Header AD

!!!


KAMIS, 12 September 2013!!! Hari ini adalah hari yang enggak akan pernah ranger lupain. Karena hari ini tiba-tiba ranger diingatkan kembali dengan sebuah impian yang pernah ranger banggakan waktu dulu.

Buat gyerz yang udah cukup lama gabung di BE mungkin kalian pernah tau atau mungkin ikutan project yang bernama ‘Nulis Bareng Blogger Energy’. Yap, sejenis nulis cerpen dengan tema “pengalaman cinta absurd” yang rencananya bakalan diseleksi oleh ranger dan setelah itu akan “ditawarkan” ke penerbit dengan harapan ada yang khilaf mau nerima.

Nah, berbulan-bulan sejak naskah yang lolos NBBE diumumkan. Project ini tiba-tiba seolah enggak ada kabar lagi, bahkan dari gyerz enggak ada yang menanyakan kabarnya lagi seolah project ini memang enggak pernah ada. Dari ranger sendiri juga sepertinya seolah cuek enggak meng-update info tentang project ini. Harap maklum... ini semua ada suatu alasannya.

Jadi,  setelah terkumpul naskah-naskah yang lolos seleksi. Ranger segera bertindak cepat buat menyatukan seluruh naskah yang ada. Jumlahnya banyak banget, bahkan sampai 250 halaman lebih. Setelah semuanya selesai, ranger pun bikin diskusi di chat admin buat nentuin judul yang tepat buat calon buku BE ini. Karena sama-sama bingung, akhirnya ranger membuka diskusi di wall grup meminta bantuan dari para gyerz untuk menyumbangkan idenya untuk judul calon buku BE namun sepertinya masih belum ada yang sreg.

Setelah dipertimbangkan matang-matang, ada dua opsi judul yang pertama dari ranger merah @yooghaS_ dan kedua dari ranger biru @edotzherjunotz. Kemudian setelah diomongin lagi, judul *sensor* dari ranger biru sementara dipake buat calon buku BE karena ranger lain oke, resmilah judul itu dipakai buat mendatangi beberapa penerbit.

Setelah judul fix untuk sementara waktu, pekerjaan selanjutnya adalah membuat sinopsis dari buku tersebut. Karena saat itu semangat untuk menyelesaikan project bikin buku begitu menggelora, enggak sampai setengah jam sinopsis cerita selesai dibuat dan naskah BE siap buat dikirim ke penerbit.

Jujur nih, ada sekitar lima penerbit lebih yang ranger kirimin naskah buku BE. Harapannya sih, biar nantinya cepet ada yang ngerespon. Dan kalo ada penolakan, masih ada harapan di penerbit lain. Kenyatannya? Satu per satu ranger mengalami penolakan naskah. Hal ini sengaja enggak ranger sampaikan saat itu pada gyerz lain biar mereka enggak down.
 
Balasan e-mail dari penerbit satu per satu masuk ke inbox e-mail Blogger Energy dan semuanya memberikan penolakan yang sama. Bahkan dari penerbit yang bisa dikatakan enggak populer pun menolak naskah BE. Jujur, ini sempet membuat ranger berpikir ulang bahwa membukukan naskah Blogger Energy mungkin emang belum waktunya. Sepertinya memang belum saatnya anak-anak Blogger Energy meramaikan gramedia dengan karyanya.


Tapi, hari ini.... keajaiban terjadi.



Sebelumnya udah dapet e-mail ditolak


Beberapa menit kemudian dapet email klarifikasi kalo  naskahnya masih dalam tahap review editor

Dan... akhirnya dapet e-mail dari editornya langsung, naskah BE bakal diterbitkan!!!


Jerih payah anak-anak nulis buat NBBE demi tulisannya dibukukan. Sebentar lagi akan menjadi kenyataan. Ada satu penerbit yang dengan sukarela menerima naskah kita, naskah anak-anak BE! Dan lebih hebatnya lagi... penerbit ini adalah penerbit besar yang sudah menerbitkan beberapa buku best seller serta terkenal di Indonesia.

Untuk saat ini, ranger belum bisa memberi tahu apa judul bukunya, karena mungkin saja judulnya berubah atau syukur-syukur tetap. Informasi tentang nama penerbit juga belum bisa ranger kasih tau, sengaja biar kalian pada penasaran dulu.

Nah pelajaran yang bisa diambil dari pengalaman ini. Jangan pernah putus asa jika kalian ingin menjadi penulis. Satu penolakan dari penerbit bukan berarti seluruh penerbit akan menolak naskah kalian. Optimis aja, ditolak penerbit kecil bukan berarti enggak ada harapan masuk di penerbit gede. Terus berjuang buat yang pengen jadi penulis!

Intinya, selamat menunggu karya anak-anak blogger energy yang segera dibukukan. Dan jangan lupa kalau nanti bukunya udah terbit wajib buat kalian beli. Masih lama sih, masih berbulan-bulan lagi.
!!! !!! Reviewed by Blogger Energy on 13:52 Rating: 5

30 comments

  1. keeerrrreeenn,,
    ayooo Semangat temans-teman buat nulis lagi....!!! :D

    ReplyDelete
  2. meski ane sendiri juga lama gak bisa nulis-nulis lagi :(

    ReplyDelete
  3. Woww..Alhamdulillah ya dotz..
    sukses buat anak2 BE..
    #MendadakJogetAlaCaisar

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah.. akhirnya ada yang mau nerbitkan buku BloggerEnergy.. meskipun gue gak ikut NBBE dulu, tapi gue akan terus ngedukung untuk kelahiran bku tersebut.... semangat...

    ReplyDelete
  5. CAKEEEEEP tapi pengen nymbang cerita jugaaa -_-

    ReplyDelete
  6. Great! Meskipun gak ikut berpartisipasi sekaligus baru tahu kalo BE pernah bikin proyek ini, aku antusias bgt nunggu bukunya di toko buku langgananku! :D

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah.....
    Akhirnya BE pnya bku juga. Yihhhaaaaaayyy

    ReplyDelete
  8. AWESOME !! gue ga ikut tapi bangga juga sih wkwk

    ReplyDelete
  9. akhirnya BE muncul :) Bahagiaaaaa. Tunjukan pada mereka kalo kita adaaaaaa. Yeyeyeye.
    Gak sabar nunggu nya. Awal 2014 yaa.

    Alhamdullilah :)

    ReplyDelete
  10. selamat BE dan tentunya buat kita semua :D

    ReplyDelete
  11. asikkkkkkkkkkkkk. matab mantab jossss

    ReplyDelete
  12. Gile gue malah udah abis berharap sama tuh naskah Njer, tapi ternyata setelah lelah menunggu keajabanpun datang. Thank's God

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah ... (/-,-\) ikut senang ... senang banget ... hehe ... :D

    Tinggal nunggu desain cover, revisi dll ... :)

    ReplyDelete
  14. AAAAAAAK. keren banget!!
    aku ikut berartisipasi loh. trus naskahnya semuanya lolos nih?

    ReplyDelete
  15. IKUT SENENG NJEEEEEER! GYEEEEERZ!!
    Tapi sedih juga karena aku nggak ikutan :'(
    tapi gapapa :D
    kalian jangan ikutan sedih ya grg gak ada nama aku :p ckck

    berarti harus mulai nabung buat beli nanti :3 excited banget nih! X))

    ReplyDelete
  16. Hooo ane bakal belii!!! hohohohohoho
    selamat ya guys!! makasih atas usahanya njeeer :D

    ReplyDelete
  17. alhamdulillah , jelas mufakat untuk beli ya haha :D

    ReplyDelete
  18. *peluk gyerz*
    waaah..alhamdulillah yaah..akhirnya kita bisa membuktikan keeksisan BE..
    aku juga udah lupa..heheheee-,-"

    ReplyDelete
  19. AAAAAAA selamat buat BE dan yang berpartisipasi! Ditunggu ya proyek NBBE part 2nya, biar aku bisa ikut berpartisipasi. Semoga cepat terbit ya!

    ReplyDelete
  20. Wahhhh.. Bangga deh aku sama grup ini.
    Semoga cepat nangkring di toko-toko buka yaaa

    ReplyDelete
  21. aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    ini kabar bahagia bangeeet buat kita blogger energy :'D
    alhamdulillah masih ada penerbit yang mau nerbitin buku BE. Cepat cepat terbit yaa :D
    di tunggu kabar selanjutnya.

    ReplyDelete
  22. SELAMAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAATTTT!!!
    walaupun kemarin naskah gue ga masuk T.T dan sekarang sudah ada yang mau menerima tanpa nge PHP in, aku jga turut bahagia walau pun skrng lagi nangis ngesot ngesot karena nggak bisa ikut ambil bagiaaan...Sukses buat kalian SEMUAAAA!!!!

    ReplyDelete
  23. Wohooooooo, keren.
    Penasaran nanti sama hasilnya, urusan laku apa nggak itu urusan belakangan. Yang penting terbit ! :))

    ReplyDelete
  24. bener-bener akhir dari sebuah penantian yang indah. Lama gak ada kabar, pas ada kabar tau-tau langsung terbit aja. Keren. gak sabar nunggu bukunya entar. Buku BE bakalan meramekan etalase-etalase gramedia

    ReplyDelete
  25. ALHAMDULILLAAAAH :)
    AKHIRNYA KITA BISA PUNYA BUKU JUGAAA :)
    SEMOGA LARIS DI PASARAN NANTI YAAA. AAMIIN

    ReplyDelete
  26. alhamdulillah ya ALlah. aku merinding njer membaca kalimat, "naskah mu akan diterbitkan oleh kita." semua bulu di badanku berdiri, termasuk bulu ketek dan bulu punggung. saking merindingnya sampai gue memangil diri gue dengan kata "aku." moga project ini berhasil, lancar, dan jaya sentausa! aminnn!

    ReplyDelete