Header AD

[Tips BE] Membuat Ilustrasi Tulisan (lanjutan)


Bulan januari udah beranjak, dan febuari udah jalan 9 hari. Tebe nggak mau pake kalimat ‘nggak kerasa yah udah bulan febuari ajah’, kenapa? Itu basi banget. Tebe ngerasain kok hari demi harinya. Kali ini tebe mau ngelanjutin tips membuat ilustrasi tulisan. Lanjutan yang kemaren. Sebelumnya tebe udah ngasih tips MIT. Apaan tuh be MIT? Akronim dari Membuat Ilustrasi Tulisan, tebe ngarang sendiri. Keren kan? *tos*.

Mungkin kalian bertanya-tanya, emang yang kemarin nggak lengkap yah sampe dibikin lanjutannya segala? Bukan nggak lengkap sih, cuma ada beberapa point yang harus tebe jelasin. Soalnya kemarin masih mentah banget, mentah maksudnya dari point-point itu masih ada yang bisa diolah. Kalo kamu bingung berarti kita samaan, tebe juga bingung *tos lagi*. Yaudah jangan lama-lama ini dia tips MIT lanjutan….

Ambil gambar beresolusi tinggi
Di tips yang kemarin tebe udah ngomongin tentang ngambil gambar yang resolusinya tinggi. Belum tebe jelasin secara mendetail dari mana ajah gambar yang beresolusi tinggi bisa di dapet. Kamu bisa dapetin gambar yang kulitasnya bisa dari…

a.       Ambil gambar di kumpulan wallpaper.
Gambar yang bagus emang nggak bisa di dapetin di Google gambar gitu ajah, kita harus nyari gambar yang bener-bener sesuai sama tema. Belum kalo misalnya gambar yang kita cari ternyata nggak ada, ehh.. bukan nggak ada sih tapi ‘belum ada’. Nah, maka dari itu karena belum kamu bisa bikin sendiri.

Caranya?

Ambil gambar yang yang resolusinya tinggi, apakah harus sesuai tema? Nggak usah kan ceritanya lagi ‘belum ada’ ambil gambar pemandangan ajah.

Terus di apain?

Nanti gampang di edit. Kalo kamu bingung nyarinya dimana kamu bisa cari di Google dengan key word ‘wallpaper...(pemandangan misalnya) HD’. Nah kalo udah ketemu simpen ajah dulu.

Be gimana kan biasanya wallpaper ukurannya gede, mana muat di blog gue?

Keep calm and nyemil obat nyamuk. Ng.. nggak.. nggak, kan udah tebe bilang simpen ajah dulu gambarnya, nanti gampang di edit.

b.   Cari di Google gambar yang kalian mau kemudian tambahin ‘HD’ di belakannya. Cari di Google gambar tapi ukurannya yang gede.



Cari font yang sesuai
Setelah gambar kamu dapetin kemudian disimpan di file di laptop/pc kamu. Mending sekalian nyari font-nya. Sebenernya font bawaan juga udah banyak, tapi kadang kan nggak sesuai sama apa yang kita mau. Dan biasanya kalo bawaan dari Microsoft-nya paling font-font yang standar. Kaya muka tebe nih standar, standar internasional. 

Be nyarinya dimana?

Di apotek juga ada kok. Ng.. yakali, nyari obat batuk. Download ajah, banyak kok, biasa cari di Google. Tulis ajah ‘download font unik’ atau ‘download font unyu’ dan lain-lain.


Be kalo udah di download terus di apain?

Biasanya kalo kita download font dari situs tertentu nggak langsung bentuk file font tapi dalam bentuk file zip atau file lainnya. Kalo udah gitu harus di extract dulu biar keluar font-nya. Ribet nggak sih harus di extract dulu? Nggak kok malah itu ngelindungin file supaya nggak terkena/dimasukin virus, walopun tebe nggak tau masuknya gimana tuh virus. Bodo amat.

Be kalo udah jadi file font diapain lagi?

Di install, kalo untuk windows 7. Nah, kalo buat Xp di copy-paste ajah. Masih bingung juga? Mending cari tutorialnya di Google, susah-susah amat.

Edit-edit..
Setelah dapetin gambarnya, dapetin font yang kamu mau. Tinggal di edit. Edit pake photoshop. Masuk ke photosop, setel ukuran gambar yang akan di buat. Di sesuain sama lebar tempat postingan kamu ajah. Biasanya ukuran 780 X 300, ukur ajah deh sendiri.

Gambar yang di download tadi di edit, bisa di blur, atau di kasih effect yang lainnya. Kemudian, kan udah download font tuh, tulis deh di atas gambarnya. Tetang judul postingan kamu kek atau kata-kata mutiara, emas, berlian de el el, sebagai kata pembuka.




Be gue nggak bisa photoshop, gimana dong?

Ahh, tebe juga dulu nggak bisa sama sekali, tapi karena keinginan untuk bisa akhirnya, bisa. Yah walopun standar. Belajar dong, di youtube kan banyak tutorial edit-edit foto pake photoshop.

Be kenapa nggak sekalian ngasih cara-caranya ajah sih? Jad kan guenya bingung.

Sebagai blogger yang budiman adakalanya kamu harus mikir. Kalo tebe ngasih cara-cara bikin gambar dan semacamnya, jatohnya malah  ke tutorial. Bisa bedain kan, mana ‘tips’ mana ‘tutorial’? Think before ask a question…


Segitu ajah dulu tips dari tebe, di bulan febuari  ini. Sebelumnya ada tips motivasi ngeblog, yang keren. Biar kalian nggak males dalam ngrblog. Semoga tips-tips yang tebe berikan bisa bermanfaat. Akhir kata tebe sebagai makhluk tuhan yang paling ganteng sedunia, planet, galaxy dan alam semesta ini mohon maaf kalo ada salah-salah kata. Duhh.. kaya lebaran ajah yah. Bodo amat lah.

Kecup dulu ah, muachhhhh……
[Tips BE] Membuat Ilustrasi Tulisan (lanjutan) [Tips BE] Membuat Ilustrasi Tulisan (lanjutan) Reviewed by Blogger Energy on 19:59 Rating: 5

17 comments

  1. wah boleh juga tipsnya.
    jd tinggal cari gambat trus ditambah2 tulisan biar ketje badaiii
    hahay

    ReplyDelete
  2. Bener Be, kadang gue juga pake keyword "HD" buat nyari gambar yang cihuy..

    Masalah bisa photoshop apa nggak tergantung niat. Asal punya niat yang serius, pasti lama-lama jago main photoshop.

    ReplyDelete
  3. Wah, keren, boleh di coba nih. . .

    ReplyDelete
  4. waah bermanfaat nih, thanks udah share yahh :D

    ReplyDelete
  5. widih keren banget. Simple banget ternyata bikinnya dikira ribet banget. Ini tips yang sangat bermanfaat buat tulisannya yang garing kayak saya, bisa sedikit kebantu pake ilustrasi kayak gini, meskipun endingnya tetep garing

    ReplyDelete
    Replies
    1. hidup garing.. *apaan -__-)

      tapi mana lebih mudah make fireworks apa photoshop?

      Delete
  6. Wah, ilmu baru nih. Biasanya punya gambar sendiri saya. Hehe *sombong:p

    Semoga dengan ilmu ini banyak blogger tercerahkan. Tidak ada yang sulit selama kita belum pernah mencobanya. Kalau gagal, setidaknya kita sudah mencoba. Semangat, Be:D

    ReplyDelete
  7. tips membuat ilustrasi di hati mantan ada nggak bang ? *eh

    ReplyDelete
  8. asik sumpah ..
    tulisannya keren...
    gue bakal terapin nanti ah
    nice tips deh Be!

    ReplyDelete
  9. biasanya aku pake gambar ilustrasi tanpa tulisan BE, tapi boleh nih dicoba. makasih tipsnya ya

    ReplyDelete
  10. tipsnya berguna. apalagi dicoba utk wallpaper blog :)

    ReplyDelete
  11. boyeh boyeeeeh...kapan kapan aku coba deh yaaak Min...

    ReplyDelete
  12. naaah ini niiih.
    caranya gak perlu ribet.

    Bakal di cobain min

    ReplyDelete
  13. OKlah ini bisa jadi ilmu baru buat saya.

    ReplyDelete
  14. lngsung dibungkuss ne tips nyaa..
    boleh dicobaa ne..:D
    makasii..

    ReplyDelete
  15. Aaaaaak... Buku 'ASEM
    MANIS CINTA. .

    ReplyDelete