Header AD

[InfoBE] - Cara supaya temen mau baca blog kamu

udah, jangan sedih gitu, sekarang aku punya blog loh, kunjungi yuk!  ~
sumber gambar : http://dikameriza.blogspot.com

Jadi ceritanya kamu lagi semangat-semangatnya buat ngeblog. Kamu udah daftar nama domain (gratisan) yang paling cocok setalah berulang kali dapat pesan “Maaf, alamat blog ini tidak tersedia.”, Yap..  akhirnya kamu dapat alamat yang cocok, kamu sudah mulai nulis dan kamu punya ambisi jadi blogger terkenal. 

Sebagai calon blogger terkenal, kamu harus pamerin blog kamu ke teman-teman kamu di dunia nyata. Yoi, sesuai kata iklan semir sepatu “Karena sukses berawal dari bawah” target pasar pertama ya teman teman kamu dulu. Mereka semua pokoknya harus tau kamu sudah bisa ngeblog. Pasti mereka bangga deh punya teman kayak kamu. Terus kamu jadi lebih dihormati dan hidup jadi makin meriah.

Tapi sayangnya, nggak semua temen kamu tiba-tiba tau dan langsung mengunjungi blog yang kamu sayangi itu. Memperkenalkan blog ke teman juga butuh strategi. Harus meyakinkan teman teman supaya mereka nggak nganggap kalau “ah, palingan juga blog kamu isinya cuman “download adobe photoshop full version”. Basi ah.

Nah, makanya. Untung kamu baca tulisan Tebe, jadi ngerti deh gimana caranya membujuk teman untuk ngebaca tulisan blog kamu yang keren banget itu. Kalau misalnya respon mereka nggak ada yang memuaskan, bilang aja “Yaelah bro, namanya juga baru belajar. Nggak ada yang langsung bisa” Maka teman kamu pasti memberikan dukungan supaya mereka jadi temannya blogger terkenal. Oke, ini dia cara caranya:

Join Blogger Energy
Upaya pertama yang harus dilakukan untuk membuat teman kamu mau berkunjung adalah dengan gabung di komunitas blogger personal. Yap, Blogger Energy! Ini berhubungan banget, bayangin kalau seandainya teman kamu terpaksa ngebaca blog kamu terus ngeliat puluhan komentar di satu postingan. Pasti teman kamu berasumsi kalau blog kamu udah banyak yang baca dan terkenal! Yoih, kalau kamu join di BE kamu bakalan diajarin untuk blogwalking. Menjadi blogger yang sesungguhnya. Keren kan? Makanya buat yang belum daftar, buruan join! 

Taruh URL blog di semua sosial media
Sebagai blogger yang belum terkenal sudah pasti kita belum memiliki pembaca tetap. Makanya, untuk memperkenalkan dan memperbanyak-orang orang yang mengunjungi, sudah seharusnya kamu memasukkan URL blog kamu di semua bio sosial media. Tujuan utamanya supaya mereka bisa tau alamat blog kamu. Keren banget kan, promosi yang tidak berbayar tapi menghasilkan hasil yang memuaskan. Karena semua teman kamu bisa langsung iseng ngeklik alamatnya. Coba aja taruh link blog kamu di baliho yang biasanya ditaruh muka muka caleg berekspresi datar. Pasti buka blog kamu lebih sulit. Karena nggak praktis. Udah nggak praktis bayarnya mahal lagi. Iiiih...

Adakan kuis
Semua orang itu suka gratisan, Tebe juga suka, pasti kamu juga. Jadi dalam rangka memamerkan blog kamu, bikin kuis ica kaleee. Pasti semua kuis hunter secara ajaib datang untuk turut meramaikan. Kuisnya juga jangan terlalu susah dan rumit. Kalau kamu buat kuis tentang mengapa belajar kimia itu asik, pasti bakalan sedikit yang ikut. Buat aja kuis yang berhubungan dengan blog kamu. Terus hadiahnya jangan cuman 1 cup teh gelas aja. iPhone 5S bisa menjadi pertimbangan, ya namanya juga usaha..

Ajak secara langsung
Kalau dalam rumus MLM, ajakan secara langsung itu memberikan sugesti yang lebih daripada cuman broadcast di BBM. Apalagi cuma chat di Facebook dengan kata “kunjungin blog aku ya, di dyaemangtega.blogspot.com, ditunggu kunjungannya. Maaf ganggu. thx” palingan beberapa menit kemudian kamu di remove dari pertemanan. Atau kalau beruntung ya dibalas “y” tapi nggak dibuka. Ciyan.. 
Jadi ajakan secara langsung itu biasanya beneran dibuka, tapi lebih afdol kalau kamu buat alasan kenapa teman kamu harus buka blog kesayangan kamu. Salah satu contohnya dengan.. 

Minta mereka ngomentarin
“Bro, buka blog aku dong. Alamatnya dyaemangtega.blogspot.com. Lagi pasang header baru. Minta masukannya dong, kamu kan udah ahli desain grafis”
“Oke, ntar aku buka :)
Iya, dengan alasan simpel itu mereka pasti jauh lebih tertarik untuk mengunjungi blog kamu. Ingat, sisipkan pujian untuk teman, kayak tadi. Kalau teman kamu nggak jago jago amat ya bilang aja “kamu kan teman aku” Pasang senyum yang tulus untuk hasil yang memuaskan.
Terus gimana kalau kamu sudah ngerasa blog kamu udah keren maksimal? Ya pakai aja cara tadi. Humble dikit lah. Belum juga terkenal, udah gitu banget. Cemen... pura-pura aja nerima saran dengan lapang dada. Dengan begitu, pasti teman kamu dengan rutin ngunjungin blog kamu yang sebentar lagi terkenal itu.

Posting tentang mereka
Ini adalah cara terakhir, posting aja tentang mereka. Pasti mereka penasaran pengen ngeliat. Misalnya kamu baru aja tur keliling dunia dengan teman teman kamu satu kelas. Posting deh cerita liburannya jadi kalau misalnya teman kamu nanya, “Men, foto liburan kita kemaren pas di Mexico kemaren mana men?”
“Udah diposting di blog tuh. Baru aja”
“Oke, makasih men, nanti pasti aku buka”
Ya walaupun tujuan teman kamu sebenarnya cuman pengen nge-save foto, hampir 100% teman kamu iseng baca cerita yang di dalam postingan itu. Tips tambahan, banyakin foto temen kamu. biar mereka tambah senang. Ya apa salahnya sih nyenengin hati temen. Apalagi temen yang udah lama kamu taksir tapi dianya biasa biasa aja.

Nah, segitu aja tips dari Tebe. Kalau kamu punya tips mari bagi di kolom komentar :D 

Kukuh Kurniawan, 17 tahun, pelajar ganteng yang sudah diakui Google.
[InfoBE] - Cara supaya temen mau baca blog kamu [InfoBE] - Cara supaya temen mau baca blog kamu Reviewed by Blogger Energy on 19:38 Rating: 5

26 comments

  1. percaya gak blog gue dulu pembacanya cuma 1000an pembaca.
    sekarang udah 85000 .. ini semua berkat BE :*
    blog gue udah berubah2 ganti jenis huruf, tempalate downloadan, template simple sampe template bajakan...
    dari mulai yang alay banget gue juga pernah make -___-
    dan sekarang alhamdulillah yaaah ..
    wasyukurilah yaaaa .. gue udah bisa nampang jadi Blogger amatiran yang handal #LAAAH

    ReplyDelete
  2. aku udah ngikutin SEMUA tips di atas. dan yng paling ampuh itu tips terakhir.. malah kadang aku buat acara sama temen2 supaya ceritanya bisa di post di blog, hahaha.. trs mereka berbondong2 deh baca blog aku.. haha

    ReplyDelete
  3. hahaha iyaa banget. dulu awalnya suka ada yang ngledekin 'alay-alay' gitu kalo aku lagi promosi. tapi akhirnya dengan senang hati mereka buka tiap ada postingan baru :))

    ReplyDelete
  4. Dulu awalnya saya malu-malu kalo harus 'maksa' temen buat mampir keblog, tapi berkat sering ngeshare di fb sama twitter. Pelan-pelan temen2 pada stalking sendiri aha. Apalagi pas udah gabung sama be, kemajuan traffic blog jadi makin melonjak!

    ReplyDelete
  5. superrr sekali, aku sudah katam melakukan semuaaa cara, dan alhamdulillaaaaaaaaaaah...berhasil horeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

    ReplyDelete
  6. Gue sampe saat ini masih belom berani nge-share artikel di sosmed dunia nyata. Tapi, sekarang mereka banyak yang tau. Setelah kepoman membaca bio twitter dan facebook, yang tertera link blog. Alhamdulillah....... komen mereka positif. Tapi, tetep aja gue masih ga berani di sosial media gitu. -_-

    ReplyDelete
  7. tipsnya tebe keren yah...tapi sayang banget, temen2 dunia nyata gue gak pada berminat buat liat2 blog.. Gue jg gak banyak share disosmed, soalnya blog gue masih bolong2 postingannya..masih blm bisa adil membagi waktu buat dunia maya dan nyata..Kaya poligami aja ya...hehe..
    Tapi memang peran BE sangat penting..selain blog gue jd rame juga dapet teman baru...dapet info tentang banyak hal yg gak gue ketahui lewat postingan2 dari blog yg gue BW-in..termasuk dari blognya si pelajar ganteng (kukuh) yg sudah diakui Google ini..hehe

    ReplyDelete
  8. mantaps,.. intinya siapa yang sering membaca blognya orang, pasti blognya juga bakalan dibaca. komenin saja blognya orang, pasti dikomenin.. libatkan oranglain dalam tiap postinga, seperti tips terakhir di sini..

    ReplyDelete
  9. haha kalau gue sering ngelakuin yang terakhir itu gue kumpas total kebobrokan dan kisah mereka :D

    ReplyDelete
  10. Tips pertama sama terakhir ampuh deh..
    Jadi banyak yang baca blogku B)

    Terimakasih Blogger Energy..
    Terimakasih teman2ku :3

    ReplyDelete
  11. siaapppp !!! :D

    http://nikitanikamu.blogspot.com/2013/10/dont-you-remember-part-1.html

    ReplyDelete
  12. Waaa, tipsnya bagus juga nih! yap, blogger energy adalah salah satu media social yang bagus.. karena kita tidak hanya promo terus tapi juga wajib BW... Jadi disitu kita saling ngehargain gitu :D

    ReplyDelete
  13. cara paling jitu memang ikutan BE hehehehe
    dijamin langsung banyak temen dan banyak yg komen hehehe
    yaaa tebe super sekali tips-tipsnya... udah ayok semangat nulis lagi

    ReplyDelete
  14. ebuset itu liburan ke mexsiko keren amat hahaha

    tetep yah promosi mah jalan ajah, gue mau buat kuis tapi ga punya dan penyokong -__-'

    ReplyDelete
  15. teman-teman. ini BE ya, bukan klinik tongfeng.....jadi gak usah pake kalimat
    "terima kasih BE" cukup eksis aja di BE, #Asik #LemparSendal #ehhGakKena

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang bukan, tapi tetep, "Terima kasih BE"..

      Delete
  16. Mungkin waktu ngeshare bisa dengan nge-tag-in semua teman di fb. Misal jumlah teman di fb ada 1000, share tulisannya 100 kali dengan tag 10 orang tiap ngeshare di postingan yang sama :))

    ReplyDelete
  17. pertama baca udah manggut-manggut, eh nyampe terakhir ada tulisan 'kukuh kurniawan, pelajar ganteng yang udah diakui google' -______-" speechless to the max

    ReplyDelete
  18. Semuanya pernah gue lakuin , jadi emang bener banget hahaha

    ReplyDelete
  19. Semuanya pernah gue lakuin , jadi emang bener banget hahaha

    ReplyDelete
  20. "ica kaleee.." « itu bahasanya gaul banget bro!!!

    ReplyDelete
  21. keren banget nih infonya. kayaknya udah riset berbagai hal nih jadi tau segala caranya hehe

    ReplyDelete
  22. Gimana ya caranya ikut BE,pengen banget...
    @mimpi kale. Belajar ngeblog aja masih blm rapi ajarin dong.mks

    ReplyDelete
  23. tips biar orang baca blog ternyata ada disini, pantesan blog saya ga ada yang baca he he

    ReplyDelete