Header AD

[Tips BE] 5 Motivasi Ngeblog

Halo Gyerz yang semakin kece, masih semangat kan ngeblognya?! Tebe harap mental block dari menulis nggak hinggap di diri kalian. Menyambung tentang keresahan salah satu Gyerz di wall Facebook BE kemarin, gara-gara kesibukan dia harus mandeg ngeblog. Terus pas sudah ngga sibuk, semangat menulisnya jadi mendelep ke dasar laut. Pasti ada juga kan dari kalian yang mengalami hal yang serupa. Don't worry morry dorry, ada kok caranya biar kalian bisa membangkitkan gairah malam menulis kalian kembali.

Caranya gimana be, biar semangat nulis ngga kendor?

Sabar, ini tebe juga lagi nulis. Jadi setiap orang, bahkan tebe juga pasti pernah ngalamin yang namanya males nulis. Tapi tebe punya beberapa tips atau motivasi agar kita terus semangat menulisnya. Ah, daripada berbelit-belit terus sembelit. Mending tebe langsung kasih 5 motivasi ngeblog. Cekidot!

1. Bakat Menulis
Semua orang bisa punya blog, tapi ngga semua orang bisa jadi blogger. Ada teman tebe yang gara-gara sering baca blog tebe, jadi ikut-ikutan pengen bikin blog. Setelah blognya sudah jadi, eh tulisannya ngga muncul-muncul. Setelah tebe tanyakan ternyata dia ngga tahu bagaimana caranya memulai menulis. Itu artinya dia masih belum mempunyai bakat dalam menulis. Sementara kita yang sudah terjun di dunia blog dan sudah melahirkan banyak tulisan, harusnya merasa bangga bahwa kita memiliki bakat dalam menulis.

Terus gimana be kalo kita udah menulis tapi kita ngerasa tulisan kita kurang menarik?

Jangan kuatir lagi! Kalo kalian masih merasa belum jago menulis layaknya penulis terkenal seperti Raditya Dika dan yang lainnya. Ada caranya agar kalian tetap semangat menulis sambil belajar bagaimana bisa jago menulis.


  • Mencari penulis idola


Kalian harus punya sosok penulis yang menjadi idola kalian. Seperti halnya seorang gitaris mengidolakan John Petrucci misalnya. Secara tidak langsung seorang gitaris tersebut akan termotivasi untuk bagaimana bisa bermain seperti idolanya tersebut. Begitu juga dengan penulis. Jika kalian punya penulis idola, kalian akan suka untuk membaca tulisan idola kalian, bagaimana bahasa yang digunakan, secara tidak langsung kalian belajar bagaimana menulis yang baik seperti idola kalian.


  • Membaca buku

Sebuah buku yang diterbitkan oleh penerbit major, pasti melewati beberapa tahapan. Mulai dari seleksi tema tulisan, bahasa penulisan, sampai bagaimana naskah tersebut bisa layak dijual dan menjadi buku yang disukai banyak orang. Itulah kenapa seorang penulis bahkan bisa berkali-kali merevisi tulisannya. Dari buku tersebutlah kalian bisa belajar. Perhatikan setiap diksi ( pemilihan kata) yang digunakan agar tulisan tersebut bisa menarik dan disukai banyak orang.


  • Blogwalking

Bewe (blogwalking) juga bisa menjadi sarana belajar menulis yang baik. Artinya kalian jangan terpaku hanya membaca tulisan yang menarik saja. Beberapa blog yang kalian bewe mungkin terkesan acak-acakan dan tidak menarik. Ambil poin positifnya. Dari segi mana tulisan tersebut menjadi tidak menarik. Hal itu bisa menjadi rambu atau pelajaran kalian agar kalian tidak melakukan hal yang serupa.

  • Berlatih
Dan tentu saja setelah banyak membaca dan mengetahui poin-poin untuk menulis yang baik, kalian harus berlatih untuk menulis. Jangan takut salah, yang penting menulis dulu. Isi blog kalian, promo dan minta masukan dari teman-teman blogger yang lain mengenai tulisan kalian. Dari sana kalian bisa belajar lebih baik lagi, jangan takut dikritik. Tanpa kritikan seorang penulis tidak akan bisa maju.


2. Tentukan Tema Tulisan
Motivasi yang kedua adalah menentukan tema tulisan yang akan kalian buat. Misalnya kalian suka menulis absurd, kalian bisa menceritakan hal-hal yang ada di sekeliling kalian dengan sudut pandang seorang komedian. Atau mungkin kalian suka jalan-jalan. Tulislah sudah pernah traveling kemana saja kalian. Ceritakan dengan sejujur-jujurnya. Ketika kalian sudah menemukan tema tulisan dan kalian mulai menulis, maka dengan sendirinya tangan kalian akan bekerja seolah-olah bisa berjalan sendiri. Lancar seperti jalan tol.

3. Tujuan Ngeblog
Apa tujuan kalian ngeblog juga bisa jadi motivasi kalian untuk menulis. Misalnya kalian ingin jadi penulis buku, anggap saja blog adalah draft kalian untuk menyusun sebuah naskah buku. Atau mungkin kalian ingin agar kelak blog kalian bisa jadi sebuah catatan perjalanan hidup kalian yang bisa kalian kenang saat tua nanti. Pasti kalian tidak ingin melewatkan satu momen-pun untuk kalian tulis. Karena setiap momen adalah berharga untuk kalian kenang.

Atau mungkin juga kalian adalah seorang blogger yang ingin me-monetize blog kalian. Kalian pasti ingin mengisi blog kalian dengan konten yang banyak dan bermanfaat. Agar blog kalian menduduki rank yang tinggi dan uang-pun dengan mudah mengalir ke kantong kalian.

4. Buat Deadline Menulis
Sebagai seorang blogger, alangkah baiknya jika kalian menentukan deadline untuk menulis. Misalkan kalian ingin menulis setiap hari Senin, maka di hari Selasa sampai Minggu adalah waktu kalian mencari bahan untuk tulisan. Atau mungkin ingin menulis seminggu tiga kali, lima kali, atau bahkan mungkin ingin menulis sehari sekali. Jika deadline sudah ditentukan, pasti kalian merasa bertanggung jawab untuk memenuhi deadline kalian.

Ada sisi positif dari menentukan deadline menulis. Jika kalian serius dan bertanggung jawab dalam memenuhi target deadline kalian, mau tidak mau kalian pasti mencari bahan untuk menulis. Entah itu dari membaca buku, koran, majalah. Atau mungkin membaca berita di internet, blogwalking dan lain sebagainya. Maka secara tidak langsung kalian telah menambah banyak sekali wawasan dan pengetahuan ke dalam kepala kalian. Kalian jadi tahu banyak hal di luar sana. Jadi tahu berita-berita yang sedang hangat. Ataupun pengetahuan-pengetahuan baru yang belum pernah kalian ketahui sebelumnya. Keren bukan, kalian bisa jadi lebih pintar.

5. Bangga Jadi Blogger
Motivasi yang terakhir adalah kalian harus bangga menjadi seorang blogger. Bangga ketika kalian sharing tulisan kalian di sosial media. Teman-teman kalian membaca dan berkomentar positif. Tentunya dengan rasa bangga tersebut memacu kalian untuk terus menulis lebih baik lagi, terus mengisi blog kalian dengan tulisan-tulisan yang disukai orang. Ngga keren kan kalau kalian mengaku sebagai seorang blogger di depan teman-teman kalian, tapi blog kalian hanya dipenuhi sarang laba-laba dan bungkus minuman berenergi. #ApaCoba




Well, segitu saja motivasi yang tebe bagi agar kalian tetap semangat ngeblog. Kalau ada yang kurang dan kalian ingin menambahkan, silakan tulis di kolom komentar. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat!

Author : @elangdrum


[Tips BE] 5 Motivasi Ngeblog [Tips BE] 5 Motivasi Ngeblog Reviewed by Blogger Energy on 18:29 Rating: 5

24 comments

  1. Wah keren nih tips nya. Pasti yang nulis GANTENG BANGET! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya elah kan yg nulis kamu sendiri Lang hahahaa
      kalo aku sih biasanya termotivasi nulis bila ada giveaaway hahahaa gak dink
      aku suka nulis kalo lagi banyak acara shg bisa aku tuangkan lewat tulisan, kalo masalah target postingan dan deadline gak begitu aku pikirkan
      oya, BW penting bgt buat aku, soalnya lwt tulisan teman2 aku bisa punya banyak ide hehehe

      Delete
    2. SETUJU SAMA MEI!
      eh kepencet capslock smua -___-

      keep blogging ya gyerz ^__^

      Delete
    3. hahahhaha keep writing guys
      dont forget to share your opinion, experience de el el

      Delete
  2. kalo aku akhir-akhir ini nggak punya semangat nulis, banyak kegiatan banyak kerjaan, jadi nggak sempet. tapi mungkin tips dari kamu oke juga... :)

    ReplyDelete
  3. ihhh kereeeennn tulisannya lang, wah ini udah passs..bener banget emang..harus rajin baca biar nambah kosakata dan juga cara nulisnya...juga tentukan deadline. ah, bener banget tuh!! gue sampe gue catetin todolist tiap harinya nulis blog tema apa, besok tema apa gituuu...dan practice makes perfect!! jadi, teruslah berlatih. semangatttt!!!

    ReplyDelete
  4. gila! KEREN BANGET INIH!
    udah komplit deh tipsnya, tinggal dipraktekin aja buat kamu, kamu dan aku hihihi

    ReplyDelete
  5. HARUS AKU COBA NIH!!! Udah 1 tahun gak nulis di blog :'(

    ReplyDelete
  6. Biasanya mashi ada blogger yang kurang senang tulisannya dikritik. padahal di poin 1 tuh penting banget kan kritikan, terutama yang membangun dan membuat tulisan blogger itu menulis lebih baik. Atau mungkin, caranya saja yang kurang berkenan di hati blogger itu kali yak? *malah curhat:p

    Keren tipsnya. Semoga yang nulis dan yang baca selalu termotivasi untuk terus nulis. :D

    ReplyDelete
  7. ini tips yang saya butuhkan, kebetulan saya mau mulai lagi merintis karir sebagai blogger lagi *halah setelah setahun vakum ngeblog

    ReplyDelete
  8. Ini nih, motivasi yang super buat blogger newbie.

    ReplyDelete
  9. haaaha, itu gambar bikin senyum2,

    mengenai deadline itu gue setuju banget. dengan deadline, kita bisa jadi disiplin, dan secara terpaksa mencari materi untuk ditulis. kalo enggak ada deadline yg ada kita enggak nulis2, terus2an menunda, alhasil kita tulisan kita gk bakal ditulis2 deh. hehe

    ReplyDelete
  10. Setuju semuanya! Keren-keren. Yang pake deadline itu sebenernya kata lain dari konsisten. Percuma bikin dl, kalo nggak bertanggung jawab dan gak bisa konsisten.

    Keep writing!

    ReplyDelete
  11. pas banget baca ini soalnya lagi males2nya nulis di blog -_____- tapi kalo pake dateline menurutku susah deh, soalnya suka ada halangan kalo ditentuin, lebih suka dadakan :3 tapi tipsnya keren....

    ReplyDelete
  12. Membaca motivasi dari Mr. Elang.. aku jadi semangat lagi niih nulisnya...
    Boleh nanya ngga, tanggungjawab sama deadline memang kadangberbarengan.. kalau kayak aku kan orangnya suka nunda-nunda menulis.. kira-kira solusinya apa ya..?

    ReplyDelete
  13. bener banget apa yang dikatakan elang..
    sepakat deh..*toss*

    kalau mau nulis, ya langsung dipraktekkin..jangan kelamaan niat...hehe
    pengalaman sih..:D

    ReplyDelete
  14. naaaaaaaaaaah ini wajib di bookmark !!!

    Kendor banget semangat ngeblog ku.
    Hiks :'(

    eh tapi kata om el kan jangan kebanyakan niat, langsung tulis.
    Nah itu aku suka ngeblank tengah jalan.

    Akhirnya, select all, delete :'(
    Tidak ada bakat mungkin

    ReplyDelete
  15. Bener banget tipsnya whahahaha. Kalo gue sih paling semangat blogging gara-gara baca buku, jadi bisa nyeritain kembali bukunya sekalian ngasih referensi ke pembaca. Terus kalo abis jalan-jalan juga semangat nulis tuh buat mengabadikan perjalanannya dalam bentuk tulisan:)

    ReplyDelete
  16. wah,,, makasih ,... bakal semangat terus nih,.. apalagi kalau emang bener sama mbak raisa,... hahah,...

    ReplyDelete
  17. akhirnya dapat juga innspirasi..
    thanks ya mas, lagi males bgt ni ngeblog...

    ReplyDelete
  18. menambah semangat dan ispirasi

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Thanks buat tips-tipsnya yang bermutu. Mungkin gue masih kurang dalam hal menentukan tema. Agak susah buat menyelaraskan antara postingan terdahulu sama yang baru. Takutnya jadi random blog gitu.. Kan, jadi curhat.

    ReplyDelete
  21. Tesyekur Ederim buat Tips nya BE, bermanfaat banget :)

    ReplyDelete