Header AD

NBBE FIX!



Setelah menunggu terlalu lama terkait siapa aja naskah yang bakalan lolos NBBE. Akhirnya... fix juga siapa aja nama-nama yang bakalan mengisi line-up naskah ‘Asem Manis Cinta’. 

Benar-benar perjalanan panjang. Naskah yang awalnya ada sekitar lima puluhan cerpen, kemudian dipangkas menjadi tiga puluhan dan setelah masuk penerbit ternyata hanya disisain dua belas biji. Hal ini mungkin bukan sesuatu yang luar biasa bagi mereka yang enggak ngerasain perjuangan naskah ini dari awal. Di mana waktu itu, ranger mencoba mengajak temen-temen gyerz untuk ikut Nulis Bareng Blogger Energy tanpa kita tahu apakah naskah ini bener-bener akan tembus ke penerbit mayor atau tidak. 

Bahkan saat itu, ranger sudah melakukan antisipasi terburuk. Jika naskah yang udah terkumpul enggak bisa masuk penerbit mayor, maka ranger akan terbitkan lewat penerbit indie online. Beruntung, karena ternyata naskah BE bener-bener diterima oleh penerbit mayor. Walaupun di sisi lain kita agak kurang puas juga karena mungkin jumlah tulisan yang dibutuhkan dalam buku perdana Blogger Energy hanya menjadi tersisa dua belas biji aja. Yah, bagaimanapun juga editor jauh lebih tau tentang ini.

Dan inilah line-up yang bakal mengisi tulisan di buku perdana Blogger Energy:

1.      Arie Suryawinata (@sandalpedottt)
2.      Mei Wulandari (@Meifariwis)
3.      Edotz Herjunot (@edotzherjunotz)
4.      Ahmad Fauzi (@Fauezhiie)
5.      I Wayan Danu (@terlahir_cupu)
6.      Yoga  Shena (@yooghaS_)
7.      Ichsan Ramadhani (@ichsanrmdhni)
8.      Bayu Putra A. (@bayubuna_)
9.      Huzaima A. Potabuga (@Amii_potaboga)
10.  Nurul Prayoga (@Nurulprayoga)
11.  Eva Dina Lathifah (@eva_dino)
12.  Efnu Mubarok  (@efnumu)

Mungkin kelihatannya agak radikal juga ya dari sekitar tiga puluh naskah yang masuk di blogger energy ternyata hanya menyisakan dua belas aja. Kayaknya kalo dianalogikan, naskah BE ini udah persis banget sama Indonesian Idol, yang akhirnya hanya menyisakan dua belas peserta di panggung spektakuler, dan panggung spektakuler bagi Blogger Energy ini bisa diartikan sebuah buku. Kalo analoginya maksa, yaudah.. jangan dipikirin terlalu serius. Ntar malah ambeyennya jebol.

Sebenernya kalo bisa, pengennya sih ranger masukin semua naskah BE. Tapi bagaimanapun juga semua udah ditetapkan, anggap aja ini sebuah pembelajaran yang hebat bagi kita. Bagaimana dalam satu komunitas kita telah menciptakan sebuah persaingan yang sehat, persaingan yang positif. Hal ini bisa kita jadikan pembelajaran untuk terus menulis dan menulis agar ke depannya bisa lebih baik. 

Karena jika kita terlalu lambat menulis, terlalu menyalahkan kesibukan bahkan terlalu menikmati zona nyaman, kita akan tertinggal jauh dari mereka yang terus menulis setiap hari.
Oh iya..

Sebelumnya ranger ngucapin thanks banget buat semua yang udah berpartisipasi terhadap proyek Nulis Bareng Blogger Energy ini. Kalian yang udah luangin waktu untuk mencari ide, kalian yang luangin waktu buat nulis demi proyek ini, dan kalian yang udah bela-belain membuka kembali ingatan lama tentang kisah cinta kalian yang absurd atau bahkan nyesek. Setidaknya bagi ranger, kalian udah berusaha dibandingkan mereka yang hanya bisa melihat acara semacam ini tanpa minat. Kalian hebat... 

Bukan bermaksud menggurui sih. Ranger cuma pesen, tetap berpikir positif buat kalian yang naskahnya belum bisa lolos. Bukan berarti naskah kalian jelek atau enggak bagus. Hal ini hanya masalah selera aja kok. Serius.. gini deh gampangnya, coba kalian perhatikan buku komedi terbitan bukune dan gradien, cara penyampaiannya pasti beda banget. Dan tiap penerbit punya selera masing-masing. 

Jadi, jangan berpikir kalo kalian selama ini percuma nulis. Jangan jadikan hal ini alasan untuk berhenti menulis, tapi jadikan ini motivasi untuk belajar lebih baik.

Sedikit saran dari ranger, setelah nanti buku blogger energy terbit. Buku ini wajib langsung kalian beli! Dan jangan lupa untuk pelajari dengan cermat naskah-naskah mereka. Kira-kira naskah seperti apa sih yang disukai editor? Gaya penulisan seperti apa sih yang disukai editor? Walaupun ini bukan sebuah kompetisi yang menentukan juara 1,2 dan 3. Tapi temen-temen yang namanya masuk ke buku BE bisa dikatakan mereka yang punya cerita dan karakter penulisan yang unik, yang beda, yang sesuai dengan selera editor.
Dan...

Masih ada kesempatan buat kalian yang pengen ikutan lagi di Nulis Bareng Blogger Energy, karena buku ini bukan buku terakhir BE yang bakalan terbit (insya allah). Sebelum datang waktunya untuk proyek buku kedua. Sekarang, ayo deh.. latihan nulis dulu lebih rajin biar naskah kalian bisa tembus di buku kedua BE yang belum tau kapan bakal diomongin lagi. 

Saingan kalian di BE nantinya juga pasti lebih banyak. Karena Ranger tahu, di dalam komunitas Blogger Energy banyak blogger yang punya skill menulis keren. Jangan sampai deh kalian menyia-nyiakan kesempatan kedua. Dan pokoknya jangan sampai saat kesempatan kedua datang kalian masih dalam kondisi jarang nulis dan kaku.

Semoga kalian terus berusaha...
Teruslan menulis dan nikmati prosesnya.
Semangat!!!
NBBE FIX! NBBE FIX! Reviewed by Blogger Energy on 16:17 Rating: 5

18 comments

  1. Lope banget sama nih kalimat >> Karena jika kita terlalu lambat menulis, terlalu menyalahkan kesibukan bahkan terlalu menikmati zona nyaman, kita akan tertinggal jauh dari mereka yang terus menulis setiap hari :D

    Selamat buat yg udah lolos ya :) dan semoga buku BE menjadi best seller, terjual jutaan copy, dan semoga aku bisa ikut berpartisipasi utk buku yg ke-2, ke-3, dst. Amin :)

    ReplyDelete
  2. alhamdulilah, ada Ichsan Ramadhani disana.
    selamat buat semua teman2 yang lolos, yang belum lolos, bener kata ranger, bukan tulisanya jelek, mungkin hoki nya bukan di Buku BE yang pertama ini, semangatttt

    ReplyDelete
  3. Buat yang belum lolos tetap semangat ya, dan harus beli bukunya juga !
    Oh iya, kira-kira hasil penjualannya mau digunain buat apa nih ?
    Gue kayakanya sekarang sering nyalahin kesibukkan dan gak mau keluar dari zona nyaman. Jadi gak nulis-nulis lagi -_-

    ReplyDelete
  4. Selamat yang udah lolos. Yang gak lolos jangan kecewa dulu. Masih ada banyak kesempatan. :)
    Tapi bener juga tuh, kan setelah ini masih ada program2 lain dari BE. Jd masih ada peluang :3

    ReplyDelete
  5. Selamat buat yang lolos. Buat yang belum lolos, ini bukan akhir dari segalanya. Editor mah masalah selera aja. Dan, gue siap beli bukunya karena ini yang nulis temen-temen sekalian. Jadi, gue udah hafal tulisannya. Hehe.

    ReplyDelete
  6. Sebelumnya selamat yang sudah lolos ya Naskahnya.
    Sumpah jadi tambah semangat nulis ini saya, semoga bisa bersanding dengan senior-senior di BE.

    ReplyDelete
  7. wuihh selamat ya untuk yang terpilih. pasti keren2 karyanya ^^
    yang belum beruntung, gpp yang penting sudah mencoba ^^

    ReplyDelete
  8. untuk temen-temen yang tulisannya lolos kalian luar biasa. yang belum beruntung, kalian gak kalah luar biasanya.

    ReplyDelete
  9. congrats ya buat temen - temen yang naskahnya lolos.
    aku tunggu nih buk BEnya.
    semoga dilain kesempatan yang belum lolos bisa ikut berpartisipasi :)

    ReplyDelete
  10. selamat buat teman-teman yang lolos seleksi, ditunggu terbitnya buku BE, Insya Allah aku beli, mudah-mudahan pak dapet gaji yak... :)

    ReplyDelete
  11. Selamat buat yang lolos seleksi, yang belum lolos, ayo serbu penerbit mayor dengan tulisan kalian sendiri. Royaltinya lebih gede loh. #eh ^___^V


    Karena menulis adalah jantung jiwa, maka teruslah berkarya untuk keabadiannya :)

    ReplyDelete
  12. oh meeeen, kalian semangat yaaaak..walo dulu aye nangis darah karena tulisan aye nggak masuuk, ayo buku kaliann harus terbiiittt perjuangankan sampai titik darah penghabisan, dan pasti gue akan beliiiii... :D

    ReplyDelete
  13. Haha kak Mey sampe nangis darah gtu wkwk... alhamdulillah yaaahhh... meski pun naskah saya udah tereliminasi di tahap pertama... saya tetap senang dan ngedukung buat terbitnya NBBE ini...selamat yaaa buat teman2 yang lolos... yang belum *termasuk saya.. jangan kecewa.. insya Allah semoga masih ada kesempatan lagi buat ikutan buku BE ke dua...

    ReplyDelete
  14. alhamdulillah namaku ada di sana, selamat ya guys
    yg belum lolos jangan berkecil hati tetap semangaaaat!!!
    thanks BE

    ReplyDelete
  15. Waah...selamat yaa yang terpilih =)) walau gue sendiri belum kepilih tapi gue bangga telah menjadi keluarga disini, gue mesti banyak belajar dari mereka mereka =)) dan yang terpenting..GUE NGGAK SABAR KAPAN BUKUNYA TERBIT wkwkwk

    ReplyDelete
  16. alhamdulillah, naskah sy masuk.... :)
    terima kasih untuk pencetus ide NBBE, terima kasih untuk mereka yg tetap smangat sampai naskah crita tman2 BE smpe ke penerbit. Terima Kasih untuk kerja kerasnya.
    Semangat Gyerz... !!

    ReplyDelete
  17. gue nggak nyangka kalo nama gue ada disana....
    alhamdulillah banget deh.
    buat yang laen, bner tuh kta ayam. mngkin gue jga hnya hoki smata. makanya, kta ttep smngat ngeblog okeeeh.... gue juga sring khilaf nelantarin blog juga sih _ _"

    ReplyDelete
  18. Wuihh. Dulu pertama-pertama masuk BE, NBBE baru aja diterima editor. Sekarang, setelah sekian bulan, akhirnya udah jelas juga. Dan April udah bakal terbit!

    Gue emang engga ikut proyek ini, tapi gue juga ikut bangga. Bangga jadi salah satu dari grup blogger terkeren ini!

    Buat proyek buku kedua yang gatau kapannya, gue antusias pengen nimbrung! Semangat!

    ReplyDelete