Header AD

[Ngobrol Unyu] @planetyar

Hai, gimana kabarnya? Uussttt!!! gak usah dijawab, Tebe udah tahu kabar kalian gimana? Paling masih jom*lo kan? *sengaja disensor biar gak pedih-pedih amat*

Udah yang kedua, blog BE ngepostingin tulisan-tulisan dengan konsep yang seger meskipun gak ada unsur nutrisarinya. Semoga aja dengan ada konsep baru ini, BE gak cuma ramai di grup FB, WA, tapi juga di blog. Makanya kalo habis baca ini, langsung komen ya. Didoain deh yang komen dapet pacar. Iya, pacar... pacar tangan.

Kemarin Tebe udah ngepostingin Tips (bagi yang ketinggalan bisa klik di sini). Sekarang bukan ngebahas tips, tapi lebih mempromosikan Gyerz-gyerz.. siapa tahu aja setelah ini ada yang berminat ngegebet. Siapa tahu aja.

Tanpa banyak basa-basi lagi, kemari Tebe ngewawancarain Gyerz kece nan keren. Mungkin beberapa dari kalian masih banyak yang gak kenal sama dia. Langsung aja deh, daripada kalian penasaran entar Tebenya didoain tambah keren kan berabe entar.

Inih isi wawancara Tebe dengan dia. Awalnya Kru-nya Trans TV pengen ngeliput wawancara kita tapi berhubung ini wawancara dengan blogger bukan dengan abang Somay yang bikin Somaynya pake karet ban dalam akhirnya Kru Trans TV tersebut memutuskan sepihak. Emang sakit sih kalo diputusin sepihak, apalagi masih sayang-sayangnya. Huft banget.

Tebe: hai, gimana kabarnya nih? Masih kayak dulu kan, jomblo? Ups, maaf! Keceplosan.
Jawaban: Baru pertanyaan pertama udah nge-jleb kayak gini aja. Huft.

Tebe :  sibuk ngapain aja nih? Jadi lama banget blognya gak diperhatiin. Coba aja blognya itu cewek pasti kamu udah diputusin dan pas kamu udah perhatiin ternyata dia udah jadian.... sama temen sendiri lagi. Nyesek!! Double!!
Jawaban: Iya nih. Huhu. Biasalah. Sekarang lagi jadi mahasiswa tingkat akhir. Musti ngurus apa itu namanya? Iya, skripsi. Jadi agak susah buat blogwalking. Sudah tidak kayak dulu lagi. Sudah berubah.

Tebe : boleh kepoin kamu gak? Tapi gak ada yang marah kan? Eh iya, kamu kan jomblo jadi gak ada yang marah pasti. Ups, maaf! Keceplosan (lagi)
Jawaban: *Jedotin dahi ke tembok*

Tebe: gimana pendapatan kamu selama kerja jaga parkir sendal jepit di Mesjid?
Jawaban: Iya kamu tahulah. Bisnis seperti ini sangat terpengaruh sama harga dolar dan perkembangan ekonomi Negara-negara sedang berkembang. Dolar makin naik, kedelai naik, otomatis harga produksi sandal jepit juga semakin naik. Sandal jepit menjadi komoditas yang langka. Hal ini mengakibatkan jumlah sandal jepit yang beredar di pasaran semakin sedikit sedangkan harganya semakin melambung. Sekarang warga sudah sedikit yang mau pakai sandal jepit masjid. Lebih enak pakai high-heels katanya. Bisa sambil gaya.

Tebe: oh, maaf saya salah orang. Maksudnya gini, awal mula kamu kenal blog itu kapan? Terus dari sekian banyaknya genre blog kenapa milihnya personal blog? Cerita dong *emot ngarep*
Jawaban: Ih kamu ih. Awal kenal blog sih tahun 2008. Waktu itu baru lulus SMA. Kamu kenal Friendster? Situs jejaring social maha gaul pada tahun segitu? Nah, jadi waktu itu, saya sangat menggemari Friendster. Saking gemarnya, satu hari bisa bolak-balik ke warnet untuk mengurusi barang ini. Ya maklumlah, waktu itu hape belum banyak yang bisa internetan, modem juga masih sedikit yang pake. Nah, waktu frienster lagi keren-kerennya, tiba-tiba situs mereka kena maintenance, semacam gangguan gitu. Ibaratnya kayak orang pacaran, terus tiba-tiba ada sesuatu yang terjadi di dalam hubungannya. Nggak bisa diakses. Karena bosan menunggui maintenance, akhirnya saya dan teman-teman coba bikin blog. Tujuannya waktu itu biar bisa keep in touch sama teman-teman SMA yang sudah pisah ke mana-mana karena kuliah di kampus yang bead. Ada yang menetap di Makassar, ada yang ke Bandung, ada yang ke Jakarta, jadi kita sepakat untuk bikin blog. Eh akhirnya yang eksis tinggal saya. Saya merasa tertipu. Terjebak di dunia ini.

Tebe: astaga. Jadi sampai lupa kenalan? Nama kamu siapa? Alamat blog kamu apa? Blogger dari mana nih?
Jawaban: Saya Tyar. Lengkapnya Adityar. Di dunia internet sering pakai username planetyar. Blognya di www.planetyar.com. Blogger Makassar. Salam kenal.

Tebe: Oh gitu, kita sambung ngobrol lagi ya. Terus, tahu atau kenal Blogger Energy itu dari mana? Apa yang membuat kamu jadi kepengen gabung sama Blogger Energy?
Jawaban: Kenal BE itu udah lupa sih dari mana. Jadi tertarik sama BE itu karena member dan pembahasannya seputar blog personal. Saya banyak sih gabung ke grup blogger lain, tapi kebanyakan bahasnya kalau bukan SEO, ya tentang itu-itulah pokoknya. Padahal niat awal saya bikin blog yang buat personal. Menurut saya blog yang personal itu keren.

Tebe: oh gitu. Kita balik lagi ke masalah blog. Terus biasanya blognya diisiin cerita apa-apa aja?
Jawaban: Kebanyakan tentang cerita yang dialami sehari-hari. Semacam online diary gitulah. Kadang-kadang curhat. Diisi kalau lagi galau, ya daripada galaunya sambil ngehitung bintang sambil kayang di atap kan tidak keren dan berbahaya? Jadi disalurkanlah ke blog. Itung-itung buat nambah temen juga.

Tebe: Biasanya kalo nulis itu waktunya kapan? Kan ada penulis yang suka nulisnya malam, pagi, atau gak kenal waktu? Kamu masuk ke yang mana?
Jawaban: Gak kenal waktu sih. Waktu awal bikin blog, biasanya nulisnya tergantung kalau lagi di warnet. Soalnya waktu itu saya nggak punya komputer. Jadi nulisnya di warnet, terus diposting saat itu juga. Kalau sekarang biasanya sih pagi atau sore.
Tebe: biasanya kalo nulis itu dapat idenya dari mana sih? Apa dari sekitar, semacam temen, pacar, atau bahkan dari abang odong-odong?
Jawaban: Kebanyakan dari kejadian-kejadian yang saya alami. Iya hampir semua dari kejadian sehari-hari.

Tebe: Nah, biasanyakan ide itu gak selalu datang. Kalo ide buat nulisnya gak ada kamu ngapain aja? Atau ada cara semacam tips biar idenya datang terus blognya bisa lancar lagi? Jangan bilang harus minum Kiranti dulu.
Jawaban: Hahaha. Saya tidak menyarankan minum Kiranti, terlebih kalau kamu laki-laki. Ide memang tidak selalu datang, karena itu malah kita yang harus mendatanginya. Caranya? Perbanyak membaca, perbanyak blogwalking, lakukan hal-hal di luar rutinitas, dan wajib memperbanyak menulis. Satu-satunya cara untuk belajar menulis ya dengan menulis. Hehe.

Tebe: ada target gak tiap minggu atau bulannya harus ada berapa tulisan yang dipublis diblog?
Jawaban: Ada! Biasanya saya menargetkan setiap minggu satu tulisan. Awalnya bisa komitmen sih, tapi karena kesibukan lain jadi yaa…

Tebe: Nah, itu tadi kan blog secara isi. Kalo secara tampilan. Menurut kamu tampilan blog itu penting gak? Kalo penting apa alasannya, kalo gak penting apa alasannya?
Jawaban: Bukan penting lagi, tapi wajib! Tampilan blog yang menarik itu sudah wajib minimal teratur dan enak dipandang. Blogwalking itu kayak kita ketemuan sama orang. Kalau penampilan kita enak dipandang, tentu orang yang kita temui lebih tertarik untuk mengenal kita lebih dalam. Kalau tampilan blognya juga enak dipandang, teman-teman pengunjung blog tentu akan lebih tertarik untuk membaca isinya. Tidak perlu muluk-muluk yang penting tampilan blog nyaman di mata dan di komputer. Misalnya dari tampilan blog yang paling penting pemilihan warna latar yang tidak menyala, pemilihan warna tulisan yang enak dibaca, dan kalau bisa seminim mungkin skrip yang aneh-aneh. Mengapa? Tidak semua orang senang dengan skrip blog yang aneh-aneh, misalnya efek salju, efek bayangan mouse, efek inilah, efek itulah, selain itu, semakin banyak skrip yang diapai di blog, blog kita juga akan semakin berat untuk dibuka. Kamu tahu sendiri kan kecepatan internet kita naik turun? Atur juga tuh, satu halaman blog muat berapa postingan. Aduh jadi kepanjangan gini ya? Hehe.

Tebe: jadi, tampilan blog yang keren itu menurut kamu seperti apa?
Jawaban: Udah ada di atas tuh :)

Tebe: oh gitu. Kira-kira ada tips gak buat temen-temen kita yang lain biar ngeblognya berenergy?
Jawaban: Banyak-banyakin blogwalking! Wajib!

Tebe: sip. Bagi kamu blog itu apa? Dan seberapa berharganya dia?
Jawaban: Berharga pakai banget! Blog memang popularitasnya tidak seperti twitter, facebook, atau  instagram. Tapi satu hal yang perlu diingat, dulu, popularitas Friendster dan MySpace sangat-sangat tinggi. Tapi lihat sekarang, siapa yang masih aktif di sana? Bukan nggak mungkin suatu saat facebook, twitter dan instagram akan ditinggalkan juga. Kalau blog popularitasnya memang begitu-begitu saja. Tidak popular-populer amat, tapi ya popularitasnya juga tidak turun-turun. Blog itu kerenlah pokonya. Kalau berharganya blog secara personal ke saya, blog adalah planet kamu sendiri yang bisa kamu isi dengan apapun yang kamu mau. Lewat blog, kamu bisa jadi kenal dengan banyak orang dan bisa membaca dan “menghidupi” dunia mereka lewat ceritanya masing-masing, dengan gaya menulis mereka masing-masing juga. Yakin saja, suatu saat kalau kamu ketemu sama teman blogging secara langsung, kamu akan berasa seperti ketemu teman lama yang sudah lama tidak ketemu. Hehe.

Tebe: Terakhir. Menurut pandangan kamu, Blogger Energy itu seperti apa? Ada saran atau kritikan buat BE biar makin keren lagi?
Jawaban: BE udah keren kok. BE itu kayak pupuk kandang yang senantiasa menyuburkan ide-ide anggotanya untuk mewarnai blognya masing-masing. Ide blog awardnya juga keren. Sarannya, member BE harus sering-sering ikut lomba blog. Dengan mengikuti lomba blog semacam ini, kreatifitas kita akan semakin ditantang yang akhirnya akan mempengaruhi kualitas postingan kita sendiri. Termotivasi saat membaca postingan peserta lain, apalagi kalau bisa menang. Kan lumayan? Hehe. Kopdar-kopdar juga penting tuh. Kalau nggak mau kopdar, kita koplut. Kopi laut. Garing ya?

Tebe: Makasih ya, udah meluangkan waktunya buat wawancara sama Blogger Energy. Semoga obrolan kita bisa bikin yang baca termotivasi biar semangat ngeblog.
Jawaban: Sama-sama. Saya juga mau mengucapkan terimakasih sama grup ini. Semakin keren ya, kalian! Mohon maaf juga kalau belakangan ini jarang blogwalking. Makanya didoakan biar urusannya cepat selesai gitu. Haha. Ini mah modus. Keep blogging, Fellow Aliens :D


Gimana? udah tahu kan atau baru tahu kalo dia juga bagian dari BE?

Kira-kira diwawancara berikutnya siapa ya? penasaran? tunggu tanggal mainnya.
Yihaaa!!
[Ngobrol Unyu] @planetyar [Ngobrol Unyu] @planetyar Reviewed by Blogger Energy on 18:23 Rating: 5

47 comments

  1. Hay kak tyar..salam kenaaal..aku kok belom pernah ketemu sama kakak ya?iya, emang akunya kurang eksis-,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga, Wila. Hehe.
      Iya nih, kita belum pernah ketemu. Nanti aku datengin blognya deh. Hehe. Salam kenal... Mulai sekarang harus eksis dong ya. Kenal sama banyak temen BE biar makin eksis dan gaya...

      Delete
  2. Hay kak tyar..salam kenaaal..aku kok belom pernah ketemu sama kakak ya?iya, emang akunya kurang eksis-,-

    ReplyDelete
  3. waaa, wawancaranya lucu! aku kok belum pernah BW ke blognya ya.. aktifin lagi dong :))

    ReplyDelete
  4. wahahaha. bahaya nih wawancara, gue nunggu2 bahas aib gitu.e hh tapi gak ada. next episode bahas aib orang yd di wawancarain ya wkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh. Baru-baru ini gue mikir kalau wawancara ini sebenarnya dilakuin bukan buat kenalan, tapi buat bongkar-bongkar aib...

      Delete
  5. hai kak tyar. aku juga gyerz makasar loh. aku baru tau ada kakak yg anak makassar juga.. yihhii.. semoga urusannya lancar dan bisa ngeblog lagi kakak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga, Bun. Hehe. Senengnya tahu ada gyerz dari Makassar juga. Sudah saya follow loh blognya :)

      Delete
  6. Hahahaha. Edisi pertama wawanca Tebe, nih. Eh, iya jawabannya ada seriusnya, ada juga lucunya. Dan, intinya adalah keren. Hehe. Anyway, bener kata si Ihsan tuh. Seharusnya ada pertanyaan yang bikin narasumber jadi mendapat sedikit daya kejut. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Saya juga berpikir seharusnya begitu. Mungkin seharusnya narasumber kita setrum.

      Delete
  7. Tuh dener saran tyar. Tampilan blog itu pening, bukan pending sih malah wajib katanya. Saya sependapat sama dia. Tampilan blog itu prioritas utama.

    Semoga urusannya lancar dan beres, biar bisa berbagi energy lagi sama kita semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita sepakat, Bay. *Tosss

      Amin. Makasih banget loh.

      Delete
  8. waduh... gue baru tahu kalo ada kawan seperjuangan di BE yang bernama Tyar.. sumpah gue baru tahu.. Wawancara kaya gini sangat bermanfaat bagi member baru... Mantappp.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih. Salam kenal. Salam super...

      Delete
  9. Replies
    1. Halo, Febie... Kamu juga ganteng
      *eh

      Delete
  10. yo yo tyar. ngeblog lagi ayo. buat yg berikutnya request yg cewek dong tebe :D

    ReplyDelete
  11. Waaaaah udah lama yaah ni anak gak keliatan ... Moga bisa ngeluangin waktunya buat ngeblog di tengah kesibukan~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Om. Mohon pemaklumannya. Hiks :(

      Delete
  12. hahahaha yang sendal gokil amat....

    emang skripsi mengganggu dunia blogging men, gue tau rasanya kok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang rasanya merasa gue nggak sendirian...

      Delete
  13. Kayanya dulu pas aku belum gabung ke be aku pernah mampir ke blognya ka tyar deh :> tapi lupa ngomen apa enggak..

    Edisi selanjutnya wawancarai pak founder dong._.

    ReplyDelete
  14. saran aja
    kalo pas pembukaan lebih baik dikasi tau blognya apa fb dan twitter
    atau dibagian akhir, kaya punya si erik dibuatin gambar gitu juga boleh
    biar gak terkesan asing kalo jarang keliatan di BE juga
    terus pas part ask and question warnanya fontnya dibedain aja biar lebih menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue setuju sama bang oges nih.

      gue jarang lat akang yang satu ini -__-

      Delete
    2. Thanks ya, bro masukannya.

      Ini kan tujuannya emang dibikin buat gyerz yang udah lama gak nongol, siapa tahu setelah ini dia bisa nongol lagi kek dulu.

      Tapi kalo bagian wawancaranya emang sempet bikin warna sih, tapi takut keramian entar malah dikira blog playgrup. Tapi keren masukannya. Salut

      Delete
  15. hallo kak tyar, salam kenal :)
    Kapan kapan bahas profilnya para rangers dan tebe dong. penasaran :D

    ReplyDelete
  16. wahhhhhhhhhh, selanjutnya siapa lagi ya yang diwawancarai :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yang request wawancara founder... Aku sih ngarepnya Syahrini aja yang diwawancarin

      Delete
  17. halo tiyar. salam kenal. keren postingannya !

    ReplyDelete
  18. yaaaahh kok aku baru tau kalau ada gyerz Makassar yang namnya Tyar... hadeuh aku yang ketinggalan jaman atau gimana.. hehe Hai Tyar.. salam kenal yahh.. kamu dimakassar tinggal dimana.. ? aku juga di makassar lhoooo *gak ada yg nanya* kamu bilang kopdar itu penting jadi kapan nihhh kita kopdar berdua.. #eh sama Sry jga :D

    setuju sma sarannya bangges mau ngasih saran juga buat tebe... untuk gyerz yang diwawancarai kalau bisa percakapannya jangan cuma tulisa jawaban...kayak rancu aja sih bacanya ...
    bagusnya kayak gini

    tebe :
    tyar :

    sarann aja sihh. ok tebe^^

    ReplyDelete
  19. halooo kak tyar :D
    baru tau kalo ada anggota be yang namanya tyar, maklum aku kudet siihhh huehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha. Salam kenal kalo gitu. Bukan kamu yang kudet, tapi aku yang emang jarang gaul di grup BE. Hiks.

      Delete
  20. bentar deh kakak, ini aku blank soal diaaa..gimana kalo dikasih profile misal
    biodata
    nama :
    TTL :
    makanan favorit :
    minuman favorite :
    hobbi :
    warna favorite :
    kata kata mutiara :
    blog :
    twitter :
    fb :
    instagram :
    path :
    pinterest :

    ya gitu...biar guenya baca ga ada ide, nih orang siapa sih yak?? behehehe
    bagus niiih, keep writing yaaaaaaaaaaaaaaaak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkkwkw bener, setuju ma Meyke... :)

      Delete
    2. setujuu sma meyke...biar lebih jelas infonya...ahaha

      salam kenal, tyar....
      ini akunya yg baru tau ato gimana yah...
      sering2 ngumpul di BE lg dong... :D

      Delete
    3. nah sama kaya meyke
      pertama baca kesannya "ini orang siapa sih ya" XD
      keknya emang diawal lebih baik dikasi identitas dulu njer ^^

      Delete
    4. Ini sip nih masukannya. Semoga entar kedepannya bisa dipraktekin

      Delete
    5. Nah, setuju sama sarannya Meike. Gue juga waktu baca ini juga nanya yang sama, "Siapa ini?". Belakangan gue sadar kalau itu ternyata gue.

      Delete
  21. HALO GANTEEENG ... aku boleh gak sayang sama kamu ?? -___-
    #Halah

    ReplyDelete