. Gue juga keturunan orang sulawesi nih, Pal. Tapi sejak lahir gue udah tinggal di Jakarta. Hehe.

    Oiya, sewaktu pertamakali gue berkunjung ke blog elo, awalnya perkiraan gue elu itu anak desain grafis gitu. Soalnya tampilan blognya punya ciri khas banget. Beda dari yang lain..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantes mukanya kayak cakar juga :D' (becanda) hihi

      Iya bener broo dari dulu emang seneng ama desain... jadi apa yg nyentuh gue, gue langsung desain -__-

      Delete
  12. Aaah pallii aku mau dooong di cakar sama palli -,- #apadeh hahahah

    iyaa palli emang kereeeen pake banget.
    bisa kali bikinin art buat gueee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ruaaaaaarrrrr...... <---- suara singa

      Aduh makasih Gitt....
      bisa bisa tunggu aja :D'

      Delete
  13. owh..jadi yang tahi tahi itu tu mukanya kayak gini ya..tapi dia menurut gue punya karakter yang kuat karena bisa punya sesuatu special yang nggak dimiliki blogger lainn..palli emang keren bisa gambar sekalgus nulis..andai gue bisa begitu betapa bahagianya hidup gue. jadi buat palli yang keren abisss,, harus ngeblog terus palli sapa tau lu bisa sebangsa bona kribo, kan kereeeennn..nanti di bukunya jangan lupa nyolek Blogger Energy :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngihihi masi mirip tahi si sebenarnya kak...
      Iya kak... aku akan berjuang :D'

      Delete
  14. Emang keren nih bang palli ....
    suka sama mata di avatarnya bisa gerak -_-
    Makasih Tebe udah ngingetin buat order header hahaha... sini aku peluk *oekkk ....

    ReplyDelete
  15. Gue gak bisa bikin desain apalagi ngegambar. Setelah main ke blog Bang Palli emang unik isinya. Dulu, kala di Multiply, gue punya teman desainer grafis, bangga banget lihat gambar dan tulisannya. Gue betah baca karena kagum, sayang gak simpan hasil gambarnya. :( Yup, sekarang semoga temanan gue dengan Palli di BE bawa segi positif, sekadar pengobat rindu pada yang namanya keunikan desain dan gambar.
    Semangat ya, Bang Palli. Jadilah insan keren, hehe.

    ReplyDelete