Header AD

[Tips BE] Aman Berboncengan


Ngelihat fenomena yang sering terjadi di jalanan, memang sangat memprihatinkan. Banyak para pengendara motor yang nggak menaati peraturan yang berlaku, nggak mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Makanya sering banget terjadi kecelakaan di jalan raya. Menurut artikel yang Tebe baca, kecelakaan kendaraan beroda dua atau motor adalah yang paling banyak terjadi. 

Sering kali kita ngelihat orang yang naik motor nggak pake helm, nggak bawa SIM, nggak pasang kaca spion, dan yang lebih parah dia nggak bawa motor (lah?). Kadang kita sebagai pengendara emang nggak terlalu peduli akan keselamatan diri sendiri, padahal buat diri sendiri, bukan buat orang lain. 

Karena biasanya orang yang nggak menaati peraturan itu pengendara motor atau yang nyetir motor, sebagian orang memilih untuk dibonceng ajah. Tebe, contohnya. Karena menurut Tebe dibonceng itu nggak perlu bawa SIM, dan bawa kaca spion, tinggal naik ajah. Tapi dibonceng juga harus naatin peraturan. 

Yang dibonceng juga harus pake perlengkapan, kaya helm misalnya, biar nggak ditilang pak polisi dan biar nggak di-minta-in 'damai' juga. Di sisi lain, emang buat ngelindungin diri kita sendiri. Sebagai boncengers (orang yang dibonceng) sejati, Tebe punya tips supaya aman beroncengan, biar nggak nyusain yang nyetir motor dan buat keamanan kamu-kamu para boncengers se-Indonesia. Azekk..

Cekidot..

-Pake helm 
Helm merupakan perlengkapan utama sebelum kamu mau naik motor, buat keselamatan kamu nanti di perjalanan. Nggak cuma pengendara motor doang yang harus pake helm, yang dibonceng-pun harus pake helm. Kalo bisa helm yang berstandar nasional, biasanya berlogo SNI di samping atau belakang helmnya. Helm juga bisa menambah ganteng buat kamu para cowo-cowo. Jadi, kalau turun dari motor helmya jangan dilepas, usahakan tetap menempel. Soalnya yang bikin ganteng itu ketika kamu pake helm. Oke.


-Rileks 
Rileks, disini maksudnya bukan berarti kamu dibonceng sambil tiduran. Rileks, santai, selawww ('w'-nya tiga, biar nyantai banget), jangan tegang. Kenapa? Soalnya Tebe pernah bonceng temen yang nggak rileks, akibatnya motor susah buat dikendaliin, karena yang dibonceng badannya nggak ngikutin yang nyetir motor. Jadi agak susah belak-beloknya. Kurang gesit di tikungan, juga kalau nyalip motor lagi nggak enak, kaku. Nanti yang ada malah nabrak motor yang mau disalip. So, rileks ajah.


-Duduk dengan benar
Posisi duduk ketika berboncengan juga sangat penting. Jangan jongkok kalo dibonceng, kamu kira, kamu lagi atraksi apa. Membahayakan kamu dan yang nyetir. Jangan gitu. Jangan juga kamu duduk dengan kaki yang nggak menginjak step. Tau step? Itu loh pijakan yang ada di samping motor. Nanti kaki kamu bisa bahaya, hindari itu. Duduk ajah yang benar, udah pake helm, rileks, dan duduk yang benar.

jangan ditiru! 


-Pake pakaian yang rapi
Apa hubungannya Be?

Hubungannya adalah, pakaian yang kamu kenakan itu adalalah pelindung kamu juga. Kan nggak mungkin kamu pake pakaian yang bolong-bolong terus naik motor, yang ada kamu nanti bisa masuk angin. Duh.. kurang perhatian apa coba Tebe sama kamu. Makanya jangan bandel nanti Tebe cubit nih. Pake, gunting. Gunting rumput. 

Dan buat kamu cewe-cewe, Tebe kasih tau, ya. Jangan pake pakaian seksi. Karena bisa menyebabkan pengguna motor yang lain kecelakaan gara-gara ngelihat bodi kalian yang seksi. Kasian juga kalian nanti masuk angin. Tebe sih mau ajah ngerokin kalian kalau masuk angin (modus), tapi lebih baik mencegah dari pada mengobati kan?


-Jangan ngantuk/tidur di motor
Bukan hanya pengendara motor yang nggak boleh ngantuk kalo lagi mengendari motor. Boncengers juga jangan ngantuk kalau dibonceng. Why? Karena, bahaya juga kalau yang dibonceng ngantuk, soalnya nanti kan kalo dibonceng itu anginnya semriwing-semriwing, bikin kita tambah ngantuk dan akhirnya tidur di motor. Kemudian secara nggak sadar kita akan jatuh dari motor. Bahaya men.

Kalo ngantuk mending jangan boncengan dulu, mending naik angkutan umum ajah. Kan, enak kalau ada cewe cantik, kamu bisa memanfaatkan bahunya buat senderan. Dan tamparan dari sang cewe bisa bikin kamu nggak ngantuk lagi. Selamat mencoba.


-Jangan ngeludah sembarangan
Seringkali kamu lagi dibonceng tiba-tiba mau ngeludah. Tapi, ngeludahnya jangan sembarangan, loh. Soalnya nanti ludah kalian kena pengguna motor yang lain. Mending kalau ludahnya bikin motor jadi bersih, nah, kalau ludah kalian bisa bikin motor karatan. Bahaya. Itu kalau ludahnya kena motor, seandainya kena orang, gimana? Bisa-bisa orang tersebut karatan juga. Serem abis. 

Ngeludah itu juga ada cara-caranya.

-Suruh yang nyetir minggir ke sisi kiri/kanan jalan
-Lihat belakang kamu ada motor atau mobil nggak?
-Kemudian cuih *ngeludah*. 

Dengan begitu kamu udah respect sama pengendara motor yang lain.  Kamu hebat.


-Jangan mesum dan Jangan lebay
Pelaku asusila dimana pun bisa kamu temui, termasuk ketika berkendara. Salah satunya yang dibonceng, biasanya yang mesum ini yang dibonceng soalnya yang nyetir fokus nyetir. Cewe-cowo sama ajah. Jangan mesum di jalanan lah, kan nggak enak banyak yang lihat. Mending ke semak-semak ajah (cabul). 



Selain ada yang mesum ada juga yang lebay. Jangan kaya gitu yah, nggak baik. 


-Jangan bawa tas di belakang saat boncengan miring 
Minggu kemarin ada salah satu temen Tebe, sebut saja mawar. Dia cewe. Sepulang kuliah jam 11 siang, hari Jum'at. Mengalami kecelakaan, dan dilarikan ke rumah sakit di sekitar Cirebon. Kepalanya bocor, dan selama 4 hari berada di ruang HCU, belum juga sadar. Dan alhamdulilah kemarin Tebe dapet kabar, katanya dia udah siuman. Udah dipindah ke ruangan rawat biasa. Nggak di ruangan HCU lagi. 

Hubungannya apa Be?

Waktu kemarin dia kecelakaan, dia dibonceng. Sekali lagi Tebe bilang, dia dibonceng. Dan penyebabnya adalah tas yang nyangkut di spion pengendara motor lain. Iya, jadi dia ini dibonceng miring, khas anak cewe, tasnya digendong di belakang.  Kemudian yang nyetir motor menepi setelah ada bis lewat, dan dari arah berlawanan, ada pengendra motor melintas, nggak terjadi tabrakan hanya saja mereka berpapasan, dan kaca spion yang lumayan panjang dari pengendra yang berlawanan arah itu, mengait di tas temennya Tebe. 

Kemudian dia terpental karena tasnya ikut terseret bersama motor tadi, dan dia pun jatuh dengan kepala terlebih dahulu. Sangat disayangkan waktu itu temennya Tebe nggak pake helm. Kepalanya bocor. Maka dari itu hindari mengenakan tas yang digendong di belakang, lebih baik di taro di depan. Di peluk. Jangan lupa juga, pake helm.

-----

Segitu aja dulu tips aman berboncengan yang bisa Tebe kasih. Inget ya, keselamatan kamu itu penting, lebih penting dari gosipnya Farhat Abbas sama Regina yang selingkuh. Bukan buat Tebe, apalagi buat Farhat Abbas tapi buat kalian sendiri. Musibah emang nggak ketebak bakal datengnya kapan, tapi se-enggak-nya kamu udah semaksimal mungkin mencegah kemungkinan terburuknya. Kayak temennya Tebe tuh, coba aja kalau dia pake helm, mungkin dia nggak akan separah itu. 

Tapi, lagi-lagi semuanya udah kehendak Tuhan. Kita sebagai ciptaanNya hanya bisa menerima. Tapi jangan cuma bisa menerima, kalau bisa harus bisa mencegah hal terburuk itu terjadi. Duh.. Tebe bijaksana sekali yah. Takut botak nih.. kaya om Mario.

Yang mau nambahain tinggal komen aja di bawah. :)


Picture source : 1 , 2  , background.
[Tips BE] Aman Berboncengan [Tips BE] Aman Berboncengan Reviewed by Blogger Energy on 20:38 Rating: 5

14 comments

  1. Setuju banget be. Aku termasuk boncengers karena aku nggak bisa pake motor hahaha. Memalukan kali-__-

    Tapi emang bener sih be. Aku juga kalo dibonceng pasti ngikutin saran-saran tebe di atas. Plus pegangan sama pacar :p kenapa? Biar aman kan yaaa~

    Miris sebenernya liat orang-orang yang udah nggak memperhatikan keselamatannya. Padahal hal-hal kecil itu berpengaruh banget kan ya be buat jaga-jaga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh si eneng bawa2 pacar -__- ulah kitu atuh

      Delete
  2. Wahh Bener semua nih, Keselamatan nomor satu!!. yang paling gue resep itu, jangan mesum dan jangan lebay, hahaha..

    ReplyDelete
  3. Hahaha, kampret banget yang pengendara motor tapi gak bawa motor itu, pecah.

    Semua tipsnya bener banget, be. Apalagi yang rileks itu emang harus banget. Gue juga pernah bawa ibu gue tapi gak rileks banget duduknya, tiap kali mau belok susahnya minta ampun, lurus aja jadi belok-belok jalannya.

    Tapi yang erakhir itu juga dialamin adek gue, untung gak separah mawar, adek gue cuma luka dikit aja.

    ReplyDelete
  4. Tambahan: kalo kamu cewek, cantik, body aduhai, IPK 3,5 keatas, pas dibonceng harus meluk yang ngebonceng, demi keselamatan kamu #Modus

    Itu gak termasuk katagori mesum kan? Hahahaha

    ReplyDelete
  5. bermanfaat banget nih postingannya, khususnya bagi boncengers.
    kalo pake helm itu mah udah kewajiban dari pengendara motor yang netir maupun yan dibonceng.
    oh iya, gue pernah liat ada cewek dibonceng make baju minim banget (mungkin itu baju adeknya) sampek kelihatan tuh punggungnya. kalo punggungnya mulus sih emang bener bisa menganggu konsentrasi pengendara motor lainnya terutama cowok, tapi kalo itu punggung banyak panu nya kan malah bikin pengendara lain risih ngeliatnya wkwk

    ReplyDelete
  6. tipsnya bikin manggut-manggut karena saking benernya nih Be... semua orang harus pada baca tips ini biar makin semangat dalam hal bonceng motor.. Lah!

    salam super deh.

    ReplyDelete
  7. setuju bgt be,, semua tips yg loe jabarin perfecto bgt. loe cocok buat jadi polisi satuan lalu lintas anak muda yg selalu alay n lebay kalo naik motor, itu baru naik motor blm lagi mobil, oh ya posting dong cara naik mobil yg aman tanpa mesti jungkir balik di tol ato cara mendiamkan mobil parkir yg gerak2 sendiri dari kejauhan. banyak bgt sekarang gue lihat mobil aneh yg udah dparkir eh goyang2 sendiri diparkiran

    ReplyDelete
  8. Wah..
    Great nich, tips buat boncengers. Seep, aku bakal jalanin.

    ReplyDelete
  9. hah? mesum? hahahahaa
    bisa gitu ya mesum saat bermotor? wkwkkwkwkw
    emang sih yg poin2 di atas benar, bayangin aja kalo naik motor pecicilan, ga bawa helm, ngantuk dan ga bisa rileksss aduuuh bahaya tuh bisa kecelakaan
    apalgi kalo ludah sembarangan pasti menimbulkan masalh, ga sopan pula aduh parah deh

    ReplyDelete
  10. Duh pinter banget nih Tebe tips2nya, pengen gue cubit deh! :D
    Tips yg terakhir, karena gue sering dibonceng kalo kesekolah. Dan udah 2 kali pernah mau mengait gitu, syukur aja guenya bisa menghindari. Ih, ngeri juga ya sampai bocor gitu :(

    ReplyDelete
  11. bener banget..apalagi yang terakhir..jadi ngeri kalo ngebayanginnya..
    itu yang mesum saat bermotor...konyol banget..tapi kenyataannya sih emang ada yang kayak gitu..ih kayak nggak ada tempat lain buat mesum aja.. *lah

    ReplyDelete
  12. Pengendara motor tapi gak bawa motor? Itu mah namanya bukan pengendara motor atuh -___-
    Aduh, baca ceritanya jadi ngeri sendiri. Soalnya Lia kadang duduknya suka nyamping gitu dan tas Lia gendong di belakang. Pernah sih kejadian nyangkut gitu, tapi untungnya pas lagi macet @@
    Engga gitu lagi deh.
    Bener banget. Kita emang gak tau kapan musibah dateng, tapi seengganya kita berusaha mencegah (y)

    ReplyDelete
  13. tips yg bagus be.. tp syang ny ga ad yg di bonceng eh. hiks. :p

    ReplyDelete